Ikuti 6 Tips Ini Untuk Hindari Vendor VR Nakal Tak Kredibel

Potensi dan minat pasar yang besar terhadap teknologi VR membuat banyak vendor VR mulai bermunculan. Tetapi diantara vendor VR ini, terdapat vendor nakal tidak kredibel yang dapat menyebabkan kerugian material bagi perusahaan anda. Karena itu ikutilah 6 tips berikut untuk menghindarinya.

Credits: freshbook.com

Kemajuan teknologi virtual reality (VR) sekarang membuat pengadopsianya di industri non-entertainment semakin populer. Berbagai industri seperti industri kesehatan dan industri manufaktur sudah mulai mengadopsi VR ke dalam bisnis mereka.  

Karena itu berbagai vendor VR hadir untuk mengisi kebutuhan inovasi teknologi VR di berbagai industri. Dengan menggunakan vendor VR perusahaan anda tak perlu lagi membuang waktu untuk mencari tenaga kerja khusus sekaligus mengembangkan teknologi VR sendiri. 

Dapatkan Virtual Reality & Augmented Reality Terbaik untuk Bisnis Anda
Konsultasi gratis dari Smarteye untuk kebutuhan VR dan AR Bisnis anda

Jika anda memutuskan untuk memilih menggunakan vendor VR, pertimbangan yang matang perlu dilakukan sebelum memilih vendor mana yang tepat untuk perusahaan anda.

Sayangnya banyak vendor nakal yang sebenarnya tidak kredibel di bidang inovasi VR. Vendor nakal ini dapat menyebabkan kerugian material bagi perusahaan anda.

Karena itu sebelum anda memutuskan untuk menggunakan jasa vendor VR di dalam bisnis anda, pertimbangkan dulu pemilihan vendor VR yang tepat dengan tips-tips berikut:

1. Sesuaikan Jasa Yang Ditawarkan Dengan Kebutuhan Anda

Credits: hci-sl.org

Hal pertama yang harus anda lakukan dalam memilih vendor VR adalah lihat jasa yang ditawarkan vendor tersebut apakah sesuai dengan kebutuhan perusahaan anda.

Jika anda masih belum yakin mengenai jasa yang ditawarkan jangan sungkan untuk bertanya kepada vendor tersebut. Beberapa vendor VR seperti smarteye.id bahkan menawarkan konsultasi gratis untuk menyesuakian kebutuhan anda dengan jasa yang ditawarkan.

2. Situs Menarik dan Menawarkan Kemudahan Pencarian Informasi

Credits: invisionapp.com

Anda juga dapat memeriksa situs resmi dari sebuah Vendor VR. Vendor VR yang serius memiliki situs berkualitas baik. Situs yang baik ini merupakan bentuk keseriusan vendor dalam memberikan pengalaman pelanggan optimal.

Situs vendor VR yang berkualitas biasanya responsif sehingga dapat diakses dengan cepat dan mudah. Selain itu desain dari situsnya juga memanjakan mata sehingga anda dapat merasa nyaman untuk berselancar informasi dengan durasi yang lama.

Navigasi situs juga jelas dan mudah dipahami sehingga anda tak perlu membuang waktu untuk mencoba mencari informasi yang dibutuhkan.

3. Periksa Track Record Vendor

Vendor VR terpercaya memiliki track record yang baik dan jelas. Track record ini menjadi tanda bagi jam terbang dan keahlian dari sebuah vendor VR. Track record yang dilihat dapat berupa portofolio atau testimoni dari perusahaan lain yang menggunakan jasa vendor VR.

Menjadi nilai tambah jika portofolio dan testimoni vendor VR ini tersedia di ruang publik seperti contoh berikut:

Jika masih ragu jangan sungkan untuk menghubungi perusahaan yang pernah bekerjasama dengan vendor VR tersebut untuk meminta pendapat mengenai kualitas jasa yang diberikan vendor tersebut.

4. Komunikasi Tanpa Hambatan

Credits: biasharaleo.co.ke

Komunikasi yang baik menjadi tulang punggung utama dalam keberhasilan setiap transaksi. Tanpa komunikasi yang jelas, kesalahan komunikasi yang menyebabkan kerugian bagi kedua belah pihak akan sangat mungkin terjadi. 

Komunikasi yang jelas tersebut dapat dilihat dari alur komunikasi antara anda dengan vendor VR. Vendor yang baik akan memberikan respon yang cepat di setiap interaksi pelanggan tak hanya di saat penawaran produk tetapi juga setelah proses pengerjaan selesai. 

Selain alur komunikasi yang lancar, gaya komunikasi yang simpatik juga menjadi pertimbangan penting dalam memilih vendor VR. Vendor VR yang baik akan menjawab setiap pertanyaan dan keluhan yang anda miliki dengan perhatian penuh. 

5. Menawarkan Layanan Purna Jual (After Sales Service)

Credits: hengel.com

Ketersediaan layanan purna jual atau after sales service menandakan kepercayaan vendor VR akan kualitas jasa yang ditawarkan. Vendor VR yang memberikan pelayanan berkualitas tak akan ragu untuk memberikan jaminan tersebut kepada anda. 

Ketersediaan layanan purna jual ini juga menandakan kepedulian vendor VR terhadap kepuasan pelanggannya. Karena layanan purna jual adalah bentuk komitmen vendor untuk menjaga kualitas jasa yang diberikan kepada anda bahkan setelah transaksi selesai.

6. Pastikan Harga yang Ditawarkan Sesuai Dengan Kualitas Layanan

Credits: Coursera.org

Pastikan juga harga layanan yang ditawarkan vendor VR sesuai dengan kualitas layanan yang diberikan. Jangan sampai karena mengejar harga murah, kualitas layanan yang anda terima juga menjadi buruk.

Anda dapat melakukan crosscheck harga dari berbagai vendor untuk membandingkan berapa harga pasar yang sebenarnya untuk jasa yang ditawarkan. 

Itulah 6 tips untuk menghindari vendor VR nakal yang dapat merugikan perusahaan anda. Pemilihan vendor VR yang tepat dapat memastikan bahwa pengadopsian teknologi VR dalam bisnis anda dapat berjalan dengan lancar.

Setelah dapat memilih vendor VR yang tepat, anda dapat mulai mencari-cari ide tentang inovasi VR seperti apa yang dapat diterapkan di perusahaan anda. Artikel mengenai showcase virtual properti ini mungkin dapat menjadi referensi inovasi VR di perusahaan anda.

Post Author: Muhammad Ichsan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *