Dapat Kekuatan Super dari Augmented Reality, Mau dong! Gimana Caranya?

Dapat Kekuatan Super dari Augmented Reality, Mau dong! Gimana Caranya?

Apakah kamu familiar dengan karakter Tony Stark di film superhero Iron Man? Kini, tak hanya superhero saja yang bisa memiliki superpowers. Kamu juga bisa, lho! Perkembangan teknologi menghadirkan inovasi virtual reality (VR) dan augmented reality (AR).

Keduanya membawa banyak dampak positif saat memasuki pasar konsumen. Banyak perusahaan yang menawarkan perangkat kacamata AR/VR seperti Apple, Google, Meta, Microsoft, Samsung dan masih banyak lagi. Dengan ketersediaan teknologi yang semakin mudah untuk diakses, banyak fitur-fitur yang bisa mempermudah pekerjaan sehari-hari.

Hal ini seakan memberikan manusia kekuatan super. Penasaran hal apa saja yang bisa kamu lakukan dengan augmented reality? Artikel ini akan membahas seputar kekuatan super augmented reality yang bisa kamu rasakan di masa mendatang. Ikuti terus keseruannya ya! 

Lihat juga: “Operasi Bedah Saraf Jadi Lebih Mudah dengan Teknologi VR & AR!”

Kekuatan Super Augmented Reality

Salah satu bidang yang banyak mendapatkan dampak positif dari perkembangan AR ialah kedokteran. Dilansir dari BigThink.com, headset augmented reality diharapkan menjadi alat yang dipakai secara umum untuk pada ahli bedah, ahli radiologi dan berbagai profesi medis lainnya.

Adopsi augmented reality di dunia kedokteran menjadikan tenaga medis seolah-olah manusia berkekuatan super. Bagaimana tidak, dokter bisa memvisualisasikan gambar medis, data pasien, dan berbagai konten klinis penting lainnya. Berikut beberapa kekuatan super augmented reality yang bisa pengguna rasakan: 

Sinar X-Ray

Kekuatan super yang pertama ialah X-Ray. Dengan sinar ini, pekerja medis bisa melihat kondisi pasien, bukti trauma, dan letak sumber penyakit dalam tubuh. Alat seperti computerized tomography dan magnetic resonance imaging bisa digunakan untuk melihat ke bawah kulit.

Dengan tambahan headset dan fitur medical imaging di dalamnya, kekuatan super augmented reality dalam bentuk X-Ray menjadi kenyataan. Hal ini telah dirasakan sendiri oleh Fakultas Kedokteran Universitas Teikyo yang menguji kemampuan CT scan pada tubuh pasien di ruang gawat darurat.

Pada tim medis dibekali headset AR dan mampu melihat trauma secara menyeluruh, mendiskusikan cedera, merencanakan perawatan tanpa perlu lagi mengacu pada layar datar. Tentu, hal ini menghemat waktu, mengurangi gangguan medis berkelanjutan dan menghadirkan informasi yang lebih detail. 

AR Medis
Foto oleh Javatekno.co.id

Informasi Detail dan Akurat

Tak hanya X-Ray, AR menghadirkan konten yang membantu dokter melihat lebih jeli ke berbagai lapisan tubuh pasien. Saat melakukan prosedur rumit, ahli bedah bisa melihat isyarat navigasi yang diproyeksikan melalui kacamata secara real-time. Dengan begitu, akurasi dalam bekerja bisa ditingkatkan. 

Prosedur medis memakan lebih sedikit waktu dengan adanya perangkat AR. Hal ini cocok untuk proses pembedahan ekstrem seperti prosedur laparoskopi, endoskopi, hingga implan ortopedi. AR dapat meningkatkan ketangkasan dokter dalam menyelesaikan tugas-tugas presisi seperti pembedahan ya. 

kekuatan super augmented reality
Foto oleh Bigthink.com

Informasi Terintegrasi dan Ingatan Super

Layaknya superhero, AR bisa memberikan kekuatan ingatan yang lebih kuat dengan akses ke berbagai informasi yang kamu butuhkan. Tak hanya dalam konteks medis, informasi seperti nama dan latar belakang bisa kamu dapatkan saat bertemu dengan seseorang yang sudah lama tidak kamu temui. Tak hanya itu, AR juga bisa kamu manfaatkan untuk tranlasi bahasa saat berkomunikasi dengan orang asing. 

AR bisa terintegrasi dengan kemudahan smart home. Tak perlu ilmu sihir seperti cerita Harry Potter. Kamu bisa nyalakan lampu di ruangan lain hanya dengan gestur tangan. 

Dalam hal musik, kamu bisa ubah lingkungan sekitar menjadi sesuai dengan mood lagu. Kamu bisa bebas bernyanyi layaknya sedang ada di dalam video klip. Tentu, hal ini menjadi lebih menyenangkan dan seru ya!

Lihat juga: Augmented Reality Mining: Apakah Indonesia Sudah Siap?


Seiring dengan pesatnya kemajuan augmented reality, para pengembang perlu memperhatikan faktor keamanan dan regulasi dari teknologi ini ya. Hal ini perlu dipastikan untuk memaksimalkan kekuatan super augmented reality dapat dirasakan setiap individu dengan aman dan nyaman.

Apakah kamu sendiri tertarik untuk mencoba keseruannya? Ketahui lebih banyak inovasi augmented reality dengan membaca artikel dari smarteye.id. Cara untuk kunjungi situs resminya sangat mudah. Cukup klik di sini ya!

Dapat Kekuatan Super dari Augmented Reality, Mau dong! Gimana Caranya?

Nada Syafira

Jakartans who writes in exchange for mouth-watering delicacies by weekdays. A whimsical wanders who travels by weekend.