Helm AR, Wujud Masa Depan Super Canggih

Helm AR, Wujud Masa Depan Super Canggih

Seiring dengan perkembangan Augmented Reality Indonesia, kali ini ada sebuah helm dengan berbagai fitur canggih yang cocok untuk dipakai bikers di Indonesia.

Augmented reality atau sering disebut sebagai AR merupakan teknologi yang dapat menampilkan objek 3D di dunia nyata secara langsung melalui video dan audio. Teknologi AR sendiri sebenarnya memang mirip dengan teknologi VR. Yang membedakan hanyalah realitas yang dipilih untuk menampilkan objek. Dimana di dalam virtual reality, pengguna akan masuk ke dalam dunia virtual. Sedangkan pada augmented reality, objek 3D virtual yang akan muncul ke dalam dunia nyata. 

Seiring dengan perkembangan AR, beberapa perusahaan telah berinovasi menerapkan teknologi AR dalam helm motor. Inovasi ini membuat helm memiliki fitur-fitur canggih yang mempermudah pengendara motor dalam berkendara. Helm apa saja ya yang sudah menerapkan teknologi AR?

Helm AR dengan Berbagai Inovasi Canggih, Jarvish X!

Helm AR
Sumber : GridOto

Salah satu helm AR dengan berbagai fitur berlimpah adalah helm Jarvish X. Brand ini terinspirasi dari nama pelayan artificial intelligence milik Tony Stark dalam film Iron Man bernama Jarvis. Helm ini juga dibekali beberapa fitur serupa dengan pelayan Iron Man tersebut.

Helm Jarvish X dikembangkan oleh startup asal Taiwan, Jarvish. Startup tersebut mengembangkan helm pintar ini melalui crowdfunding campaign yang dikelola oleh Kickstarter dan Indiegogo. Setelah diperkenalkan, helm tersebut diklaim sebagai helm terpintar di dunia karena berbagai fitur canggihnya.

Beragam fungsi seperti informasi digital di sekitar helm, suara, hingga langkah selanjutnya yang akan ditempuh bisa dilakukan oleh helm canggih tersebut. Kondisi lalu lintas saat berkendara, cuaca, indikator kecepatan, hingga posisi kecepatan kendaraan lain pun bisa tampil di layar kaca helm ini. Memang apa saja ya fitur lengkap yang dimiliki helm ini?

Heads-up Display dan Navigasi dalam AR Helmet

Helm AR memiliki fitur HUD
Sumber : Kickstarter

Pernahkah kamu menonton film dimana seorang menggunakan komputer dengan layar transparan seperti pantulan dari sebuah proyektor? Teknologi ini diterapkan di helm canggih ini loh! Helm Jarvish X akan menampilkan layar tidak terlihat pada kaca AR helmet, atau yang disebut sebagai heads-up display (HUD). Tampilan ini akan menunjukkan seberapa cepat kamu berkendara serta navigasi untuk menunjukan arah. Teknologi ini pasti sangat berguna bagi keadaan jalanan di Jakarta yang terkadang mendadak macet. Sekarang kamu tidak perlu membuka navigasi dari handphone lagi!

Dilengkapi dengan Dua Kamera Beresolusi Tinggi

liat Gmaps, tak lagi bahaya dengan fitur heads up di helm ar
Sumber : Jarvish

Layaknya mobil yang memiliki kamera belakang dan sensor untuk parkir, helm Jarvish X juga dilengkapi kamera depan beresolusi 2K dan kamera belakang yang berguna untuk melihat keadaan sekitar. Dengan begitu jika ada suatu kecelakaan di jalan, helm ini dapat menangkap kejadian tersebut. Kamera belakang juga berfungsi sebagai spion untuk melihat keadaan dibelakang melalui HUD. 

Tidak hanya itu, kamera ini juga memiliki teknologi AR untuk sensor. Setiap rintangan yang dilewati akan terdeteksi oleh kamera dan diproyeksikan melalui HUD. Sehingga pengendara dapat berkendara dengan aman.

Penghubung Smartphone dan Pengontrol Musik

Helm AR dapat mendengarkan musik dari hp
Sumber : gadgethacks

Sekarang, kamu tidak perlu menyambungkan smartphone kamu ke sebuah headset kabel untuk mendengarkan lagu atau menerima panggilan ketika berkendara. Dengan helm super canggih ini, kamu hanya perlu menyambungkan smartphone kamu ke helm melalui bluetooth. 

Itulah kelebihan helm Jarvish X yang banyak ditunggu-tunggu para pengendara motor di seluruh dunia. Walaupun dibanderol dengan harga yang cukup mahal, namun harga tersebut sebanding dengan apa yang di dapat.

Inovasi Helm Motor dengan Teknologi AR, Skully!

Helm AR canggih bernama Skully
Sumber DigitalTrends

Sebelum Jarvish X diluncurkan, helm Skully merupakan salah satu helm pertama yang menerapkan teknologi AR. Helm Skully  yang diproduksi oleh Ivan Contreras merupakan sebuah helm canggih yang dipadukan dengan teknologi Augmented Reality.

Seperti Jarvish X, helm ini dapat membantu kamu dalam berkendara. Helm ini memiliki HUD canggih dengan kamera dan GPS.  Fitur yang ditawarkan juga serupa dengan helm AR lainnya  seperti navigasi untuk mencari jalan, menerima telepon panggilan, hingga memutar musik. 

Pada awalnya, helm Skully mendapat antisipasi yang sangat bagus dari banyak orang di seluruh dunia, terutama pengendara motor. Namun sayangnya perusahaan pengembang helm ini, Skully Technology dinyatakan bangkrut pada tahun 2016. Padahal helm ini memiliki berbagai fitur yang canggih. 

Tak Perlu Mahal, Helm Stkamur Juga Bisa Dilengkapi dengan Teknologi AR

Diatas kita sudah membahas tentang kecanggihan helm AR. Dengan fitur yang berlimpah, helm AR tentunya menarik perhatian. Namun harga helm AR seperti Jarvish X maupun Skully memiliki harga yang cukup tinggi. Apakah kamu ingin mencoba teknologi AR pada helm namun tidak ingin menghabiskan banyak uang? Jangan khawatir, startup asal Singapore bernama Whyre menyediakan solusi alternatif bernama Argon Transform.

Argon Transform merupakan sebuah perangkat yang dapat mengubah helm biasa menjadi helm dengan fitur AR. Kamu tinggal memasang perangkat smart AR dual camera dan built-in heads-up display (HUD) pada helm kamu. Tidak seperti helm Skully, Argon Transform dapat dipasang di helm manapun dan memiliki harga yang jauh lebih rendah.

Fitur yang ditawarkan oleh Argon Transform juga serupa dengan helm Skully dan Jarvish X. Perangkat ini memiliki HUD, pemutar musik, serta kamera canggih 180 derajat yang meminimalisir blind spot. Argon Transform juga memiliki GPS bawaan sehingga kamu tidak perlu melihat HP untuk navigasi. kamu juga dapat mengakses aplikasinya melalui HP untuk mengkustomisasi fitur.

Dengan Argon Transform, seluruh pengendara di dunia dapat membuat helmnya menjadi sebuah helm pintar tanpa khawatir harus mengeluarkan banyak uang. 

Itulah berbagai helm AR dengan kemampuan yang sangat mengagumkan. Tak cuma itu, dengan kecanggihannya, helm AR dapat meningkatkan keselamatan pengendara di jalanan.


Masih penasaran dengan cara kerja AR? Atau ingin tahu penerapannya pada perangkat lain selain helm? Cari tahu selengkapnya di sini!

Helm AR, Wujud Masa Depan Super Canggih

Asri Amanta

I swear Shinji and Kaworu are meant to be for life. The one behind all of smarteye.id's digital and content marketing strategy.