Selain Meminimalisir Malpraktik, Simulasi Operasi Medis dengan VR Juga Menguntungkan dari Aspek Ini

Selain Meminimalisir Malpraktik, Simulasi Operasi Medis dengan VR Juga Menguntungkan dari Aspek Ini

Pelatihan kerja pada dunia medis biasanya melibatkan teori di kelas secara tradisional. Mulai dari mempelajari tubuh manusia, mengobservasi di ruang operasi, memonitor pasien hingga melakukan pembedahan pada kadaver. Kini, pelatihan di dunia medis dapat dipermudah dengan adanya teknologi virtual reality atau VR. Umumnya, VR digunakan pada game maupun bisnis. Namun, kegunaan virtual reality juga bisa dimanfaatkan untuk industri medis dan kedokteran. 

Artikel ini akan membahas kegunaan virtual reality dalam simulasi operasi. Simak selengkapnya!

Kacamata VR untuk Training Operasi Medis 

Mengingat pentingnya peran dokter, pelatihan tenaga medis perlu mendapatkan perhatian lebih. Malpraktik tentunya merugikan dari segi biaya dan keselamatan jiwa. Dalam hal operasi medis, kesalahan pengoperasian tentu membawa petaka bagi kedua belah pihak. Lantas, bagaimana cara meminimalisirnya? 

Disinilah virtual reality dapat diandalkan. Kegunaan virtual reality ini dianggap cukup penting untuk membuat proses pelatihan atau training virtual reality medis semakin mudah. Training virtual reality mampu meminimalisir kejadian tak diinginkan selama operasi bedah. 

Kegunaan Virtual Reality Medis
Foto oleh Roadtovr.com

Salah satu platform VR untuk pelatihan bedah ialah Osso VR. Platform ini mulanya dihadirkan pada akhir 2016 lalu oleh UCLA dan ahli bedah ortopedi Harvard. Osso VR memberikan pengalaman pendidikan dengan fokus untuk memperkenalkan teknik dan teknologi baru dalam pembedahan. Platform ini juga berkerjasama dengan berbagai pemimpin industri medis seperti Johnson & Johnson, Stryker dan Zimmer Biomet.

Platform ini menghadirkan berbagai materi pelatihan mulai dari yang sederhana hingga kompleks. Osso VR menawarkan panduan belajar dengan metode gamified yang dapat memandu calon dokter dengan mudah. Hasil pembelajaran juga dapat dilacak sehingga efektivitas pembelajaran dapat diketahui secara transparan. Berbasis pembelajaran jarak jauh, calon dokter bisa belajar dari mana saja dan kapan saja.

Lihat juga: “Jenis Virtual Reality Berdasarkan Device dan Penerapannya”

Kegunaan Virtual Reality untuk Medis

Agar lebih paham kegunaan virtual reality dalam bidang kedokteran, berikut beberapa manfaat VR dalam simulasi operasi medis

Mengurangi Biaya

Kehadiran ruang operasi virtual memungkinkan para calon dokter untuk berlatih dari mana saja. Biaya pelatihan tentunya dapat berkurang secara signifikan. Kegunaan virtual reality dalam hal ini meliputi mengurangi biaya perjalanan, penyediaan alat, pengiriman perangkat medis dan lainnya.

Menghemat Waktu

Proses pelatihan medis membutuhkan banyak prosedur yang mungkin memakan banyak waktu. Perjalanan para calon dokter untuk bertemu ahli bedah bisa diatasi dengan kecanggihan VR. Pelatihan dengan virtual reality menciptakan ruang yang dapat diakses dari mana saja, kapan saja dan oleh siapa saja. Dalam waktu yang singkat, pelatihan sudah bisa dimulai.

Pengalaman yang Lebih Memukau

Kualitas visual yang dihadirkan konten VR terus berkembang hingga benar-benar mendekati tampilan asli di dunia nyata. Sebagai contoh, Osso VR melibatkan tim ilustrasi medis ternama yang berpengalaman dalam membuat visual film dan game. Hasilnya, platform ini mampu menghadirkan gambaran visual hyper-realistic yang imersif dan mulus.

Mudah Diakses

Akses pelatihan berbasis VR bisa dengan mudah didapatkan. VR memungkinkan calon dokter dan tim bedah masuk ke ruang operasi virtual dari mana saja. Beberapa platform latihan medis juga menawarkan konten pembelajaran lokal dengan bahasa setempat untuk mempermudah sesi pelatihan.

Kemudahan Menilai Hasil Latihan

Keberhasilan dari latihan proses operasi dapat diukur dengan mudah di platform VR. Biasanya, keberhasilan prosedur bedah sulit untuk diukur. Kegunaan virtual reality untuk simulasi bedah mencakup pengukuran hasil latihan dan menciptakan ruang untuk perbaikan di masa mendatang. Kesalahan sekecil apapun dapat diketahui dan dijadikan bahan belajar.

Pengulangan Konten Latihan

Pelatihan bedah meliputi banyak materi yang perlu dipahami oleh calon dokter. Proses ini tentunya rumit dan memperhatikan banyak detail. Dengan pelatihan tradisional, peserta pelatihan bisa saja ketinggalan informasi yang disampaikan. Dengan adanya VR, materi pembelajaran dapat diulang berkali-kali sampai paham. Kemudahan ini tentunya membuat simulasi operasi medis menjadi lebih efektif.


Itulah kegunaan virtual reality pada pelatihan operasi medis di dunia kedokteran. Virtual reality memang memiliki segudang manfaat untuk berbagai industri. Kalau kamu ingin mempelajari teknologi ini lebih lanjut, kunjungi smarteye.id untuk konsultasi gratis dan informasi lebih lanjut.

Selain Meminimalisir Malpraktik, Simulasi Operasi Medis dengan VR Juga Menguntungkan dari Aspek Ini

Nada Syafira

Jakartans who writes in exchange for mouth-watering delicacies by weekdays. A whimsical wanders who travels by weekend.