Mengupas Kelebihan dan Kekurangan Mixed Reality

Mengupas Kelebihan dan Kekurangan Mixed Reality
kelebihan dan kekurangan mixed reality
Foto oleh Medium.com

Kelebihan Mixed Reality

Kelebihan dan kekurangan mixed reality tentunya menjadi pertanyaan bagi perusahaan sebelum menggunakan teknologi ini. Meskipun begitu, MR memiliki berbagai macam kelebihan. Beberapa kelebihan tersebut diantaranya adalah:

Pengaturan yang Mudah

Dengan perangkat pendukung yang sudah banyak beredar di pasaran, mixed reality mudah diterapkan. Sebelumnya, headset VR memiliki desain yang cukup rumit dan sulit untuk di-setup. Perlu ada tambahan sensor eksternal serta ketersediaan ruangan yang cukup luas. 

Perangkat MR sudah dikembangkan sedemikian rupa agar dapat berfungsi maksimal namun lebih user friendly. Sebagai contoh, Windows Mixed Reality headset dilengkapi sensor internal yang dapat melacak posisi pengguna di ruangan. Kemudahan akses dan pengoperasian perangkat ini tentu menjadi kelebihan dari MR. 

Harga yang Terjangkau

Akses untuk mendapatkan perangkat headset Windows Mixed Reality kini sudah semakin mudah. Sudah banyak pabrik yang merilis perangkat MR seperti HP, Lenovo, Dell dan lainnya. Headset MR juga sudah kompatibel dengan berbagai PC yang ada di pasaran ya. 

Headset ini juga bisa kamu beli dalam paket bundling yang sudah termasuk motion controller. Dengan harga yang terjangkau, tentu mixed reality bisa dimiliki oleh lebih banyak masyarakat luas. 

Game & Konten Melimpah

Ketersediaan konten mixed reality yang beragam ini tentu menjawab berbagai kebutuhan pengguna. Mulai dari aplikasi game hingga edukasi. Untuk permainan, kamu bisa coba mainkan Angry Birds atau The RoboRaID game.

Dalam konteks edukasi, ada aplikasi Fundamental VR untuk simulasi operasi syaraf. Selain itu, ada juga HoloAnatomy untuk pembelajaran anatomi tubuh yang lebih interaktif.

Kelebihan Mixed Reality
Foto oleh learn.g2.com

Proses Quality Assurance Lebih Cepat

Mixed reality memungkinkan perusahaan untuk membantu on-site team yang sedang bekerja. Teknologi ini dapat mengontrol kualitas pekerjaan, meminimalisir kesalahan, dan meningkatkan komunikasi dalam tim. Mixed reality bisa membantu meningkatkan mutu kualitas dalam proses produksi dengan melakukan inspeksi visual real-time dari produk.

Contohnya, semenjak mengadopsi Mixed Reality, perusahaan pesawat Airbus asal Eropa mendapatkan dampak yang signifikan. Dengan adanya Mixed Reality, pemeriksaan braket badan pesawat Airbus A380 hanya memakan waktu dari tiga minggu menjadi tiga hari. Hal ini menunjukan pengurangan waktu sebanyak 7x lipat dibandingkan dengan metode konvensional.

kelebihan mixed reality
Sumber: Microsoft News

Pelatihan Karyawan yang Lebih Efektif dan Efisien

Saat pelatihan karyawan berlangsung, perusahaan biasanya memberikan buku manual bagi karyawan untuk dipelajari. Hal tersebut tentunya membuat pelatihan menjadi kurang efektif karena karyawan harus membaca satu per satu halaman manual tersebut.

Dengan Mixed Reality, karyawan dapat menerima instruksi atau menghadiri sesi pelatihan secara virtual. Skenario ini tentunya membuat biaya pelatihan menjadi lebih rendah. Sebagai contoh, instruktur pelatihan dapat merekam modul pelatihan sebelumnya, dan dapat digunakan berkali-kali oleh karyawan.

Baca juga: Mengenal Mixed Reality dan Penerapannya di Indonesia

Kelemahan

Kelemahan Mixed Reality

Kelebihan dan kekurangan mixed reality memang beragam. Selain kelebihannya, mixed reality juga memiliki beberapa kekurangan. Diantaranya kekurangan tersebut adalah: 

Tidak Mudah Dipahami Banyak Orang

Kelebihan dan kekurangan mixed reality sangat bermacam-macam. Namun, penggunaan yang belum meluas masih menimbulkan kebingungan bagi sebagian orang. Masih banyak orang yang menyalah artikan konsep dari MR ini.

Sosialisasi untuk meningkatkan pemahaman konsep MR perlu dilakukan. Hal ini menjadi salah satu hambatan dalam menggunakan MR dalam berbagai industri. Namun, dengan kemudahan akses yang menjadi kelebihan MR, diharapkan tingkat pemahaman akan inovasi ini bisa meningkat pula. 

Membutuhkan Pelatihan Khusus 

kelebihan dan kekurangan mixed reality
Sumber: BMW Group Press Club

Selain sulit dipahami, teknologi ini membutuhkan pelatihan khusus bagi penggunanya. Hal ini dikarenakan tidak semua orang mengetahui cara menggunakan mixed reality. Karena itu, dibutuhkan pelatihan sebelumnya agar karyawan dapat menggunakan teknologi ini.

Tentu, pelatihan-pelatihan khusus akan menguras biaya tertentu. Tapi tidak menutup kemungkinan perangkat ini bisa digunakan oleh siapa saja. Terutama apabila sudah semakin banyak masyarakat yang paham dalam penggunaan MR, 

Desain 

Desain bisa menjadi kelebihan dan kekurangan mixed reality. Perangkat MR memiliki bentuk yang cukup tebal. Desain ini mungkin kurang cocok untuk penggunaan sehari-hari. Namun, tidak semua orang membenci desain ini. Bentuk kacamata yang besar ini cocok untuk digunakan pada saat tertentu. 

Desain yang ergonomis tentunya akan lebih menarik dan sesuai untuk menunjang pemakaian harian. Di masa mendatang, mungkin MR akan memiliki desain perangkat yang lebih nyaman seperti VR. Hal ini tentunya dapat dilihat dari perangkat MR yang saat ini menyerupai headset VR.


Setelah mempelajari kelebihan dan kekurangan mixed reality, kamu juga bisa pelajari lebih dalam kegunaan virtual reality dan augmented reality dalam berbagai industri. Dapatkan informasi selengkapnya pada situs resmi smarteye.id

Mengupas Kelebihan dan Kekurangan Mixed Reality

Nada Syafira

Jakartans who writes in exchange for mouth-watering delicacies by weekdays. A whimsical wanders who travels by weekend.