Inikah Helm Masa Depan? Ini Dia Helm Skully. Helm Canggih dengan Teknologi Augmented Reality. Bisa Apa Aja Ya?

Seiring dengan perkembangan Augmented Reality Indonesia, kali ini ada sebuah helm yang cocok untuk dipakai bikers di Indonesia, namanya Helm Skully.

Augmented Reality Indonesia_helm AR_helm skully_smarteye(dot)id_credits to digitaltrends
Helm Skully. Helm motor dilengkapi dengan teknologi Augmented Reality. Sumber DigitalTrends

 

Seiring dengan perkembangan Augmented Reality Indonesia, kali ini ada sebuah helm yang cocok untuk dipakai bikers di Indonesia, namanya Helm Skully.

Bagi yang belum tahu, augmented reality atau sering disebut sebagai AR, merupakan teknologi menggunakan komputer 3D melalui video dan audio. Hampir mirip dengan virtual reality memang, tetapi augmented reality memiliki teknologi dimana apa yang Anda lihat masih berhubungan dengan dunia nyata.

Contohnya, jika Anda menggunakan aplikasi augmented reality, Anda hanya perlu mengarahkan kamera smartphone Anda ke sebuah dinding, dan pada dinding tersebut akan muncul sebuah gambar 3D. Tentu saja gambar tersebut hanya dapat dilihat melalui smartphone, tidak benar-benar ada pada dinding Anda. Karena pesatnya perkembangan augmented reality Indonesia, maka kali ini akan direkomendasikan sebuah helm yang cocok bagi pengendara motor di Indonesia.

Helm Skully yang diproduksi oleh Ivan Contreras ini merupakan sebuah helm canggih dengan teknologi Augmented Reality. Seperti layaknya mengendarai mobil, helm ini akan membantu Anda dalam mencari jalan hingga menerima telepon panggilan. Awalnya, helm Skully merupakan crowfunding campaign, dimana orang-orang saling bahu membahu dalam membayarkan modal untuk pembuatan helm ini. Helm Skully mendapat antisipasi yang sangat bagus dari banyak orang di seluruh dunia, terutama pengendara motor. Namun sayangnya, tidak semua orang mendapat kirimin helm Skully ini seperti yang mereka harapkan.

Tahun ini, Ivan Contreras sebagai CEO dari helm Skully, telah mengeluarkan modal sebanyak 3 juta USD. Maka, bagi yang sudah ‘menyumbang’ hingga 1,800 USD, akan segera mendapat kiriman barang berupa helm canggih ini. Bahkan, Contreas menyatakan akan sungguh-sungguh dalam melakukan pendistribusian ini. Sebenarnya, helm Skully sudah pernah dipasarkan sebelumnya, tetapi baru beberapa orang yang mendapatkannya. Helm canggih ini merupakan versi lebih canggih dari versi sebelumnya, karena dibuat menggunakan fiber karbon dan dilengkapi dengan visor anti kabut.

Selain itu, apa saja keunggulan dari helm Skully ini?

 

Heads-up Display dan Navigasi

Helm dengan teknologi augmented reality_smarteye(dot)id

Pernahkah Anda menonton film dimana seorang menggunakan computer dengan layar transparan seperti pantulan dari sebuah proyektor? Mungkin Anda berpikir hal tersebut adalah hal buatan film yang tidak akan terjadi di dunia nyata. Namun, teknologi ini sudah terwujud! Helm skull akan menampilkan layar tidak terlihat pada kaca helm, atau yang disebut sebagai heads-up display. Tampilan ini akan menunjukan seberapa cepat Anda berkendara serta navigasi untuk menunjukan arah. Ini seperti apa yang kebanyakan orang gunakan di mobil, namun ini digunakan untuk helm motor. Wah, ini pasti sangat berguna bagi keadaan jalanan di Jakarta yang terkadang mendadak macet, ya. Anda tidak perlu membuka navigasi dari handphone Anda sekarang!

 

Kamera Belakang

rear view helm augmented reality_smarteye(dot)id_credits to business insider

Layaknya mobil yang memiliki kamera belakang untuk parkir, Helm Skull juga dilengkapi kamera belakang yang berguna untuk melihat keadaan di belakang. Dengan begitu, jika ada suatu kejahatan di jalan, helm ini dapat mereka kejadian itu. Kamera belakang ini juga tentu saja menggunakan teknologi heads-up display untuk melihat keadaan jalanan di belakang seseorang.

 

Penghubung Smartphone dan Pengontrol Musik

Helm dengan teknologi AR juga dapat digunakan untuk mendengarkan musik_smarteye(dot)id_credits to gadgethacks
Helm dengan teknologi AR juga dapat digunakan untuk mendengarkan musik. Credits to gadgethacks

Sekarang, Anda tidak perlu menyambungkan smartphone Anda ke sebuah headset kabel untuk mendengarkan lagu atau menerima panggilan ketika berkendara. Dengan helm Skull, Anda hanya perlu menyambungkan smartphone Anda ke helm canggih ini melalui Bluetooth. Cara penyambungan ini tidak memerlukan kabel panjang yang menguntai, sehingga mengganggu kenyamanan Anda ketika berkendara.

Itulah kelebihan helm Skully yang banyak ditunggu-tunggu para pengendara motor di seluruh dunia. Walaupun dibandrol dengan harga yang cukup mahal, namun harga tersebut sebanding dengan apa yang di dapat. Nah, mulai sekarang Anda dapat menambung untuk membeli helm ini karena menurut Contreas, helm Skully akan segera dipasarkan. Selamat datang di dunia augmented reality, riders!

 

Sumber: TechCrunch

 

 

(Ditulis oleh Toska Dhia A.)

Post Author: Atikah

Content, SEO and Digital Marketing officer of SmartEye.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *