logo

Musisi Ternama Yang Tampil Melalui Konser Extended Reality

Musisi Ternama Yang Tampil Melalui Konser Extended Reality

Berikut Informasi Buat Kamu Musisi Ternama Yang Menggelar Konser Extended Reality (XR) 

Dengan terus berkembangnya teknologi VR, AR dan MR, hal tersebut menghadirkan teknologi terapan baru yaitu Extended Reality (XR), yang menggabungkan ketiga teknologi tersebut. Extended Reality atau XR merupakan teknologi yang membuat subyek atau obyek dapat berinteraksi secara imersif dengan lingkungan virtual yang telah dirancang. 

Ini yang membedakan teknologi XR dengan VR, dimana teknologi XR tidak hanya menghadirkan konser secara virtual saja. Namun, teknologi tersebut juga menghadirkan teknologi AR dan MR saat musisi tampil, kemudian virtual background yang lebih imersif dan melalui rendering yang canggih. 

Teknologi XR telah banyak diterapkan di beberapa industri, seperti industri perfilman, games dan juga industri konser musik. Dalam dua tahun terakhir, beberapa musisi ternama dunia telah menerapkan konser extended reality, lho! Yuk, kita simak siapa saja musisi ternama yang melakukan konser dengan teknologi XR ini. 

Baca juga: Teknologi Extended Reality Yang Diidamkan 

BTS 

Konser Extended Reality BTS
Foto oleh Medium

Boyband  ternama BTS mengadakan dua konser online bertajuk “Map of the Soul One” tahun 2020 lalu akibat pandemi COVID-19. Ini merupakan pertama kalinya Army dapat melihat penampilan penuh di album terbaru mereka, Map of the Soul: 7 secara virtual.

BTS tampil sangat memukau melalui konser extended reality ini. Teknologi XR membuat beberapa bagian panggung tampil spektakuler, dan membuat seolah-olah penonton berada di lokasi yang berbeda. Dalam konser tersebut, BTS juga menampilkan para Army yang sedang menonton secara virtual.

Billie Eilish 

Konser Extended Reality Billie Eilish
Foto oleh XR Studios

Musisi ternama Billie Eilish juga mengadakan konser XR bertajuk Where Do We Go tahun 2020 lalu. Konser ini dilakukan secara live streaming di XR Studios Hollywood

Hasil produksi konser Billie Eilish ini sangat menarik dan interaktif. Salah satunya dengan latar belakang dan panggung yang dapat berganti tema sesuai dengan konsep lagu yang dibawakan. Contohnya seperti Billie Eilish yang berada di sebuah taman dan membawakan lagu My Future, dimana latar belakang panggung ini sesuai dengan konsep musik video lagu tersebut

JBalvin 

​​

Konser Extended Reality J Balvin
Foto oleh Billboard

Pemenang empat kali Grammy Award, J Balvin juga tampil pada konser XR yang bekerjasama dengan Fortnite pada malam Halloween tahun 2020 lalu. Konser XR bertajuk Halloween Party Royale ini menjadi pertunjukan pertama yang menggabungkan games, artis dan teknologi XR.

Tidak hanya panggung yang dapat berubah, layar yang ditampilkan saat konser juga menampilkan avatar yang sedang menonton. Sangat canggih bukan teknologi XR ini?

Bryson Tiller

Konser Extended Reality Bryson Tiller
Foto oleh Robe

TRAPSOUL Series merupakan konsep konser yang diadakan Bryson Tiller. Pertunjukan konser ini ditayangkan perdana langsung pada platform digital streaming premium, Moment House.

Keseluruhan pertunjukan panggung bertemakan kaleidoskopik enam dunia yang berbeda. Di mana Bryson Tiller berdiri di atas panggung dan tema di sekitarnya akan berubah menyesuaikan lagu dan suasana, sesuai dengan konsep album Bryson Tiller.


Wah, sangat menarik dan seru bukan teknologi XR ini? Dengan adanya konser extended reality ini, tidak hanya memberikan pengalaman menarik. Namun memberikan konsep yang berbeda secara imersif, interaktif dan pastinya lebih efisien. 

Kamu juga dapat menggunakan teknologi VR dan AR sesuai kebutuhan bisnis kamu, lho! smarteye.id sebagai penyedia jasa VR AR terbaik juga telah bekerjasama dengan Metanesia dalam membentuk konser virtual dan kami siap dalam mewujudkan idemu!

Musisi Ternama Yang Tampil Melalui Konser Extended Reality

Margaret Wuwur

Besides analyzing data, data, data. Sometimes I write too, somewhere and sitting on a black chair.