Kacamata VR Baru dari Sony: PlayStation VR 2 yang Semakin Canggih!

Kacamata VR Baru dari Sony: PlayStation VR 2 yang Semakin Canggih!

Para pengguna PS4 tentu akrab dengan headset PlayStation VR atau PSVR. Perusahaan induk PlayStation, Sony, meluncurkan kacamata VR ini pada tahun 2016. Sony membuat PlayStation VR secara eksklusif untuk PlayStation 4 (PS4). 

PlayStation VR-pun sukses menarik kalangan pengguna PS4 untuk bermain game menggunakan virtual reality. Kesuksesan tersebut membuat Sony mengumumkan penerus dari PSVR yang bernama PlayStation VR 2 (PSVR 2)

Sama seperti pendahulunya, PSVR 2 akan dibuat ekslusif untuk perangkat game konsol PlayStation 5 (PS5) milik Sony. PSVR 2 berencana diluncurkan pada akhir tahun 2022 dengan perkiraan paling lambat di tahun 2023.

kacamata vr playstation vr 2
Sumber: PlayStation

Sony telah banyak memberikan bocoran mengenai perangkat ini. Melalui situs PlayStation, Sony resmi mengumumkan nama PSVR 2 bersamaan dengan controller VR-nya yang bernama PlayStation VR 2 Sense. Jadi, apa saja yang dapat kita ketahui saat ini mengenai PSVR 2?

Hardware Canggih Menggunakan Teknologi PS5 dengan Berbagai Fitur Baru

Sony mengklaim PSVR kedua akan membuat loncatan besar pada fitur dan teknologi dibandingkan dengan PlayStation VR sebelumnya. Hal ini dikarenakan kacamata VR tersebut akan menggunakan hardware PS5 yang super canggih dan lebih kuat dari PS4.

Rumor menyebutkan bahwa perangkat ini akan memiliki resolusi lebih tinggi dari Oculus Quest 2. Sony telah mengkonfirmasi resolusi layar meningkat hingga 4K dengan luas pandangan sebesar 110 derajat dan frame rates 90/120Hz.

Selain itu, tracking PSVR 2 dapat melacak pergerakan pengguna beserta controllernya. Tracking dilakukan melalui kamera yang terintegrasi pada kacamata VR. Pergerakan pengguna nantinya dapat tersinkronkan dengan karakter pada game tanpa perlu kamera eksternal.

kacamata vr playstation vr 2
Sumber: PlayStation

Headset VR milik Sony ini menambahkan fitur sensorik baru yang menggabungkan eye tracking, headset feedback, dan 3D Audio. Fitur ini dikombinasikan dengan controller PSVR 2 Sense untuk menciptakan suasana game yang lebih imersif.

Eye tracking juga menjadi salah satu fitur yang ditunggu-tunggu bagi para penggemar VR. Fitur ini dapat melacak pergerakan mata saat menggunakan headset VR. Dengan adanya fitur tersebut membuat experience game terasa lebih nyata dan natural.

Banyak fitur canggih bermunculan pada headset ini. Namun disayangkan PSVR 2 belum dapat terhubung dengan konsol game secara wireless. Jika kamu ingin menggunakan perangkat ini maka diperlukan kabel yang terhubung antara headset VR dengan konsol PS5.

PlayStation VR 2 Sense Controller

controller kacamata vr
Sumber: Lords of Gaming

Seperti yang telah disebutkan, salah satu keunggulan dari PSVR 2 adalah controller barunya yang memiliki peningkatan performa dan desain. Controller ini menggunakan desain yang berbeda dari seri sebelumnya yakni PS Move Controller. Alih-alih controller barunya akan menggunakan desain layaknya controller VR modern seperti Oculus Quest 2.

Controller baru ini akan menggunakan fitur adaptive trigger yang dapat ditemukan pada teknologi DualSense milik PS5. Adanya teknologi ini bisa membuat sensasi ketegangan pada game terasa lebih nyata. 

Game yang Dapat Dimainkan

Meskipun peluncurannya masih lama, Sony telah mengkonfirmasi akan ada lebih dari 20 game yang bisa dimainkan saat peluncuran. Beberapa game developer juga telah mengumumkan game yang dapat digunakan dengan PSVR 2. Beberapa game tersebut diantaranya ada dibawah ini.

  • Among Us VR
  • Firmament
  • Horizon Call of the Mountain
  • Jurassic Park game from Coatsink
  • Low-Fi
  • No Man’s Sky
  • Resident Evil 4 Remake
  • Resident Evil Village (opens in new tab)
  • Runner
  • Samurai Slaughter House
  • The Walking Dead: Saints & Sinners – Chapter 2: Retribution

Fitur Melimpah dan Canggih, Berapa Harga PlayStation VR 2?

Dengan berbagai fitur baru melimpah tentu membuat harga kacamata VR ini akan lebih mahal dibandingkan pendahulunya PSVR. Walau memang saat ini belum ada pengumuman resmi dari Sony mengenai jangkauan harga.

Saat dirilis tahun 2016, harga paket lengkap PlayStation VR beserta game dan perangkat lainnya dijual seharga US$499. Kala itu, kamu juga dapat membeli headset PSVR saja secara terpisah seharga US$399. Harga tersebut lebih mahal dibandingkan Oculus Quest 2. Saat rilis di tahun 2020, kacamata VR ini memiliki harga dengan varian paling murah sebesar US$299.

Sony berkemungkinan menargetkan kisaran harga diatas paket lengkap PSVR. Hal ini dikarenakan fitur baru seperti eye tracking memiliki harga komponen yang mahal. Meskipun begitu, resolusi 4K, refresh rate 120Hz, beserta performa controller yang ditingkatkan membuat kacamata VR ini layak untuk ditunggu.

Lihat juga: Demi Game yang Imersif, Sony Luncurkan Perangkat VR PS 5!


Apakah konsep kacamata VR baru buatan Sony menarik perhatian kamu? Jika kamu tertarik, mari kunjungi smarteye.id untuk mengetahui informasi dan perkembangan seputar Virtual Reality!

Kacamata VR Baru dari Sony: PlayStation VR 2 yang Semakin Canggih!

Billy Nurfaudzi

A startup enthusiast who writes out of curiosity. My deepest appreciation and thanks for those of you who read this article. May you have a good day!