Kebun Binatang di Milwaukee Membuka Wahana VR untuk Melihat Gorila

Kebun Binatang di Milwaukee Membuka Wahana VR untuk Melihat Gorila

Siapa yang tidak suka berkunjung ke kebun binatang? Kita dapat mengunjungi berbagai jenis satwa di dalamnya. Tidak hanya melihat, kita pun dapat berinteraksi dengan beberapa hewan, mulai dari yang jinak hingga liar. 

Sayangnya, interaksi tidak diperbolehkan dengan beberapa hewan liar seperti singa dan harimau karena alasan keselamatan.. Hal ini dikarenakan satwa tersebut bisa menyerang pengunjung apabila kita tidak berhati-hati.

Sebuah kebun binatang di kota Milwaukee, Amerika Serikat memiliki solusi unik agar pengunjung tetap dapat berinteraksi dengan hewan liar. Milwaukee County Zoo membawa konsep baru kebun binatang VR dengan memanfaatkan teknologi virtual reality. Kebun binatang ini membuka wahana baru dimana pengunjung dapat berinteraksi dengan Gorila menggunakan headset VR.

Lihat juga: VR AR Lenses untuk Mata dari Young Optics, Apa Saja Fiturnya?

Gorilla Trek Virtual Reality Experience

Wahana baru tersebut dinamakan Gorilla Trek Virtual Reality Experience. Wahana ini memberikan sensasi pengalaman baru yang imersif saat dicoba. Milwaukee County Zoo juga merupakan kebun binatang VR pertama yang ada di Amerika Serikat.

Sumber: Youtube

Saat memasuki gedung, kamu dapat mempelajari gorila lebih lanjut dan dan mencoba wahana VR setelahnya. Konten VR dari wahana ini diambil dari Taman Nasional Gunung Berapi di Rwanda yang berada di ketinggian 10.000 kaki di atas permukaan laut. Selain taman nasional, lima gorila yang tinggal di Milwaukee County Zoo juga terdapat dalam konten VR ini.

Saat memasuki wahana, pengunjung akan diarahkan untuk memasuki teater dan duduk layaknya sedang menonton bioskop. Bedanya, kamu akan memakai headset VR selama film berlangsung. Pengunjung juga dapat melihat secara dekat kehidupan binatang gorila dan akan ada penjelasan yang dinarasikan oleh ahli primata, Dr. Tara Stoinski.

Konsep kebun binatang VR ini merupakan cara bagi pengelola untuk melibatkan para pengunjung dalam konservasi hewan. Hal ini dilakukan agar pengunjung dapat berempati terhadap hewan. Kebun binatang berharap bahwa wahana menakjubkan tentang gorila ini menjadi pengalaman yang tidak terlupakan oleh pengunjung. 

Apakah Milwaukee County Zoo Kebun Binatang VR Pertama di Dunia?

Fakta menariknya, Milwaukee County Zoo bukan merupakan kebun binatang pertama yang menggunakan teknologi VR. Guangzhou Zoo di Tiongkok menjadi kebun binatang VR pertama yang ada di dunia. Kebun binatang ini mulai menerapkan VR pada tahun 2018. Dengan bantuan teknologi VR, pengunjung bisa menikmati dunia virtual berisikan hewan. Pengunjung juga dapat berinteraksi dengan hewan di dunia tersebut.

Kebun Binatang  VR di Milwaukee
Sumber: Tripadvisor

Berbeda dengan Milwaukee County Zoo, Guangzhou Zoo menggabungkan berbagai teknologi yaitu VR, AR, dan proyeksi laser 3D. Teknologi tersebut membuat pengunjung terasa lebih dekat dan interaktif dengan para hewan.

Teknologi canggih ini juga digunakan agar pelanggan merasakan pengalaman baru yang lebih dekat dengan hewan, melalui perangkat VR ataupun smartphone. Tidak sampai disitu, para pengunjung juga dapat memindai kode QR di ponsel mereka untuk menampilkan hewan langka pilihan secara virtual.

Penerapan teknologi ini membantu meningkatkan jumlah pengunjung di Guangzhou Zoo. Pada hari pertamanya saja, terdapat sekitar 20.000 pengunjung yang mengunjungi wahana VR tersebut.

Lihat juga: Inovatif Namun Belum Ramai digunakan, Mengapa Virtual Reality Belum Dapat Menarik Perhatian Publik?

Pemanfaatan teknologi membuat berkunjung ke kebun binatang lebih seru dan menarik. Jika kebun binatang VR hadir pada kota di Indonesia, apakah kamu tertarik untuk mencobanya? Perkembangan VR memang saat ini telah berkembang pesat. Jika kamu tertarik dengan konten atau informasi seputar VR dan AR, kamu bisa mengunjungi link di sini!

Kebun Binatang di Milwaukee Membuka Wahana VR untuk Melihat Gorila

Billy Nurfaudzi

A startup enthusiast who writes out of curiosity. My deepest appreciation and thanks for those of you who read this article. May you have a good day!