Edukasi Si Kecil dengan Hewan 3 Dimensi dari Rumah

Edukasi Si Kecil dengan Hewan 3 Dimensi dari Rumah

Semenjak adanya pandemi COVID-19, hampir semua kegiatan sehari-hari beralih menjadi online. Kehadiran teknologi dewasa ini menjadi sangat penting. Meski kondisi pandemi sudah berangsur pulih, tentu kamu tetap harus berhati-hati ya.

Tak perlu khawatir kalau masih takut bepergian ke luar rumah. Kamu bisa bawa keseruan mempelajari jenis hewan ke rumah bersama anak dengan Google Search dan berbagai aplikasi augmented reality lainnya. Penasaran seperti apa keseruannya? Simak lebih lanjut pada artikel di bawah ini ya!

Konsep Augmented Reality

Augmented reality atau AR merupakan teknologi yang bisa menampilkan gambar virtual pada ruang lingkup fisik. Teknologi ini sudah hadir pada berbagai perangkat smartphone ya. Akses untuk menikmati inovasi ini menjadi semakin mudah.

AR sendiri bekerja melalui pemindaian kamera pada lingkungan fisik dan menghadirkan gambar yang seakan nyata, mirip dengan aslinya. Fitur AR menghadirkan pengalaman virtual yang mudah diakses, termasuk untuk belajar nama-nama hewan dengan si kecil.

Lihat juga: Pelihara Hewan Virtual Lucu dan Menggemaskan dengan Peridot!

Hewan 3D di Google Search

Google memperkenalkan fitur AR sejak tahun 2019. Namun, teknologi ini naik daun saat masa pandemi berlangsung. Fitur ini bisa kamu gunakan untuk mempelajari hewan bersama anak tersayang di rumah.

Hanya melalui pindaian kamera smartphone, kamu bisa bawa kucing, beruang, hingga harimau ke rumah, lho! Caranya mudah saja. Cukup buka Google Chrome, kemudian buka Google Search. Masukan kata kunci nama hewan yang kamu inginkan.

Hewan 3 dimensi
Foto oleh Telset.id

Kemudian, pilih opsi “lihat dalam 3 dimensi”. Untuk bawa hewan ke dunia nyata, kamu perlu pilih opsi “View in your space”. Jangan lupa untuk izinkan akses kamera pada Google. Kamu bisa putar gambar 3D 360 derajat sesuai keinginan.

Gambar 3 dimensi yang muncul juga bisa kamu perbesar maupun perkecil. Tekan gambar untuk dengarkan suara binatang yang mirip dengan aslinya. Si kecil pasti senang dengan pengalaman edukatif yang seru ini ya!

Lihat juga: “Melihat 3D Animals dari Google Search”

Coba Keseruan Animal Safari AR

Selain Google Search, kamu juga bisa coba aplikasi Animal Safari AR untuk mempelajari satwa liar dari rumah. Program berbasis AR ini bisa membawa hewan-hewan kebun binatang ke halaman belakang rumahmu. Kamu bisa lakukan pencarian satwa liar kesayangan yang ingin kamu bawa ke rumah.

Yang kamu perlukan hanyalah smartphone berbasis iOS atau Android saja. Pindaian kamera akan menampilkan gambar 3 dimensi dari hewan yang sudah kamu pilih. Fitur AR ini bisa membuat hewan seakan berjalan-jalan di pekarangan rumahmu.

Harimau Augmented Reality
Foto oleh Teknolagi.net

Kamu bisa memberi makan harimau secara virtual juga, lho! Pendekatan ini membuat proses pembelajaran menjadi lebih mudah dan menyenangkan namun tentunya tetap mendidik ya. Sebagai kenang-kenangan, kamu juga bisa ambil gambar foto dan video bersama hewan virtual pilihan.


Itulah keseruan inovasi AR untuk edukasi anak yang bisa menghadirkan gambar 3D hewan mirip dengan aslinya. Selain Google Search dan Animal Safari AR, masih ada banyak aplikasi berbasis iOS dan Android yang bisa kamu coba. Tentu, AR dapat digunakan dalam berbagai kegiatan lainnya termasuk bisnis dan hiburan ya.

Tertarik dengan inovasi teknologi canggih ini? Baca lebih banyak informasi tentang AR dan VR dengan kunjungi situs resmi smarteye.id. Caranya mudah, cukup klik di sini ya!

Edukasi Si Kecil dengan Hewan 3 Dimensi dari Rumah

Nada Syafira

Jakartans who writes in exchange for mouth-watering delicacies by weekdays. A whimsical wanders who travels by weekend.