Intip Bocoran Kacamata AR Google Terbaru, Kacamata Masa Depan dengan Augmented Reality!

Intip Bocoran Kacamata AR Google Terbaru, Kacamata Masa Depan dengan Augmented Reality!

Pada tahun 2012 lalu, Google memulai debutnya dengan meluncurkan Google Glass. Pada tahun 2022 ini, Google mengumumkan inovasi perangkat kacamata canggih baru di acara tahunan Google I/O pada Mei 2022 lalu. Kacamata ini dikabarkan akan melibatkan teknologi augmented reality atau AR. 

Penasaran seperti apa kecanggihannya? Artikel ini akan membahas bocoran rilisan kacamata AR Google yang tak bisa kamu lewatkan. Simak selengkapnya di bawah ini! 

Apa Itu Kacamata Augmented Reality? 

Augmented reality dikenal sebagai teknologi yang bisa membawa gambar digital ke lingkungan fisik, mirip dengan aslinya. Inovasi AR dapat disematkan pada berbagai perangkat termasuk ponsel, proyektor hingga kacamata atau headset AR. Kacamata pintar ini menghadirkan kecerdasan komputer untuk memberikan informasi tambahan pada pengguna. 

Umumnya, informasi ini berupa gambar 3D seperti animasi, video, dan tulisan ke dunia nyata. Pengguna kacamata dapat melihat informasi tambahan melalui kacamata ini pada lingkungan asli yang sedang mereka lihat. Menarik bukan? 

Manfaat Kacamata AR

Sama halnya dengan teknologi AR sendiri, kacamata AR juga membawa banyak manfaat di berbagai industri. Kamu bisa gunakan perangkat ini dalam pekerjaan sehari-hari. Saat bekerja, kamu bisa tingkatkan operasional bisnis dan lakukan tugas dengan lebih efektif.

Bayangkan, kamu bisa menerima instruksi dan informasi secara langsung sembari melaksanakan tugas. Hambatan jarak tak lagi menjadi masalah karena kamu bisa menerima informasi dari mana saja secara real-time. Tentu lebih hemat waktu ya?

Kacamata ini juga bisa dimanfaatkan untuk pelatihan karyawan yang lebih efisien untuk perusahaan di bidang manufaktur, logistik, hingga layanan lapangan. Tenaga kerja dapat memahami informasi yang kompleks dengan lebih mudah melalui tampilan foto dan video. Proses pelatihan menjadi lebih efektif dan lebih detail.

Sebagai contoh, kacamata Vuzix Blade Upgraded memiliki fitur handsfree. Perangkat ini dilengkapi dengan kamera HD yang memiliki fokus otomatis, serta mikrofon peredam bising. Kacamata ini juga dilengkapi layar penuh warna yang bisa meningkatkan pengalaman augmented reality. 

​​Bocoran Fitur Kacamata AR Google 

kacamata AR Google
Foto oleh TheVerge.com

Setelah membaca pengertian, manfaat dan contoh kacamata AR di atas, kira-kira apa ya yang membedakan kacamata AR Google dari perangkat lainnya di pasaran? Bocoran prototipe awal dari kacamata Google ini menampilkan fungsi transkripsi percakapan secara real-time. Fungsi ini menyediakan tampilan teks untuk pemakainya.

Dari demo produk tersebut, Google menampilkan fungsi penerjemahan percakapan dari bahasa Inggris ke Spanyol dengan fitur translasi. Fitur terjemahan bahasa yang dipamerkan ini bisa menyajikan hasil translasi tanpa menghalangi pandangan mata pengguna. Inovasi ini akan memudahkan kamu bercakap-cakap dengan orang asing ya!

Sayangnya, Google masih merahasiakan tanggal rilis perangkat canggih ini. Google juga belum membagikan informasi yang lebih mendalam terkait cara kerja kacamata tersebut. Informasi yang beredar seputar perangkat ini sudah cukup membuatmu penasaran, bukan?

Saat ini, Kacamata AR Google belum ditawarkan secara bebas. Namun, perangkat ini seperti bisa membuatmu merasa menjadi tokoh Marvel, Tony Stark ya? Simak video di bawah ini untuk ketahui kecanggihan Google Glass lebih lanjut!

Video oleh UploadVR

Lihat juga: Teknologi Lensa Kontak Augmented Reality Dapat Menjadi Kenyataan!


Itulah bocoran fitur kacamata AR Google yang sangat menarik. Kalau kamu ingin ketahui lebih banyak perangkat canggih berbasis augmented relaity maupun virtual reality, kamu bisa baca lebih lanjut dengan kunjungi situs resmi smarteye.id. Klik di sini dan jangan sampai ketinggalan informasi menarik lainnya ya! 

Intip Bocoran Kacamata AR Google Terbaru, Kacamata Masa Depan dengan Augmented Reality!

Nada Syafira

Jakartans who writes in exchange for mouth-watering delicacies by weekdays. A whimsical wanders who travels by weekend.