Akhirnya Nikon Kerja Sama dengan Microsoft buat Platform Konten Virtual Reality!

Akhirnya Nikon Kerja Sama dengan Microsoft buat Platform Konten Virtual Reality!

Pernahkah kamu mencoba memainkan game Batman: Arkham VR atau Resident Evil 7: Biohazard? Atau mungkin kamu sempat menghadiri VRIFEST Infina Virtual Reality Festival pada 2020 lalu? Kedua hal ini merupakan contoh konkret dari teknologi virtual reality dalam industri hiburan.

Tidak dapat dipungkiri bahwa virtual reality (VR) sudah semakin dirasakan keberadaanya di berbagai industri. Konten virtual reality atau VR yang menarik menjadi solusi hiburan seru. Tak hanya hiburan, VR juga bisa digunakan untuk melatih pegawai kantor baru, memberikan materi pembelajaran bidang kedokteran, juga untuk meeting virtual saat situasi pandemi COVID-19 melanda. 

Melihat banyaknya kebutuhan konten VR, Nikon menciptakan wadah kreatif agar kreator bisa lebih banyak menciptakan konten virtual reality. Penasaran bagaimana caranya? smarteye.id akan membahas lebih lanjut mengenai inovasi Nikon dalam memfasilitasi pembuatan konten 3D. Simak selengkapnya di bawah ini ya! 

Lihat juga: “VR Experience Terbaik yang Bisa Kamu Coba”

Konten Virtual Reality dengan Nikon Creates

Maraknya pemakaian VR tak hanya menarik pengguna untuk merasakan pengalaman baru. Perusahaan juga berlomba-lomba membuat konten virtual reality yang up-to-date sesuai dengan kebutuhan industri masing-masing.

Kalau kamu sudah pernah menikmati teknologi VR, mungkin kamu bertanya, bagaimana ya cara membuatnya? Bagaimana proses pembuatan materi VR sehingga dapat menarik pengguna? Perusahaan multinasional asal Jepang, Nikon, hadir untuk memberikan solusi kepada kreator yang ingin membuat konten 3 dimensi. 

Nikon telah membuat anak perusahaan bernama Nikon Creates Corporation yang berpusat di Jepang sejak April 2022. Anak perusahaan ini akan fokus pada bisnis perencanaan, perekaman, produksi konten. Nikon berfokus untuk memfasilitasi pembuatan video dalam level korporasi.

Demi mewujudkan hal diatas, Nikon Creates bekerjasama dengan Mixed Reality Capture Studios dari Microsoft. Kerjasama ini melengkapi Nikon dengan peralatan berteknologi canggih untuk menghasilkan konten 3D berkualitas tinggi. 

Konten Virtual Reality
Foto oleh PetaPixel

Diversifikasi Konten Virtual Reality 

Anak perusahaan Nikon ini menawarkan fasilitas pembuatan video dengan peralatan kelas atas yang lengkap. Pada musim gugur tahun 2022, fasilitas ini akan dibuka di Heiwajima, Ota-ku, Tokyo. Diantara pilihan konten 3 dimensi yang bisa diproduksi antara lain seperti volumetric videos dan produksi konten virtual reality. 

Kalau kamu belum tahu, volumetric video sendiri adalah teknik penangkapan gambar 3 dimensi secara real-time. Dengan teknik ini, kamu bisa menangkap volume dari benda, makhluk hidup maupun lingkungan sekitar yang bisa kamu nikmati dalam bentuk 3D. Kamu bisa nikmati hasil tangkapan gambar pada dunia virtual berbasis web maupun mobile. 

Production center Nikon Creates menawarkan kemampuan penangkapan gambar dan proses synthesizing untuk konten bergerak. konten tersebut direkam pada latar belakang berbasis grafis komputer maupun green screen agar tampak lebih mulus.

Dengan menyediakan wadah untuk kreator memperluas kreativitas dalam pembuatan konten, Nikon telah berkontribusi pada pengembangan VR secara meluas. Teknologi canggih yang ditawarkan dapat membantu pembuatan konten iklan, hiburan dan lainnya. 


Apakah kamu pemilik bisnis maupun badan usaha dan ingin memanfaatkan teknologi virtual reality? Kamu bisa buat konten virtual reality dengan smarteye.id. Dapatkan konsultasi gratis mengenai virtual reality maupun augmented reality. Manfaatkan konten virtual ini untuk tingkatkan sales, buat konten marketing yang lebih menarik, maupun sebagai simulasi pelatihan karyawan baru. Jika kamu tertarik, kunjungi situs smarteye.id ya!

Akhirnya Nikon Kerja Sama dengan Microsoft buat Platform Konten Virtual Reality!

Nada Syafira

Jakartans who writes in exchange for mouth-watering delicacies by weekdays. A whimsical wanders who travels by weekend.