Memangnya, serunya seperti apa ‘sih?

Virtual Reality atau VR semakin popular di kalangan muda-mudi ketika banyak Youtubers Gaming yang mengunggah rekaman mereka bermain game format VR. Sebut saja keseruan Jacksepticeye ketika mencoba Richies Plank Experience dengan perangkat HTC Vive. Tentu saja, keseruan game VR tidak hanya sekedar ketakutan atau tertawa saja seperti yang Jacksepticeye rasakan diatas. Berikut 5 manfaat dan keseruan  Game VR (walau sering kali bikin ketakutan)

Manfaat Game VR Pertama: Melatih Konsentrasi

“I know what you’re thinking, ‘Jack, it’s just a plank. Like, you are not actually in any danger, like you can walk everywhere I want’ BUT my brain doesn’t know that!”

Kira-kira seperti ini yang diungkapkan oleh Jacksepticeye “Saya tahu kalian mikirin apa; ‘Jack, permainan ini tidak nyata. Kamu bisa berjalan kemana saja!’ TAPI otak saya tidak tahu itu!”.

Virtual Reality memang didesain untuk ‘menipu’ persepsi otak. Bermain game VR membuat otak mengirimkan sinyal-sinyal tertentu seperti waspada dan rasa takut ke seluruh anggota tubuh sesuai dengan pemandangan yang dilihat dari dalam perangkat VR. Tentu ini menjadi tantangan bagi pemakai perangkat untuk tetap konsentrasi saat bermain game disaat bersamaan otak mengirimkan sinyal waspada keseluruh tubuh.

Membantu Si Penakut

Ada berbagai macam game berformat Virtual Reality, salah satunya adalah Richies Plank Experience yang memacu adrenalin pengguna yang takut ketinggian diatas. Dengan memuat realitas buatan, game VR dapat menampilkan berbagai macam pemandangan yang sebagian orang takuti, seperti pemandangan dari atas gedung atau bahkan pemandangan di dalam laut. Hal ini  dimanfaatkan sebagai salah satu sarana terapi seseorang untuk belajar menghadapi ketakutan terbesar dari dalam dirinya.

Lalu, manfaatnya apa ya?

Manfaat (sekaligus) Keseruan Game VR: Bermain Sambil Olahraga

Karena beberapa berangkat Virtual Reality seperti HTC Vive, Oculus GO dan Oculus Rift dilengkapi dengan perangkat konsol tambahan agar pengguna dapat berinteraksi di dalam permainan seperti berjalan, memanjat, menunduk, bahkan menengok dari segala arah. Jika anda bermain permainan horror, kebayang dong betapa spontannya tubuh akan bergerak dan mengeluarkan keringat?

Untuk manfaat yang satu ini juga tidak hanya berlaku di bidang hiburan ‘loh. Fitur bermain dan bergerak seperti ini sering kali dimanfaatkan perusahaan untuk membuat training simulasi untuk melatih karyawan baru dalam memahami peran kerjanya. Selain pembelajaran yang efektif dan menarik, juga mengurangi biaya dan resiko bukan? Tak heran banyak perusahaan yang mulai beralih memakai Virtual Reality untuk pelatihan karyawannya.

Mengurangi Tingkat Stress

Salah satu manfaat dari game VR adalah mengurangi tingkat stress. Banyak sumber yang menyatakan bahwa bermain game terbukti dapat mengurangi tingkat stress seseorang. Dalam game yang berformat VR, pengguna secara tidak langsung akan dirangsang untuk berkonsentrasi seperti bermain game pada umumnya, namun juga dirangsang untuk bergerak mengikuti alur bermainan. Dengan bergerak, tentu akan memperlancar peredaran darah ditubuh dibanding bermain game biasa yang hanya berdiam di satu tempat. Hal-hal inilah yang membuat game VR lebih unggul dalam mengurangi tingkat stress. Tentunya, hal ini perlu dibatasi agar tidak adiktif ya.

5 poin diatas adalah manfaat dan keseruan dari Game VR versi SmartEye. Ada manfaat dan keseruan game VR lain yang anda rasakan? Silahkan komentar di kolom bawah ya!

Dapatkan Virtual Reality & Augmented Reality Terbaik untuk Bisnis Anda

Konsultasi gratis dari Smarteye untuk kebutuhan VR dan AR Bisnis anda.

Write a Comment

Konsultasi Gratis, untuk Anda

Beragam fitur Virtual dan Augmented Reality telah kami sediakan untuk berbagai tujuan dan kebutuhan. Ketahui mana yang terbaik untuk anda secara cuma-cuma.