Semenjak kemunculannya, teknologi augmented reality telah berkembang dengan sedemikian hebatnya. Mulai dari game hingga berbagai media untuk pelatihan. Manfaat teknologi ini makin terasa saat adanya pandemi. Karena teknologi augmented reality meminimalisir interaksi fisik. Tapi, tahukah Anda dibalik semua fiturnya, ternyata ada kelebihan sekaligus kekurangan dari teknologi augmented reality. Apa saja ya?

Sebelum membahas kelebihan dan kekurangan augmented reality, mari kita bahas tentang Kegunaan Augmented Reality dalam kehidupan sehari-hari? Simak penjelasannya di sini!

Kelebihan Augmented Reality

Foto oleh Ali Pazani dari Pexels

1. Interaksi dengan objek virtual secara langsung

 Teknologi ini memungkinan pengguna dapat melakukan interaksi dengan objek virtual tersebut secara langsung. Hal ini dapat membantu mengurangi risiko berbagai pekerjaan yang berbahaya. Misalnya, pelatihan penggunaan alat-alat pertembangan. Tentu, bagi pemula, mencoba langsung di site sangat berbiaya tinggi dan berisijko besar.


2. Mudah dioperasikan

Kelebihan augmented reality lainnya adalah mudah dioperasikan. Hanya dengan smartphone teknologi augmented reality atau AR sudah dapat Anda nikmati. Mulai dari bermain game, hingga mencari tutorial make up pun bisa dilakukan. Belanja online juga makin mudah dengan AR, tak perlu khawatir salah ukuran atau salah warna kulit (untuk make up). Cukup arahkan kamera pada badan dan kulit Anda, maka platform akan memilihkan produk yang cocok untuk Anda.

3. Merender produk tertentu.

Tidak semua objek akan menunjukkan realitas tertambah, atau tambahan tulisan, gambar, atau gambar bergerak. Tapi, hanya berfokus pada objek-objek tertentu saja yang dibutuhkan. Hal ini akan membantu Anda memahami sesuatu yang perlu diinfokan.

Lihat juga: “6 Fakta Seru Pemakaian Teknologi AR di Film Ironman”


Kelemahan Augmented Reality, Memangnya Ada?

Foto oleh Tima Miroshnichenko dari Pexels

Tak cuma kelebihan, sebagai sebuah teknologi, augmented reality tentu punya kelemahan yang tidak bisa dihindari. Kelebihan dan kekurangan augmented reality adalah hal yang wajar. Kelemahan ini dapat disempurnakan dengan keberadaan teknologi lainnya. Apa saja kelemaham AR?

1. Virtual tetap Lebih Nyata

Salah satu kelemahan Augmented Reality adalah terkardang kurang nyata. Dalam arti, objek dari AR yang ditempatkan di dunia nyata, akan terlihat artificial/palsu. Terkadang seperti gambar kartun yang tiba-tiba ada di dunia nyata. Menarik, tapi tidak nyata. Hal ini membuat teknologi virtual reality, justru terlihat lebih nyata daripada augmented reality.

2. Teknologi yang berkembang saat ini lebih menguntungkan VR

Meski dinilai lebih canggih, tetap yang lebih berkembang adalah virtual reality. Mahalnya perangkat mejadi salah satu alasan mengapa AR tidak berkembang secepat VR. Kecuali untuk game, teknologi AR untuk keperluan pelatihan belum bisa terjangkau semua pihak.


3. Kurang Menyeluruh

Meski teknologi AR dapat membawa informasi, objek animasi, tutorial ke dunia namun AR tak bisa meng-capture seluruh lingkungan. Hanya bagian-bagian tertentu saja yang ditampilkan. Tentu hal ini tidak mendukung fasilitas produksi terhadap desain lingkungan secara keseluruhan. Pembuatan simulasi untuk keahlian pekerja juga tidak semudah yang dibayangkan.

Itulah kelebihan dan kekurangan augemented reality. Sebagaimana benda dan teknologi pada umumnya, kekurangan ini dapat disempurnakan seiring waktu. Kelebihannya juga dapat terus diutilisasi untuk memudahkan hidup manusia. Pelajari lebih lanjut tentang augmented reality bersama kami dengan klik tombol di bawah ini:

Pelajari AR di Sini!

Dapatkan Virtual Reality & Augmented Reality Terbaik untuk Bisnis Anda

Konsultasi gratis dari Smarteye untuk kebutuhan VR dan AR Bisnis anda.

Write a Comment

Konsultasi Gratis, untuk Anda

Beragam fitur Virtual dan Augmented Reality telah kami sediakan untuk berbagai tujuan dan kebutuhan. Ketahui mana yang terbaik untuk anda secara cuma-cuma.