Kegunaan Foto 360 di Kehidupan Sehari-hari

Kegunaan Foto 360 di Kehidupan Sehari-hari

Sekilas, mungkin fitur kamera 360 derajat bagus untuk keren-kerenan di media sosial. Namun, masih ada fungsi kamera 360 selain untuk pelengkap koleksi feeds, lho!

Mau tahu apa saja kegunaannya? Baca artikel terkait kamera 360 yang satu ini, yuk!

Aplikasi Kamera 360 Derajat pada Sosial Media

Youtube

Kamu mungkin cukup familiar dengan penggunaan kamera 360 yang mirip dengan kombinasi teknik Fish Eye dan Panorama di smartphone. Dilansir dari Tech Crunch, Google mencetuskan tampilan video berbasis kamera 360 derajat pada Maret 2015 lalu untuk Youtube.

Google mengajak berbagai brand kamera terkenal seperti Ricoh Theta, Giroptic 360Cam, IC Real Tech Allie, Kodak SP360, dan Bulbcam untuk mempersiapkan konten 360 derajat. Dengan kolaborasi ini, YouTube dapat menyiarkan hasil gambar atau video dengan fitur 360.

Dengan inovasi ini, pengguna Youtube bisa melihat tampilan video imersif seperti seakan menonton konser secara langsung dari atas panggung hingga seolah berada di tengah acara berita laporan jurnalistik. Menarik bukan?

Facebook

Sebagai salah satu sosial media yang banyak digunakan masyarakat luas, Facebook memiliki kekuatan untuk menghubungkan pengguna di seluruh dunia. Salah satu cara yang menarik adalah dengan foto dan video 360 derajat.

Kamu bisa memposting konten 360 derajat di laman Facebook. Caranya mudah saja. Pada perangkat iOS atau ponsel Samsung Galaxy, kamu bisa ambil konten dengan bantuan aplikasi Street View atau Google Camera. Kamera 360 seperti Giroptic 360 Cam, ALLie Camera, Samsung Gear 360 juga bisa menjadi pilihan.

Saat mengunggah konten ini, Facebook akan mengubah konten menjadi kamera 360 yang imersif. Mengambil gambar dengan kamera 360 derajat memang menarik untuk kamu abadikan momen jalan-jalan atau untuk sekedar sharing di media sosial. Namun, kamera 360 sebenarnya bukan hanya untuk pelengkap koleksi fotografi pribadi kamu ya.

Mau tahu apa saja kegunaan video, kamera dan foto 360 derajat dalam kehidupan sehari-hari? Simak pada tulisan berikut ini!

Kegunaan Kamera 360 Derajat

Di samping untuk mengambil hasil gambar dengan sudut pandang berbeda dari biasanya, teknologi kamera 360 derajat memiliki kegunaan yang bisa kamu rasakan pada kehidupan sehari-hari, diantaranya:

Mampu Menampilkan Berbagai Bidang Objek Sekaligus

Kamera 360 derajat tidak bisa disamakan dengan kamera biasa. Sebagai contoh kamera Samsung Gear 360. Pengunaan kamera 360 ini dapat dioptimalkan untuk menangkap gambar dengan banyak POI (point of interest).

cara kerja 360
Gambar oleh A2 VR

Jadi, kamu bisa memotret tampilan sekeliling dengan bidang tangkap yang lebih lebar. Kamu bisa coba untuk menangkap pemandangan sekeliling seperti pemandangan alam, suasana ruangan, keramaian pasar, dan gambar situasional lainnya.

Hasil tangkapan kamera 360 juga bisa kamu manfaatkan saat ingin membeli properti. Kalau kamu tak sempat untuk melihat properti secara langsung, tangkapan gambar dengan sudut 360 derajat bisa memperlihatkan keseluruhan sudut rumah secara lengkap.

Teknologi kamera 360 derajat
Foto oleh photoplan360.c0m

Sebagai pelaku usaha, smarteye.id menghadirkan jasaVR 360 Photo Tour, lho! Kamu bisa konsulkasikan kebutuhan dokumentasi properti maupun produk tertentu hanya dengan klik di sini!

Kamera 360 Sebagai ‘Spion’, Mampu Melihat Keadaan Sekitar Mobil

Mengingat bahwa kamera 360 derajat memiliki bidang pandang yang lebih luas, teknologi ini bisa dipasang pada unit mobil untuk menunjang kenyamanan kamu selama berkendara. Sisi pandang mobil yang biasanya tak terlihat menjadi tampak jelas.

Penggunaan kamera 360 derajat ini sangat berguna untuk lebih berhati-hati saat mundur maupun belok. Teknologi ini bisa mengurangi resiko kecelakaan seperti membentur sisi bangunan maupun menabrak mobil lain.

Penggunaan kamera 360 yang ditanam di mobil bisa digunakan untuk memperkirakan jarak ketika mundur, belok, atau parkir. Dengan mengambil gambar yang menyeluruh, kamera 360 yang disematkan pada kendaraan bisa sangat membantu, terutama bagi para pengemudi pemula.

Sudut Pengambilan Gambar 360 Lebih Lebar

Pernahkah kamu kesulitan saat ingin mengambil gambar bersama pada acara reuni kampus, kumpul keluarga, maupun momen kebersamaan lainnya? Dengan kamera 360, kamu tak perlu khawatir lagi. Pengambilan gambar dengan bidang pandang 360 derajat membuat hasil gambar jadi lebih lebar.

Kamu bisa ambil gambar tanpa perlu takut ada teman maupun kerabat yang terpotong. Kamera dengan Wide Angle ini berbeda dengan kamera biasa. Fungsi Wide Angle memiliki hasil yang lebih lega, cocok untuk foto panorama.

Kamu bisa dengan leluasa melakukan Wefie dengan teman sekantor dalam jumlah banyak. Gak perlu lagi ada teman yang mengeluh karena tidak kelihatan di foto ya! Sebagai contoh, berikut gambar dari team smarteye.id saat Wefie menggunakan Ricoh, salah satu teknologi kamera 360.

kegunaan foto 360 untuk memotret kebersamaan

Konten Media Sosial Lebih Menarik

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kamu bisa menangkap foto yang lebih lengkap dan lebar untuk kemudian diunggah ke aplikasi sosial media. Dengan tangkapan gambar kamera 360, hasil karya terlihat lebih menarik dan bisa mendapat lebih banyak likes!

Biasanya, pengguna menggunakan kamera 360 untuk menangkap gambar pemandangan di Raja Ampat, Labuan Bajo, maupun Ubud. Tentu gambar pemandangan alam tampak jauh lebih menarik dengan sudut pandang yang lebih ekstensif.

Lensa Back-to-back Tangkap Gambar Bersamaan

Kamera 360 derajat mampu mengambil gambar dengan bantuan lensa back-to-back. Jenis lensa ini dipakai untuk mengambil potret pada saat yang bersamaan. Biasanya, kamera dengan jenis lensa ini juga dilengkapi dengan mode canggih lainnya yang bisa menunjang pemakaian.

Fitur canggih kamera 360 derajat biasanya meliputi mode virtual reality, built-in stitching, WiFi, dan juga bluetooth. Bagi kamu para konten kreator, kamu juga bisa gunakan kamera ini untuk mengambil gambar atau video untuk kepentingan live streaming yang lebih memukau.

Potensi bagi Industri Informasi

Dukungan terhadap teknologi VR mulai berdatangan dari berbagai pihak sehingga masyarakat lebih mudah mencerna informasi konten 360. Umumnya, kamera 360 derajat mempunyai dua-atau lebih lensa Fish Eye dengan jangkauan 180 derajat.

kamera yang memiliki mode 360 video
Foto oleh Engadget

Setiap lensa tersinkronisasi untuk mengambil dan menggabungkan gambar secara bersamaan. Bisa dibayangkan kan hasilnya kalau kamera video 360 digunakan untuk meliput live report pertandingan olahraga atau foto spot liburan, pasti sangat keren ya!

Lihat juga: Makin Mudah Parkir, Begini Cara Kerja Kamera 360 Mobil


Itulah berbagai manfaat kamera 360 di berbagai aspek. Penggabungannya dengan virtual reality tentu sangat berpotensi meningkatkan daya tarik bisnis. Penasaran dengan perwujudan VR 360?

Selain virtual reality, smarteye.id juga menawarkan jasa augmented reality untuk bisnismu. Kalau ingin lebih tau banyak informasi lainnya seputar teknologi, kamu juga bisa kunjungi situs resmi smarteye.id untuk baca artikel lainnya ya!

Kegunaan Foto 360 di Kehidupan Sehari-hari

Nada Syafira

Jakartans who writes in exchange for mouth-watering delicacies by weekdays. A whimsical wanders who travels by weekend.