Beberapa tahun belakangan ini, banyak perusahaan yang menggunakan virtual reality manufaktur. Ini dikarenakan teknologi ini sangat menguntungkan bagi perusahaan. Seperti apa ya kira-kira virtual reality manufaktur itu?

Sebelum membahas tentang virtual reality manufaktur, akan dibahas terlebih dahulu apa itu virtual reality. Virtual reality (disingkat sebagai VR) adalah sebuah teknologi yang mampu membawa pengguna kedalam dunia virtual. Di dalam dunia virtual tersebut, pengguna dapat menjelajahi serta melakukan interaksi dengan berbagai hal yang ada disana.

Alat yang perlu dipakai oleh pengguna adalah headset dan konsol virtual reality. Headset berfungsi untuk membuat pengguna merasa berada di dunia virtual. Sementara itu, konsol berfungsi sebagai controller sehingga pengguna dapat melakukan berbagai interaksi disana.

Seperti bermain video gim, pengguna akan dibawa ke dalam dunia virtual dan melakukan berbagai hal disana. Jika sebuah video gim memiliki sebuah cerita, biasanya virtual reality manufaktur tidak memiliki sebuah cerita, hanya saja ada beberapa misi yang harus dilakukan oleh pengguna untuk melatih diri sendiri.

Perusahaan terkenal seperti Walmart, Porsche, dan Henkel merupakan tiga dari banyak perusahaan yang telah menerapkan VR training bagi karyawannya. Walaupun seperti banyak pelatihan lainnya VR training memiliki kelemahan, namun lebih banyak kelebihan yang di dapat bagi pengguna VR training. Apa saja ya kelebihan dan kelemahannya?

Source: X-Tech

VR training banyak diperuntukan bagi karyawan yang bekerja di bidang perakitan dan perawatan. Ini dikarenakan banyak sekali bagian yang harus dihafalkan dan dipahami oleh karyawan. Dengan menggunakan pelatihan virtual reality, karyawan akan dengan mudah menghafal dan memahami kegunaan dari setiap bagian-bagian sebuah mesin.

Jika melakukan pelatihan virtual reality, perusahaan tidak perlu membongkar sebuah mesin untuk menunjukan bagian-bagian dalam agar karyawan memahami betul. Perusahaan hanya perlu menugaskan karyawan pelatihan untuk menggunakan headset virtual reality dan melakukan penjelajahan dalam dunia virtual tersebut. Di dalam dunia virtual tersebut, dapat ditunjukan secara real bagian-bagian dan kegunaan pada suatu mesin yang harus dipahami karyawan.

Ditambah lagi, karyawan dapat mencoba memegang setiap bagian mesin dan bahkan menjalankannya. Dengan begini, karyawan dapat merasakan secara langsung dan tidak hanya mengira-ngira berdasarkan materi yang diberikan oleh perusahaan. Inilah sebabnya mengapa beberapa tahun belakangan ini virtual reality sangat digemari oleh banyak perusahaan.

Karena virtual reality manufaktur merupakan suatu hal virtual, maka akan lebih aman digunakan ketimbang melakukan pelatihan secara langsung di dunia nyata. Dalam sebuah pelatihan, pasti karyawan baru akan dites dengan mempraktekan apa yang telah dipelajarinya. Saat praktek tersebut, apalagi di lapangan, ada banyak kemungkinan karyawan akan mengalami cedera akibat salah mengoperasikan suatu mesin hingga ia melukai dirinya sendiri atau bahkan karyawan lain.

Karena alasan ini pula banyak perusahaan yang mulai melirik dan bahkan sudah menerapkan teknologi ini. Dengan melakukan VR training, suatu perusahaan dapat meminimalisir kecelakaan saat pelatihan yang tentu tidak diinginkan.

Selain lebih aman untuk keselamatan para karyawan pelatihan, virtual reality manufaktur juga lebih hemat dibandingkan pelatihan konvensional. Mungkin ketika suatu perusahaan akan menggunakan VR, biaya yang dikeluarkan cukup banyak. Namun sebenarnya, hal ini tidak 100% benar.

Source: Sky Fun VR

Banyak perusahaan yang telah menggunakan virtual reality manufaktur merasa terbantu sekali dalam hal keuangan. Menurut perusahaan-perusahaan tersebut, VR training telah membantu mereka memangkas anggaran karena tidak takut jika karyawan melakukan kesalahan. Kalau dengan pelatihan konvensional karyawan akan merugikan perusahaan secara materiil (merusak barang), maka hal ini sangat dapat diminimalisir.

Tidak hanya itu, perusahaan yang telah menggunakan training yang canggih ini juga mengatakan bahwa modal mereka kembali dalam waktu kurang dari 6 bulan. Ditambah lagi, terjadi peningkatan keuntungan yang cukup drastis setelah mereka mengimplementasikan virtual reality dalam perusahaan mereka.

Karyawan yang sedang melakukan pelatihan virtual reality juga dapat berlatih kapanpun mereka mau. Tidak harus menunggu mentor di jam tertentu dan mengantri, karyawan hanya perlu memakai VR headset dan juga konsol lalu dengan sendirinya dapat berlatih mandiri. Dengan begini, perusahaan akan lebih untung karena dapat menghemat tenaga kerja dan waktu.

Namun, semua hal pasti memiliki kelemahan atau kekurangan. Virtual reality manufaktur juga tak luput dari kelemahan. Walaupun begitu, kelemahan ini masih bisa diatasi, kok!

Bagi karyawan yang tidak terbiasa menggunakan headset VR, mungkin akan merasa pusing, tidak nyaman, dan pegal layaknya sedang menaiki perahu di laut. Ini disebabkan karena tubuh manusia perlu waktu untuk beradaptasi dengan hal baru. Namun, hal ini dapat berangsur hilang jika seseorang sudah terbiasa menggunakan headset VR.

Kelemahan yang kedua adalah harus memiliki tempat yang luas ketika menggunakan headset VR untuk VR training. Karena karyawan akan memasuki dunia virtual, sangat besar kemungkinan tata letak di dunia virtual tersebut jauh berbeda dengan dunia asli (kantor atau lapangan tempat karyawan training). Jika ruangan atau tempatnya tidak luas, seseorang dapat dengan mudah menabrak dan tersandung sesuatu seperti meja, kursi, atau dinding.

Tentunya, hal ini sangat bisa diatasi dengan cara mengosongkan area VR training. Selain untuk meminimalisir kecelakaan bagi karyawan, area VR training yang luas juga dapat membantu karyawan untuk menjelajahi lebih jauh dunia virtual.

Virtual reality manufaktur sangat sering digunakan untuk karyawan yang bekerja di bagian perakitan dan perawatan. Untuk itu, aplikasi VR harus dibuat sesederhana mungkin dan dapat dipakai oleh banyak pihak tanpa perubahan yang signifikan. Ini juga merupakan salah satu kelemahan teknologi ini karena satu aplikasi kemungkinan hanya dapat diperuntukan bagi suatu tipe pekerjaan.

Namun jangan khawatir, desain untuk VR training sangat memungkinkan sekali untuk dirancang sesuai kebutuhan setiap klien. Untuk itu, konsultasikan model industri Anda agar kami dapat merancang keinginan Anda. Ceritakan model industri Anda secara bebas, agar kami bisa ketahui kelebihan dan kekurangan teknologi dan memberikan solusi yang tepat!

Sumber Artikel: Safeintek 1 Safeintek 2 VR Direct Eon reality

[Ditulis oleh Toska Dhia A.]

Dapatkan Virtual Reality & Augmented Reality Terbaik untuk Bisnis Anda

Konsultasi gratis dari Smarteye untuk kebutuhan VR dan AR Bisnis anda.

Write a Comment ...

Konsultasi Gratis, untuk Anda

Beragam fitur Virtual dan Augmented Reality telah kami sediakan untuk berbagai tujuan dan kebutuhan. Ketahui mana yang terbaik untuk anda secara cuma-cuma.