4 Ide Virtual Event ini Wajib Dicoba di Masa Pandemi

4 Ide Virtual Event ini Wajib Dicoba di Masa Pandemi

Semenjak pandemi COVID-19 terjadi di seluruh dunia, perubahan dalam gaya hidup dan cara kerja ikut terdampak secara signifikan. Meeting, Incentive Tour, Conference dan Exhibition atau dikenal pula dengan sebutan MICE juga terkena dampak dari pandemi. Banyak sekali acara-acara yang diubah menjadi virtual event. Mulai dari acara yang dilaksanakan setahun sekali hingga acara yang diselenggarakan secara rutin. 

Sebelumnya, sudahkah kamu tahu apa itu virtual event? Virtual event sendiri adalah sebuah kegiatan atau acara yang dilaksanakan secara online. Biasanya, pelaksana dan peserta yang hadir dalam acara tersebut mengikuti event dari rumah atau dari jarak jauh dan terhubung melalui koneksi internet. Dengan adanya pandemi COVID-19, virtual event bisa jadi alternatif dalam menyelenggarakan sebuah acara ya. Kira-kira apa saja ide virtual event yang bisa menjadi inspirasi? Simak ulasannya di bawah ini!

1. Webinar

Ide virtual event pertama yang bisa menjadi inspirasi ialah webinar. Saat ini, sudah banyak individu maupun perusahaan yang menerapkan ide ini, mulai dari webinar gratis sampai berbayar. Topik yang dibawakan juga beragam ya, mulai dari materi keuangan hingga materi kesehatan yang berkaitan dengan masa pandemi.

Kelas webinar diminati masyarakat karena dianggap informatif dan dapat dilakukan dari mana saja. Untuk membuat skala webinar yang cukup besar, biasanya penyelenggara membutuhkan jasa virtual event organizer (EO). Risiko kendala teknis hingga menurunnya perhatian peserta dapat terjadi dalam acara webinar virtual berskala besar. Virtual EO hadir untuk membantu kelangsungan acara dengan membuat rundown, mempersiapkan alat untuk pembicara dan memastikan seluruh kegiatan berjalan lancar. 

2. Wisuda

Wisuda umumnya dilakukan dalam skala besar, melibatkan wisudawan, wisudawati dan tamu undangan dalam jumlah yang banyak. Sejak pandemi melanda, pembatasan sosial berskala besar perlu diterapkan untuk mencegah penularan COVID-19. Wisuda online menjadi ide virtual event yang bisa dicoba para pihak akademisi. Hal ini bisa menjadi opsi demi terlaksananya acara pelepasan para mahasiswa dan mahasiswi. Bagi kampus yang melaksanakan wisuda online, tentu akan membutuhkan virtual EO.

Meski ide virtual event yang satu ini masih tergolong baru, event organizer di Indonesia sudah cukup tanggap dalam menghadirkan inovasi jasa profesional penyelenggaraan wisuda online. Universitas Indonesia (UI) menjadi salah satu kampus yang menerapkan acara wisuda online. Di tahun 2021, UI melepas 8.036 wisudawan tahun akademik 2020/2021 dari berbagai jenjang seperti vokasi, sarjana hingga pascasarjana. 

Ide Virtual Event Wisuda UI
Foto oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia

3. Pernikahan

Acara dalam skala besar lainnya yang terdampak akibat pandemi ialah pernikahan. Mengigat akad maupun resepsi pernikahan yang melibatkan banyak orang, acara ini tentunya beresiko besar dalam menularkan virus COVID-19. Acara pernikahan online bisa menjadi solusi menyelenggarakan hari bahagia di era ini ya. Tak hanya mengurangi kerumunan, sanak saudara dan keluarga dari luar kota pun bisa turut hadir dengan adanya online wedding ini. 

Meski tak hadir secara langsung, banyak event organizer yang berhasil mengemas ide virtual event untuk pernikahan agar tetap bisa berjalan dengan khidmat. Fasilitas yang ditawarkan beragam pula. Sebagai contoh, kamu bisa sebarkan online wedding invitation kepada tamu, lengkap dengan desain animasi yang tak kalah menarik. Kamu bisa undang para tamu untuk hadir ke pernikahanmu melalui live streaming Youtube atau Zoom dengan fitur video 360 derajat. Dengan fitur ini, sudut lokasi acara tampak lebih lebar dan nyata. Tamu undangan seakan bisa turut hadir di hari bahagiamu, meski hanya dari jarak jauh. Momen pernikahan menjadi tak terlupakan meski dilaksanakan secara online. Ide event virtual ini menarik, bukan

4. Tour Museum

Tak terkecuali, industri pariwisata juga terkena dampak dari pandemi COVID-19. Sangat disayangkan, ada banyak tempat wisata dan museum yang terpaksa tutup akibat penyebaran virus ini. Menariknya, kamu tetap bisa menikmati karya seni dan peninggalan sejarah di museum melalui kunjungan virtual ya. Ada banyak museum di dunia yang mulai berinovasi menerapkan 360 museum tour. Di Indonesia sendiri, Monas sudah ikut menerapkan virtual museum tour. Pengunjung dapat menjelajahi museum dari rumah dan mendapat informasi dari narator berkat ide virtual event ini.

Ide Virtual Event Tour Monas
Foto oleh Museum Nasional

Lihat juga: “Kegunaan Foto 360

Virtual Reality

Ingin merasakan pengalaman event virtual yang menarik dan seru? Kamu bisa gunakan teknologi virtual reality (VR) ya! Virtual reality sendiri merupakan inovasi teknologi yang dapat membawamu seakan masuk ke dunia virtual. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ide virtual event bisa jadi lebih menarik dengan bantuan VR. Sebagai contoh, kamu bisa mengikuti 360 virtual museum tour dengan bantuan perangkat VR. Headset VR bisa membawamu seakan benar-benar berada di museum tersebut. Perangkat VR ini bisa kamu koneksikan dengan gadget seperti laptop atau smartphone

Kegunaan virtual reality tentunya beragam, tak terkecuali bagi perusahaan marketing property. Pemasaran perumahan maupun properti lainnya bisa dilaksanakan secara virtual namun tetap berkesan bagi para calon pembeli. Salah satu perusahaan properti ternama di Indonesia, Agung Podomoro, turut menerapkan teknologi VR. Marketing property virtual ini dilaksanakan untuk hunian Bukit Podomoro. Kamu bisa nikmati detail yang memukau dari properti yang ditawarkan dengan virtual reality ini.


Itulah beberapa ide virtual event yang bisa menjadi inspirasi dalam menjalankan acara di era pandemi. Kalau kamu ingin membuat acara virtual, SmartEye menawakan jasa virtual reality tour, virtual event dan masih banyak lagi. Kamu bisa kunjungi situs resminya dan pelajari lebih lanjut hanya di sini

4 Ide Virtual Event ini Wajib Dicoba di Masa Pandemi

Nada Syafira

Jakartans who writes in exchange for mouth-watering delicacies by weekdays. A whimsical wanders who travels by weekend.