Sedang mencari headset VR? Baca sampai habis ulasan headset VR terbaik yang akan menjadikan aktivitas virtual Anda menjadi lebih nyata berikut ini.

Ada 3 Jenis headset VR yaitu tethered VR, standalone VR dan mobile VR yang bisa Anda pilih. Pada tiap jenisnya, telah kami rangkum bagi Anda headset VR terbaik di 2020 ini. Selamat memilih!

A.   Headset VR Terbaik – Tipe Tethered

Ada 4 headset VR terbaik tipe ini yang kami rekomendasikan, antara lain:

1.    HTC Vive Cosmos

HTC Vive Cosmos ini merupakan versi upgrade dari Vive Headset yang menyajikan resolusi lebih tinggi, dan menggantikan external base stations dengan kamera menghadap keluar untuk pelacakan gerakan.

Paket yang ditawarkan salah satu headset VR terbaik ini lengkap untuk whole-room VR, namun harganya dapat dikatakan mahal jika dibandingan dengan Oculus Rift S yang menawarkan performa serupa. Sistem VR PC-tethered seperti Vive Cosmos ini memerlukan banyak energi, dengan HTC yang direkomendasikan minimal Intel Core i5-4590 CPU dan GeForce GTX 970 GPU.

2.    Oculus Rift S

Oculus Rift merupakan nama besar pertama dalam gelombang kemunculan VR, dan Oculus masih senantiasa merupakan pemain utama dalam headset VR.  Oculus Rift S ini memiliki resolusi yang lebih tinggi dibandikan Vive. Namun tidak setinggi Vivo Pro, maupun Oculus Quest, dan lebih baru juga pengendali gerakan Oculus Touch lebih ringan. Walau begitu, Oculus Rift S memerlukan DisplayPort. Jika PC Anda hanya memiliki output HDMI, kamu mungkin perlu memburu Rift sebelumnya dan menggunakan kabel ekstra.

Adapun pada The Oculus Store memili beragam gim VR yang fantastis, seperti SteamVR. Kamu juga bisa menggunakan gim SteamVR dengan Rift.

3.    Sony Playstation VR

Kehadiran Sony Playstation VR sangatlah menarik berkat dukungan pengembangan dari Sony, juga keterjangkauan dan ketersediaan dari PlayStation 4 dibandikan dengan PC gaming.

Yang Anda butuhkan hanyalah headset, Playstation 4, dan PlayStation Camera (sekarang termasuk dalam bundel PlayStation VR). Terdapat beragam permainan luar biasa pada PlayStation VR seperti Moss, Rez Infinite, Until Dawn : Rush of Blood yang dikembangkan oleh Sony serta developer lainnya yang menggarap beberapa permainan lagi (termasuk VR Five Bights at Freddy).

Beragam permainan PlayStation VR yang menggunakan DualShock4, sehingga Anda bahkan tidak memerlukan kontrol gerak. Namun, kontrol gerak itu sendiri merupakan ketertinggalan PlayStation VR, dimana headset masih menggunakan PlayStation Move wands dari era PlayStation 3, dan headset ini belumlah secakap serta senyaman pengendali Oculus Touch. Harganya pun mahal dan tidak selalu termasuk dalam bundel PlayStation VR.

4.    Windows Mixed Reality

Microsoft bersama para mitranya yang merupakan produsen headset telah memproduksi serangkain headset Windows10-Ready “Mixed Reality”. Perbedaan antara Virtual Reality dan Mixed Reality sejauh ini meragukan namun hal ini mengindikasikan integrasi dari teknologi Augmented Reality (AR) dengan menggunakan kamera pada helm. Beberapa mitra Microsoft dalam program Mixed Reality ini yaitu Acer, Dell, HP, Lenovo dan Samsung.

Dari beragam headset ini, hardware-nya bagus dan pengaturannya sederhana, namun pelacakan posisi tidak seakurat tethered headset dengan sensor eksternal atau kamera pelacak outward-facing dari Rift S’s yang baru. Selain itu, Windows Mixed Reality Store tidak memiliki banyak pengalaman VR yang menarik seperti Rift & Steam VR Store, walapun Anda dapat menggunakan game steam VR pada headset Windows Mixed Reality dengan software wrestling. Windows Mixed Reality memang memiliki satu hal untu k itu meskipun resolusi tertinggi pada pengguna VR dengan HP Reverb pada 2,160 demi 2,160 pixels untuk tiap mata.

B.    Headset VR Terbaik – Tipe Standalone

Sekarang berikut ini ulasan untuk 2 Headset VR terbaik dengan tipe standalone.

1.    Oculus Go

Oculus Go sangat tepat bagi Anda yang hendak menikmati dunia VR dengan harga terjangkau. Headset VR ini berharga $200, lebih mahal jika dibandingkan headset VR tipe mobile bedanya untuk menggunakan Oculus Go, Anda tidak memerlukan smartphone kompatibel yang biasanya mahal.

Investasi $200 ini membuat Anda langsung menikmati pengalaman VR seperti VR Gear, lengkap dengan pengontrol intuitif. Hal ini menjadikan harganya bisa dikompromi, seperti menggunakan prosesor Snapdragon 821 dan hanya menawarkan pelacakan gerakan 3DOF, namun masih cukup untuk mencoba Netflix pada layar teater virtual atau bermain Settlers of Catan pada VR.

2.    Oculus Quest

Harga Oculus Quest lebih mahal 2x lipat dibandingkan Oculus Go, tapi hal ini sangat sesuai dengan spesifikasi yang diberikan. Headset VR ini memiliki prosesor Snapdragon 835 yang tentunya kuat dengan layar OLED yang lebih tajam. Yang lebih penting lagi, headset VR Oculus Quest ini memberikan pelacakan gerakan 6DOF yang penuh dengan pengendali gerakan ganda. Pengendali Oculus Touch ini pun sama dengan Oculus Rift S.

Beberapa permainan yang sangat menarik dapat Anda temui di Oculus Quest seperti Beat Saber dan Superhot VR yang akan memberikan pengalaman mengesankan bagi Anda. Selain itu, Headset VR Oculus Quest pun merupakan satu-satunya platform VR yang dapat menggunakan ‘Spatial’, yaitu sebuah layanan telekonferensi VR baru yang menarik dan aksesnya gratis bagi konsumen.

3.    Lenovo Mirage Solo With Daydream

Headset VR terbaik satu ini merupakan versi Google Daydream dari Oculus Quest. Keduanya memiliki prosesor Snapdragon 835, juga kamera yang menghadap keluar untuk pelacakan posisi 6DOF headset itu sendiri, tapi hanya meliputi pengontrol gerak 3DOF tunggal yang membatasi kemampuannya. Hal ini membuatnya terasa seperti setengah Go dan Quest yang menggunakan platform Google Daydream, bukan Oculus, sehingga menjadikannya kurang semenarik headset standalone lain.

C.    Headset VR Terbaik – Tipe Mobile

Sudah 2 tipe headset VR yang dibahas di atas, dan berikut ini merupakan ulasan 2 headset VR terbaik dengan tipe mobile.

1. Google Daydream

Sebagaimana yang mungkin telah diketahui bahwa Google dan Samsung merupakan nama besar dalam VR mobile, dengan Google Cardboard dan Daydream View serta deretan perangkat headset  VR Samsung. Headset VR ini digunakan bersama ponsel andalan Google dan Samsung seperti Pixel 3, dan Galaxy S9.

Google sendiri terus support pengembangan Daydream View. Headset VR ini memberikan pengalaman 3DOF VR yang fungsional, hanya dengan harga $ 60 hingga $ 130.

2.    Nintendo Labo VR Kit

Seri Nintendo Labo VR Kit ini sangat menarik dimana Anda sendiri yang akan membuat headset VR mobile ini menggunakan cardboard, seperti headset Google Cardboard versi lama, dimana kamu juga bisa memasukkan Nintendo Switch. Kemudian Anda juga membangun pengontrol lain seperti kamera maupn blaster, kemudian menempatkannya pada headset untuk bermain game. Hal ini sungguh menyenangkan dan menarik.

Labo VR Kit ini sebagian besar menyediakan kontrol gerak 3DOF, dan layar 720p Switch memberikan grafik VR yang paling sederhana. Namun, sebagai sebuah produk, Nintendo Labo VR kit ini sangat sesuai sebagai alat kerajinan bagi anak-anak yang ingin belajar tentang VR dan pengembangan game.

Sekian ulasan mengenai headset VR terbaik 2020. Semoga bermanfaat. Anda juga bisa menikmati wisata-wisata menarik VR tour di #JalanJalandiRumahAja

Dapatkan Virtual Reality & Augmented Reality Terbaik untuk Bisnis Anda

Konsultasi gratis dari Smarteye untuk kebutuhan VR dan AR Bisnis anda.

Write a Comment ...

Konsultasi Gratis, untuk Anda

Beragam fitur Virtual dan Augmented Reality telah kami sediakan untuk berbagai tujuan dan kebutuhan. Ketahui mana yang terbaik untuk anda secara cuma-cuma.