Semenjak pandemi COVID-19 terjadi di seluruh dunia, banyak sekali acara-acara diubah menjadi virtual event. Tidak hanya acara yang dilaksanakan setahun sekali, namun acara yang rutin diselenggarakan juga harus menjadi virtual event. Kira-kira apa saja ide virtual event yang bisa menjadi inspirasi?

Sebelum mulai pada ide, akan dijelaskan dulu apa itu virtual event. Virtual event adalah sebuah kegiatan atau acara yang terlaksana secara online. Biasanya pelaksana dan yang hadir dalam acara tersebut melakukan ini dari rumahnya atau dari tempat yang jauh.

Dengan adanya pandemi COVID-19, semua tidak memiliki pilihan selain melakukan virtual event. Berikut inspirasi dan ide virtual event yang bisa Anda coba. Apa saja? simak ulasannya dibawah 

1. Virtual Event: Webinar

Source: Galuh
webinar virtual event

Ide virtual event pertama ialah webinar. Saat ini sudah banyak individu maupun perusahaan membuat ide ini, mulai dari webinar gratis sampai berbayar. Topik yang dibawakan juga beragam mulai dari keuangan sampai kesehatan berkaitan dengan masa pandemi.

Kelas webinar diminati masyarakat karena sangat informatif dan dapat dilakukan dari rumah. Jika skala webinar cukup besar, penyelenggara membutuhkan virtual EO. Tugasnya tentu membuat rundown acara, mempersiapkan alat untuk pembicara, serta memastikan acara berjalan dengan lancar. Tanpa virtual EO, pembicara dan peserta akan mengalami kesulitan jika mengalami kendala teknis.

2. Virtual Event: Wisuda

Source: CNN
wisuda virtual event

Wisuda online menjadi ide virtual event yang wajib dicoba untuk pihak akademisi. Sejak tahun kemarin di masa pandemi, kebijakan kampus banyak berubah.Ada yang melaksanakan wisuda online, ada pula yang tidak melaksanakan wisuda sama sekali. Bagi kampus yang melaksanakan wisuda online, tentu akan membutuhkan virtual EO.

Walaupun wisuda online baru berjalan beberapa bulan, jangan khawatir. Virtual event organizer Indonesia tidak kalah kok dengan EO yang ada di luar negri! Banyak universitas yang telah melaksanakan wisuda online dan dapat berjalan dengan baik berkat bantuan virtual EO.

Universitas Airlangga baru-baru ini melaksanakan wisuda online—namun lulusan terbaik diundang langsung ke gedung tempat rektor dan dosen menyebutkan nama mahasiswa satu persatu. Dalam wisuda online tersebut, terlihat ada beberapa EO yang membantu kelancaran jalannya wisuda.

3. Virtual Event: Pernikahan

Source: Kumparan
pernikahan virtual event

Untuk yang akan menikah di tengah pandemi, tentu hanya dapat mengundang sedikit orang. EO mulai mengemas ide virtual event untuk pernikahan lebih menarik. 

Banyak fasilitas ditawarkan mulai dari online wedding invitation, live streaming youtube atau zoom dengan fitur 360. Smarteye menawarkan jasa virtual tour 360 dimana tamu undangan lebih leluasa melihat sudut lokasi pernikahan lebih lebar (wide). Baca lebih lengkapnya disini ya!

Video 360 dapat diembed ke website dan youtube. Ini menjadi momen tidak terlupakan bagi pengantin dan tamu undangan yang menonton. Menarik bukan ide virtual event yang satu ini.

4. Virtual Event: Museum

Source: Time Out
museum virtual event

Semenjak pandemi COVID-19, banyak museum dan tempat wisata lainnya harus tutup. Ada banyak museum di dunia berinisiatif membuat 360 museum tour, salah satunya Monas.

Pengunjung dapat menjelajahi museum dari rumah dan mendapat informasi dari narrator berkat ide virtual event ini.

Sekarang menariknya, Smarteye sudah menyediakan fasilitas jalan jalan gratis bernama “Free VR Tour” .Selamat berjalan jalan ke Kota Tua, Jimbaran Bali, sampai ke Mancanegara Victoria Falls, Jiuzhaigoi China, dan banyak tempat menarik lainnya!

Virtual Reality

Untuk melaksanakan ide virtual event yang interaktif, Anda membutuhkan developer VR app. Kira-kira apa ya VR itu? VR atau virtual reality adalah sebuah teknologi dimana seseorang dapat pergi ke dunia virtual. 

Seperti contohnya 360 museum tour, seseorang dapat pergi ke museum virtual, seolah-olah ia sedang berada di museum tersebut. Karena museum diakses melalui VR web, maka seseorang tidak perlu menggunakan VR headset untuk pergi ke dunia virtual; cukup gunakan gadget seperti laptop atau handphone saja.

Selain untuk museum tour, masih banyak lagi kegunaan virtual reality! Anda bisa mempelajari lebih lanjut agar mengetahui apa saja kegunaannya. Sampai saat ini, sudah banyak klien yang meminta request untuk Virtual reality tour dan Virtual event di Smarteye. Anda bisa konsultasikan secara gratis di Whatsapp 0811 8982 11.

Sumber Artikel: CVENT Mountain View Voice

[Ditulis oleh Toska Dhia A.]

[Editor oleh Giska Adilah]

Dapatkan Virtual Reality & Augmented Reality Terbaik untuk Bisnis Anda

Konsultasi gratis dari Smarteye untuk kebutuhan VR dan AR Bisnis anda.

Write a Comment

Konsultasi Gratis, untuk Anda

Beragam fitur Virtual dan Augmented Reality telah kami sediakan untuk berbagai tujuan dan kebutuhan. Ketahui mana yang terbaik untuk anda secara cuma-cuma.