Siap-siap! Kacamata Virtual Reality akan Mulai Digunakan untuk WFH

Siap-siap! Kacamata Virtual Reality akan Mulai Digunakan untuk WFH

Bekerja dari rumah atau work from home (WFH) sudah menjadi budaya baru semenjak adanya pandemi COVID-19. Perubahan cara bekerja ini dianggap menjadi solusi untuk menjaga diri dari bahaya penyebaran virus. Meski kini keadaan sudah berangsur membaik, tren WFH masih diimplementasikan. 

Remote working tidak mengurangi produktivitas, malah memperkecil biaya transportasi yang perlu kamu keluarkan. Namun, bagaimana cara menjaga efektivitas kerja meski dilakukan dari rumah, ya? Tenang saja, sudah banyak inovasi canggih yang akan membantumu tetap terhubung. 

Artikel ini akan membahas penggunaan kacamata virtual reality untuk WFH. Untuk kamu yang sedang bekerja dari rumah, jangan sampai ketinggalan informasinya. Simak lebih lengkap di bawah ini! 

Konsep Ruang Kerja Digital Metaverse

Konsep work from home atau WFH memungkinkan pekerja untuk menjalankan tugasnya dari mana saja dan tetap bisa terhubung ke sudut manapun di dunia. Kehadiran fisik tidak lagi diperlukan, namun pekerjaan tetap berjalan lancar. 

Teknologi yang terus berkembang memungkinkan hal ini terjadi. Apalagi semenjak dikenalkannya kembali konsep Metaverse oleh Mark Zuckerberg, pemilik Facebook Inc yang kini dikenal dengan nama Meta.

Metaverse sendiri merupakan inovasi ruang digital di era internet. Meta menghadirkan aplikasi kerja jarak jauh berbasis virtual reality yang diberi nama Horizon Workrooms. Untuk menikmati platform ini, kamu membutuhkan perangkat tambahan berupa headset VR seperti Oculus Quest 2. 

Lihat juga: “WFH Semakin Seru dengan Aplikasi VR Remote Work dari Facebook!”

Kacamata Virtual Reality untuk Bekerja

Lantas, apa peran virtual reality googles dalam bisnis? Mengutip dari Federal News Network, Allison Horn selaku Executive Director Global Talent dari Accenture menyampaikan bahwa perusahaanya memanfaatkan kacamata virtual reality untuk bekerja. Hal ini termasuk untuk latihan, on-boarding, kolaborasi hingga membuat program employee wellness di metaverse. 

Pada tahun 2022 ini, Accenture telah membeli sekitar 60,000 headset VR. Perangkat terserbut membantu proses on-boarding pekerja baru di era serba online ini. Di dalam metaverse, pegawai baru bisa bermain game sebagai salah satu upaya untuk bisa mengenal Accenture lebih baik lagi.

Berbeda dengan Horizon Workrooms dari Meta, metaverse Accenture diberi nama Accenture’s Nth floor. Untuk on-boarding sendiri, pekerja bisa mengakses One Accenture Park. Dalam nth floor, pekerja bisa membuat avatar sendiri, mirip seperti karakter kartun. 

Accenture Nth Floor
Foto oleh Accenture

Agar lebih profesional, Accenture mendorong pekerjanya untuk membuat avatar yang benar-benar merepresentasikan diri mereka sendiri, seperti di dunia nyata. Accenture mulai memperkenalkan kacamata virtual reality kepada pekerjanya sejak dini. Hal ini dikarenakan pada tahun 2026 nanti, metaverse diperkirakan akan menjadi platform yang sangat penting. 

Dafta Perangkat VR Googles untuk WFH

Jika kamu tertarik untuk mencoba virtual reality goggles, ada beberapa perangkat yang sudah ditawarkan di pasaran. Berikut daftarnya: 

HTC Vive Pro 2

Contoh perangkat yang bisa kamu pakai untuk WFH ialah HTC Vive Pro. Namun, perangkat ini memiliki harga yang cukup mahal. 

Namun, harga yang ditawarkan sebanding dengan resolusi tinggi yang ditawarkan yakni 288 x 1600 piksel. Tentu, dengan resolusi ini, kualitas gambar perangkat bisa memanjakan matamu ya. 

Gambar yang realistis dilengkapi dengan kualitas suara yang bagus tentu cocok untuk bisnis. Perangkat ini mengalami peningkatan hingga sebesar 78% jika dibandingkan dengan HTC Vive seri sebelumnya.

Headphone built-in ini memiliki fitur yang bisa menghalangi cahaya lebih baik daripada HTC Vive. Meski pengaturan fitur ini sedikit lebih rumit dan memakan waktu ya.

Oculus Quest 2

HTC Vive Pro 2
Foto oleh techradar.com

Kacamata virtual reality yang terkenal lainnya adalah Oculus Quest 2. Perangkat ini nyaman dipakai dan tidak terlalu berat. 

Dengan perangkat ini, kamu tidak lagi memerlukan kabel dan peralatan tambahan. Perangkat Quest 2 didukung dengan prosesor Qualcomm Snapdragon XR2. 

Perangkat ini kaya fitur dengan resolusi 1832 x 1920 yang lebih tajam dibandingkan pendahulunya. Resolusi layar Quest 2 lebih ditingkatkan dari headset Oculus Quest dan Rift. 

Dengan begitu, kamu bisa rasakan konten 360 derajat yang jernih.Namun, perangkat ini mengharuskanmu terhubung ke Facebook ya. 

Samsung Gear VR

Perangkat ini merupakan salah satu headset VR seluler terbaik. Samsung Gear VR memiliki fitur pengontrol gerakan yang dioptimalkan dari pendahulunya.

Perangkat ini menawarkan pengalaman VR imersif dalam penggunaan seluler. Desain responsif ini lincah dan terasa nyata.

Samsung Gear VR juga dirancang untuk pengguna dari segala usia karena mudah dipasang dan dipindahkan. Kemitraan Samsung dan Oculus menghadirkan pengalaman VR eksperimental, jejaring sosial, dan beragam aplikasi yang seru untuk dicoba.

Samsung Gear VR
Foto oleh Pocket-lint

Desain Gear VR juga lebih ergonomis, ringan dan ramping. Kamu bisa koneksikan perangkat ini dengan konektor USB-C ke ponsel Samsung Galaxy.

Valve Index

Perangkat Valve Index memiliki layar yang sangat tajam, dengan dukungan GPU yang lebih lama, bidang pandang luas serta kecepatan refresh yang lebih tinggi. Perangkat ini memiliki fitur “knuckle” yang bisa melacak pergerakan setiap jari tanganmu.

Tampilan perangkat ini dilengkapi dengan resolusi LCD 1440 x 1600 piksel. Selain itu, ada pula Field of View yang juga dioptimasi lebih baik dari HTC Vive.

Sejauh ini, Valve Index adalah perangkat VR terbaik untuk para gamers. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk digunakan para pebisnis ya.

Selain yang sudah dijelaskan di atas, ada beberapa perangkat lainnya yang bisa kamu gunakan untuk kerja seperti Oculus Rift S, Samsung HMD Odyssey, dan masih banyak lagi. Kamu bisa cari perangkat yang cocok dengan budgetmu. Tentu, pilih yang fiturnya paling mendukung pekerjaanmu ya. 

Lihat juga: Resmikan The Telkom Hub, Presiden Jokowi coba Virtual Reality!


Setelah membaca manfaat dan contoh kacamata virtual reality di atas, apakah kamu semakin tertarik untuk mencobanya? Gadget VR mana yang paling kamu cari untuk WFH?Jika butuh informasi lebih lanjut, kamu bisa baca berbagai artikel menarik seputar virtual reality di blog smarteye.id. Tunggu apa lagi? Yuk, dapatkan informasi terbarunya sekarang juga!

Siap-siap! Kacamata Virtual Reality akan Mulai Digunakan untuk WFH

Nada Syafira

Jakartans who writes in exchange for mouth-watering delicacies by weekdays. A whimsical wanders who travels by weekend.