Kelebihan dan Kekurangan Augmented Reality, Apa Saja?

Kelebihan dan Kekurangan Augmented Reality, Apa Saja?

Informasi Penting Seputar Kelebihan dan Kekurangan Augmented Reality untuk Kamu

Semenjak kemunculan teknologi Augmented Reality (AR) yang telah berkembang sedemikian rupa. Manfaat teknologi AR makin terasa saat adanya pandemi. Teknologi AR meminimalisir interaksi secara fisik dengan fitur yang ada didalamnya. Tapi, tahukah kamu dibalik semua fiturnya, ternyata terdapat kelebihan dan kekurangan augmented reality. Apa saja ya kira-kira?

Sebelum membahas kelebihan dan kekurangan augmented reality, mari kita bahas tentang Kegunaan augmented reality dalam kehidupan sehari-hari? Simak penjelasannya di sini!

Kelebihan Augmented Reality

kelebihan augmented reality
Foto oleh Ali Pazani dari Pexels

Interaksi dengan objek secara langsung

Kelebihan pada teknologi ini yaitu memungkinan pengguna untuk melakukan interaksi dengan objek virtual tersebut secara langsung. Augmented Reality dapat membantu visualisasi objek atau subjek sesuai ukuran aslinya. Sehingga interaksi terhadap suatu objek yang dibentuk secara virtual dapat dioptimalisasi dan lebih menarik.

Mudah dioperasikan

Kelebihan teknologi AR lainnya yaitu mudah dioperasikan. Hanya dengan smartphone, kamu sudah bisa menikmati teknologi augmented reality. Mulai dari bermain game, hingga mencari kebutuhan makeup melalui fiilter bisa dilakukan.

Caranya pun mudah, cukup arahkan kamera pada wajah, maka aplikasi AR pilihan akan memilihkan produk atau warna yang cocok untuk kamu. Tidak hanya itu, terdapat juga fitur 3D rendering product yang dapat memproyeksikan sebuah objek secara 3 dimensi.

Meningkatkan pemasaran online maupun campaign produk

Kelebihan AR lainnya yaitu dapat meningkatkan kegiatan pemasaran online maupun campaign produk yang kamu lakukan. Dengan memperkenalkan sebuah produk dengan cara yang berbeda dan menarik melalui AR. Sehingga, pengguna juga akan lebih tertarik dalam mencoba dan melihat produk yang dikampanyekan secara virtual.

Kelemahan Augmented Reality, Memangnya Ada?

kekurangan augmented reality
Foto oleh Tima Miroshnichenko dari Pexels

Tak cuma kelebihan, sebagai sebuah teknologi, augmented reality tentu punya kelemahan yang tidak bisa dihindari. Kelebihan dan kekurangan augmented reality adalah hal yang wajar. Kelemahan ini dapat disempurnakan dengan keberadaan teknologi lainnya. Apa saja kelemahan pada augmented reality?

Ketidaksesuaian Objek Aslinya

Salah satu kelemahan Augmented Reality yaitu hasil yang terkadang terlihat kurang nyata. Artinya, objek dari teknologi AR yang ditempatkan di dunia nyata, akan terlihat tidak terlalu sesuai dengan objek aslinya. Terkadang bentuk AR yang dikembangkan juga memiliki kualitas yang tidak sesuai dengan objek aslinya. Sehingga kualitas gambar yang dihasilkan juga terkadang masih belum maksimal.

Kurang Menyeluruh

Meski teknologi AR dapat membawa informasi, objek animasi, dan tutorial ke dunia namun AR tidak dapat menangkap seluruh lingkungan yang terlihat. Hanya bagian-bagian tertentu saja yang ditampilkan. Itulah yang membuat nilai minus pada teknologi AR.


Itulah kelebihan dan kekurangan augmented reality. Sebagaimana benda dan teknologi pada umumnya memiliki kekurangan. Dimana, kekurangan dapat disempurnakan seiring waktu. Kelebihan suatu teknologi juga dapat terus di utilisasi untuk menunjang teknologi AR kedepannya.

Teknologi AR tidak hanya mengobjektifikasi suatu benda, tetapi juga dapat menggabungkan artificial intelligence dalam menghadirkan AR yang lebih menarik. Jadi, setelah membaca topik diatas, apakah Anda tertarik untuk menerapkannya? Pelajari lebih lanjut tentang augmented reality bersama smarteye.id.

Kelebihan dan Kekurangan Augmented Reality, Apa Saja?

Asri Amanta

I swear Shinji and Kaworu are meant to be for life. The one behind all of smarteye.id's digital and content marketing strategy.