Di masa yang berkembang pesat ini, banyak teknologi terkini yang dapat dinikmati oleh khalayak dengan berbagai macam manfaat dari fitur yang telah disediakan, tentunya untuk memudahkan para pengguna.

Salah satu penemuan yang terkemuka adalah Augmented Reality atau AR. Teknologi ini dapat menggabungkan dunia nyata dengan objek maya 2D atau 3D dengan bantuan perangkat khusus, bisa dengan kacamata headset atau aplikasi khusus secara real time atau live.  

Lalu, apa bedanya dengan Virtual Reality atau VR? AR dapat menggabungkan dua dunia secara real time, namun VR biasanya hanya dipakai untuk bermain game atau mengunjungi sebuah tempat 2D, 3D, atau nyata lewat Google Street View namun tidak real time.

Maka dari itu, AR memiliki manfaatnya sendiri untuk pengguna. Salah satunya pada saat bermain game interactive seperti Pokémon GO bahkan di dunia pemasaran sebuah produk. Banyak perusahaan yang sudah melirik AR sebagai salah satu fitur yang ditawarkan, salah satunya di bidang furnitur. Sudah tidak perlu khawatir lagi tentang adanya pengembalian barang karena pembeli tidak dapat memperkirakan ukuran sebuah sofa karena ada fitur AR ini.

Perusahaan membutuhkan AR sebagai salah satu jalan agar dapat berinteraksi dengan calon pelanggan dengan cara baru, yaitu melewati perangkat interaktif. Seeperti kasus di atas, banyak kejadian salah beli atau bahkan harus pergi ke showroom hanya untuk memeriksa keadaan fisik sebuah produk. Hal itu dapat menyulitkan pelanggan jika toko atau showroom terdekat membutuhkan waktu untuk ditempuh.

Untuk mengetahui lebih lanjut manfaat Augmented Reality untuk memperbarui marketing brand Anda, simak daftar di bawah ini:

Calon Pelanggan Dapat Mencoba Sebelum Bertransaksi

Tidak jarang untuk calon pelanggan sulit untuk mengambil keputusan karena. Pilihan yang disediakan perusahaan pun cenderung harus banyak variasi agar menarik, menghasilkan keputusan bahwa sebuah toko harus menyiapkan banyak stok fisik yang ada. Namun, tidak perlu seperti itu lagi dengan VR. Contohnya seperti pembelian furniture agar tahu ukuran yang sesuai dengan spasi ruangan yang tersedia agar penempatan dan warnanya selaras dengan apa yang diinginkan.

Yang paling terkini adalah penggunaan AR untuk membeli produk kecantikan wanita. Di masa yang lebih canggih, calon pembeli tidak harus datang ke toko untuk mencoba warna-warna yang disediakan. Cukup dengan mengarahkan kamera handphone kepada wajah Anda dan mulai bermain dengan warna lipstick, perona pipi, bahkan warna rambut sebelum bisa memutuskan produk mana yang akan dibeli.

Fitur AR ini biasanya dapat dilakukan dengan mendownload sebuah aplikasi khusus dan mengarahkan kamera dari handphone ke target yang ingin dicoba (ke wajah atau spasi ruangan yang tersedia). Dengan begitu, Anda memberikan pengalaman khusus yang memudahkan calon pelanggan.

Contohnya seperti perusahaan fesyen ternama Gucci yang menggunakan AR agar pengguna aplikasinya dapat ‘mencoba’ sepatu dari koleksi keluaran terbaru mereka, atau perusahaan furniture dari Swedia, yaitu Ikea yang membantu pelanggannya menyesuaikan furniture dengan ukuran di dalam rumah, atau L’Oreal yang memberi pengalaman ‘mencoba’ berbagai warna lipstick sebelum calon pembeli dapat memutuskan.

Dapatkan Virtual Reality & Augmented Reality Terbaik untuk Bisnis Anda

Konsultasi gratis dari Smarteye untuk kebutuhan VR dan AR Bisnis anda.

Write a Comment

Konsultasi Gratis, untuk Anda

Beragam fitur Virtual dan Augmented Reality telah kami sediakan untuk berbagai tujuan dan kebutuhan. Ketahui mana yang terbaik untuk anda secara cuma-cuma.