Teknologi Lensa Kontak Augmented Reality Dapat Menjadi Kenyataan!

Teknologi Lensa Kontak Augmented Reality Dapat Menjadi Kenyataan!

Augmented reality atau AR sudah tidak diragukan lagi manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Teknologi ini dapat menghadirkan gambaran virtual pada lingkungan nyata yang berdampak positif bagi berbagai industri. Bahkan, brand besar seperti Apple dan Google dikabarkan tengah mempersiapkan perangkat headset dengan teknologi augmented reality. Kedua headset ini mengusung desain seperti kacamata tebal yang terkoneksi dengan komputer atau laptop. Desain ini mungkin mirip dengan perangkat headset VR yang sudah beredar lebih dahulu di pasaran. Perangkat kacamata seperti ini memang canggih, namun masih terkesan tebal dan kurang ergonomis. 

Untuk pengalaman yang lebih nyaman, Mojo Vision hadir dengan inovasi lensa kontak augmented reality. Terdengar canggih bukan? Kira-kira seperti apa ya kinerjanya? Jangan lewatkan informasi menarik yang satu ini! 

Lihat juga: “Pengaruh Augmented Reality pada 4 Industri Besar di Dunia”

Mojo Vision Bantu Atasi Masalah Pengelihatan 

Sejak 2020, Mojo Vision telah berinvestasi pada pengembangan perangkat lunak untuk Mojo Lens. Perangkat ini merupakan lensa kontak augmented reality yang dapat menghidupkan kemampuan “invinsible computing”. Istilah ini merupakan pengalaman komputasi di mana informasi akan tersedia hanya saat dibutuhkan saja. Pengalaman ini memungkinkan pengguna untuk mengakses informasi secara tepat waktu. Pengguna tidak perlu melihat ke bawah layar atau mengalihkan fokus dari lingkungan sekitar karena informasi berada tepat di depan mata.

Fitur yang disematkan pada lensa diantaranya tampilan komunikasi, pelacakan mata, dan sistem daya yang lebih baik. Mojo Lens dibuat untuk membantu orang-orang dengan daya pengelihatan rendah. Perangkat ini secara medis dapat menolong pasien melihat lebih baik, seperti untuk melihat rambu-rambu jalan.

Steve Sinclair selaku wakil presiden senior produk dan pemasaran dari Mojo Vision mengatakan bahwa perangkat ini tidak dianggap sebagai produk, melainkan prototipe. Lensa kontak pintar ini dioptimalkan dengan berbagai elemen yang dapat memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna.

Penggunaan Augmented Reality Lenses untuk Atlet

Selain untuk membantu pasien dengan daya lihat rendah, Mojo juga mengembangkan komputasi tak terlihat untuk membantu kinerja atlet. Perusahaan ini memiliki hubungan kemitraan dengan Adidas Running dan berkolaborasi dalam menawarkan pengalaman hands-free yang menakjubkan. Kolaborasi ini dibentuk guna membantu atlet mendapatkan akses data yang lebih baik. Atlet dapat tetap fokus pada latihan tanpa harus terganggu perangkat tradisional. Kinerja maksimal dapat tercapai tanpa perlu harus berulang kali menghentikan latihan ya. 

Lensa Kontak Augmented Reality
Foto oleh Mojo Vision

Cara Kerja Mojo Lens

Prototipe Mojo Lens sudah dibuat sejak 2019. Namun, ada beberapa pengembangan yang dilakukan agar membuat lensa ini lebih lengkap lagi. Sebelumnya hanya ada beberapa kemampuan tampilan dan komputasi dasar saja. Kini, perubahan besar seperti peralihan daya nirkabel menjadi sistem baterai onboard sudah diterapkan. Produk dirancang agar tidak terlihat seperti peralatan elektronik, melainkan bagian dari mata pengguna. Oleh karena itu, sensor pelacak mata dibuat lebih presisi dengan mata pengguna.

Untuk menghadirkan informasi penting, augmented reality lenses ini menggunakan layar microLED yang ukurannya hanya sebesar butiran pasir saja, lho! Sensor pintar mampu berfungsi dengan bantuan tenaga dari baterai solid-state.

Solusi AR ini dapat kamu gunakan untuk melihat jalan setapak saat bermain ski di pegunungan, mendapatkan informasi kecepatan lari saat berolahraga, hingga membaca poin pembicaraan untuk presentasi. Semua ini dapat kamu lakukan secara diam-diam, seakan tidak sedang mendapatkan informasi apapun ya. Wearable device dengan tampilan yang tak telihat ini dapat memberikan informasi secara hands-free. Kamu tetap dapat beraktifitas dengan fokus, deh!

Lihat juga: Tingkatkan Skill Karyawan Manufaktur Melalui Augmented Reality

Augmented Reality Lenses
Foto oleh Mojo Vision

Lensa kontak augmented reality dapat membantu aktivitas atletik, bisnis, hingga rekreasi. Sungguh beragam bukan manfaat dari perangkat ini? Teknologi augmented reality dapat memudahkan kehidupan sehari-hari. Apalagi dengan inovasi perangkat yang bisa langsung dipakai di mata. Menarik bukan? Ketahu lebih banyak informasi pengembangan augmented reality dan virtual reality dengan kunjungi situs smarteye.id.

Teknologi Lensa Kontak Augmented Reality Dapat Menjadi Kenyataan!

Nada Syafira

Jakartans who writes in exchange for mouth-watering delicacies by weekdays. A whimsical wanders who travels by weekend.