Mengenal Jenis Virtual Reality Berdasarkan Device & Penerapannya di Perusahaan

Mengenal Jenis Virtual Reality Berdasarkan Device & Penerapannya di Perusahaan

Dewasa ini, teknologi virtual reality atau VR sudah semakin banyak diadopsi. Perusahaan virtual reality Indonesia juga semakin menunjukkan kebolehannya. Namun, ada juga perusahaan yang baru mulai mengenal atau menerapkan VR. Sebelum menerapkan teknologi di perusahaan, perlu pemahaman lebih lanjut mengenai macam-macam virtual reality device yang diperlukan. Berikut penjelasan terkait jenis virtual reality berdasarkan device yang digunakan. Simak di bawah ini!

1. VR Website

VR website merupakan jenis VR yang paling mendasar. Akses VR melalui website dapat menjangkau hampir semua orang hanya melalui browser baik lewat laptop maupun melalui smartphone. Untuk menggunakannya mudah saja. Kamu hanya perlu menyiapkan browser yang kompatibel dengan headset khusus VR. Berbagai merk headset VR mobile yang bisa kamu jadikan pilihan ialah Miniso, Shinecon, Samsung Gear VR, Xiaomi MI VR box dan sebagainya. Harga perangkat virtual reality ini beragam namun masih cukup terjangkau.

Untuk mengaktifkan mode virtual reality pada konten yang sedang kamu lihat, kamu bisa tekan icon cardboard atau headset. Kemudian, masukkan ponsel pintarmu ke headset VR. Virtual reality ini memiliki kelebihan dalam hal aksesibilitas. Hampir semua orang bisa menggunakan teknologi ini hanya bermodalkan koneksi dan browser saja. 

Meski tampak menarik dan mudah, VR website hanya bisa diakses ketika terkoneksi dengan internet. Selain itu, kekurangan lainnya ialah terbatasnya perkembangan fitur-fitur. Biasanya, fitur yang kamu bisa nikmati hanya meliputi perpindahan VR, pencarian informasi, foto, sound, video dan controller. Teknologi dengan fitur sederhana ini bisa digunakan untuk membuat office tour, promosi properti dan juga promosi tempat wisata. Sebagai pelaku bisnis, kamu bisa buat VR website dengan harga jasa virtual reality yang disesuaikan dengan kebutuhanmu agar kinerja bisnis semakin prima. 

contoh teknologi vr untuk virtual tour
Foto oleh PropertyGuru Group

2. Aplikasi VR

Aplikasi VR merupakan teknologi virtual reality yang dibuat dalam bentuk program, baik untuk pengguna sistem operasi Android maupun iOS. Untuk menggunakannya, kamu bisa unduh aplikasi VR di Play Store maupun App Store. Pastikan kamu sudah unduh konten VR yang diinginkan agar bisa dibuka di aplikasi yang telah diunduh. Kamu juga bisa atur aplikasi VR ini dan menghubungkannya dengan earphone. Sama seperti menggunakan website tadi, kamu hanya perlu buka VR apps dan klik icon headset. Masukkan ponsel ke dalam headset VR yang telah disiapkan. 

Lihat juga: “6 Rekomendasi Perangkat VR dan spesifikasinya”

Jika dibandingkan dengan VR via website, pada aplikasi VR ini terdapat lebih banyak fitur yang sudah dikembangkan. Contohnya, ada fitur suara yang dapat terhubung ke perangkat VR. Ada pula fitur kuis, gamification score, timer dan lainnya. Saat tidak ada koneksi internet, kamu tetap bisa menikmati teknologi ini. Namun, saat menggunakan virtual reality dari aplikasi, kamu membutuhkan memori yang cukup untuk mengunduhnya di ponsel pintar. Pastikan memori HP cukup luas untuk menjalankan aplikasi ya. Aplikasi VR ini juga bisa kamu gunakan sebagai platform hiburan, sales maupun modul training. 

3. Kacamata VR 

Kacamata VR dirancang untuk memberikan pengalaman terbaik bagi para pengguna saat masuk ke dunia virtual. Perangkat ini didesain dengan bentuk seperti kacamata namun dengan ukuran yang lebih besar. Saat menggunakan virtual reality device ini, kamu tidak memerlukan perangkat tambahan lain seperti ponsel pintar di dalamnya. VR glasses sendiri umumnya memiliki dua tipe, yakni VR versi tethered atau dikenal juga dengan sebutan VR PC/desktop dan VR stand alone.

Kalau kamu ingin mencoba perangkat virtual reality versi PC, kamu harus mengunduh dan instal software bawaan dari perangkat tersebut. Kemudian, kamu bisa sambungkan perangkat ke PC untuk melakukan konfigurasi. Kalau sudah, tinggal buka aplikasi dan gunakan sesuai kebutuhanmu. Dilain sisi, virtual reality device versi stand alone memiliki desain yang lebih simpel dan sesuai untuk dibawa bepergian. Alat ini bisa kamu bawa kemana-mana tanpa harus dihubungkan dengan laptop atau komputer. Kalau kamu ingin perangkat yang lebih fleksibel, tentu kacamata VR stand alone sesuai untukmu. Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu nyalakan headset VR dan unduh aplikasinya. Mudah bukan?

Penggunaan kacamata VR tentunya memberikan pengalaman yang luar biasa memukau. Kamu seakan berada di dunia virtual. Pengalaman bermain pun terasa jauh lebih seru dan menantang. Selain untuk bermain game, kamu bisa manfaatkan teknologi ini untuk pelatihan keselamatan kerja, pelatihan karyawan baru, meeting virtual dan masih banyak lagi. Meski hadir dengan banyak kelebihan, harga virtual reality device ini tentunya lebih mahal. Namun, harga yang ditawarkan sebanding dengan pengalaman yang akan kamu dapatkan. 

4. Konsol VR

Selain dari sisi software atau aplikasi, kamu bisa dapatkan pengalaman VR yang lebih menakjubkan dengan controller VR. Setelah penat bekerja seharian di kantor, virtual reality device yang satu ini dapat meningkatkan keseruan saat bermain bersama teman kerja. Sebagai contoh, kamu bisa koneksikan PlayStation VR saat bermain dengan konsol PlayStation 4 maupun 5. PSVR berlaku sebagai perangkat tambahan yang bisa membuat pengalaman bermain menjadi terasa nyata. Headset seperti Oculus Quest 2, HP Reverb G2 dan HTC Vive Cosmos juga hadir dengan dua controller yang dilengkapi dengan sistem tracking 6DoF.

Virtual Reality Device HTC Vive Cosmos
Foto oleh VIVE

Kalau kamu ingin bermain dengan lebih bebas, ada juga headset VR seperti Facebook Quest 2 yang sudah memiliki teknologi controller-free. Built-in camera pada perangkat ini dapat melacak gerak tangan dan jari dengan tepat. Namun, saat menggunakan controller, permainan akan terasa lebih nyata karena adanya fitur haptic feedback, tombol fisik dan tracking yang lebih cepat.


Setelah membaca artikel di atas, apakah kamu semakin tertarik untuk menerapkan virtual reality device di perusahaanmu? Kamu bisa ketahui lebih banyak informasi dengan mengunjungi laman smarteye. Selaku salah satu perusahaan virtual reality di Indonesia, smarteye.id menawarkan jasa VR tour, VR training dan masih banyak lagi. Klik di sini untuk ketahui biaya jasa virtual reality dan informasi lengkap seputar VR!

Mengenal Jenis Virtual Reality Berdasarkan Device & Penerapannya di Perusahaan

Nada Syafira

Jakartans who writes in exchange for mouth-watering delicacies by weekdays. A whimsical wanders who travels by weekend.