Walau Bikin Ketakutan, Simak Manfaat dan Keseruan Bermain Game VR Ini!

Walau Bikin Ketakutan, Simak Manfaat dan Keseruan Bermain Game VR Ini!

Memangnya, serunya seperti apa ‘sih?

Serunya Bermain Game VR yang Satu Ini!

Virtual Reality atau VR semakin popular di kalangan muda-mudi ketika banyak Youtubers Gaming yang mengunggah rekaman mereka bermain game di dalam VR. Sebut saja keseruan Jacksepticeye ketika mencoba Richies Plank Experience dengan perangkat HTC Vive. Tentu saja, keseruan game VR tidak hanya sekedar ketakutan atau tertawa saja seperti yang Jacksepticeye rasakan diatas. Berikut 5 manfaat dan keseruan bermain game VR!

Melatih Konsentrasi

“I know what you’re thinking, ‘Jack, it’s just a plank. Like, you are not actually in any danger, like you can walk everywhere I want’ BUT my brain doesn’t know that!”

Kira-kira seperti ini yang diungkapkan oleh Jacksepticeye “Saya tahu apa yang ada di dalam pikiran kalian; ‘Jack, permainan ini tidak nyata. Kamu bisa berjalan kemana saja!’ TAPI otak saya tidak tahu itu!”.

Bermain game VR membuat otak mengirimkan sinyal-sinyal tertentu seperti waspada dan rasa takut ke seluruh anggota tubuh sesuai yang dilihat dari dalam perangkat VR. Tentu ini menjadi tantangan bagi pemakai untuk konsentrasi saat bermain game disaat bersamaan otak mengirimkan sinyal waspada keseluruh tubuh.

Membantu Si Penakut

Ada berbagai macam game berformat Virtual Reality, salah satunya adalah Richies Plank Experience yang memacu adrenalin pengguna yang takut ketinggian diatas. Dengan memuat realitas buatan, game VR dapat menampilkan berbagai macam pemandangan yang sebagian orang takuti.

Pemandangan tersebut seperti berada dari atas gedung atau bahkan pemandangan di dalam laut. Hal ini  dimanfaatkan sebagai salah satu sarana terapi seseorang untuk belajar menghadapi ketakutan terbesar dari dalam dirinya.

Lalu, manfaatnya apa ya?

Manfaat dan Keseruan Game VR: Bermain Sambil Olahraga

Berbagai perangkat Virtual Reality yang ada di pasaran umumnya dilengkapi dengan dua buah controllers yang bisa digunakan pengguna untuk berinteraksi di dalam game. Di dalam permainan, nantinya kamu bisa melakukan berbagai macam hal.

Kamu bisa berjalan, memanjat, menunduk, berlari, bahkan menengok ke segala arah dengan headset dan controllers tersebut. Kira-kira kalau misalnya kamu memainkan game horror, akan seberapa spontan tubuh kamu bergerak dan mengeluarkan keringat?

Pengguna tidak hanya merasakan keseruan game VR, namun juga dapat berolahraga saat memainkan permainan tertentu. Jika pengguna bergerak dengan aktif, tentunya pengguna akan berkeringat dan membakar kalori, mengikuti alur permainan.

Selain itu, fitur bermain dan bergerak seperti ini juga kerap dimanfaatkan perusahaan untuk membuat training simulasi, untuk melatih karyawan baru. Pelatihan simulasi dengan Virtual Reality tersebut umumnya dinamakan VR Training. VR Training sendiri memiliki beberapa kelebihan seperti biaya yang lebih murah dan pelatihan yang lebih efektif serta efisien.

keseruan bermain vr
Source: Canva

Mengurangi Tingkat Stress

Layaknya bermain game pada umumnya, pengguna dapat mengurangi tingkat stres saat sedang bermain. Hal ini dikarenakan dirilisnya hormon dopamin yang membuat pengguna merasa senang dan bahagia. 

Saat memainkan game dengan VR, pengguna secara tidak langsung akan dirangsang untuk berkonsentrasi seperti bermain game pada umumnya. Selain itu, mereka juga akan diminta untuk bergerak mengikuti alur permainan.

Aktivitas atau pergerakan yang dilakukan tentu akan memperlancar peredaran darah di tubuh dibanding bermain game biasa yang hanya berdiam di satu tempat. Keseruan game VR ini yang membuatnya lebih unggul dalam mengurangi tingkat stress. Tentunya, hal ini perlu dibatasi agar tidak adiktif ya.

Membantu Penderita “Social Anxiety”

Bagi penderita kecemasan sosial atau Social Anxiety, bermain menggunakan VR tentunya merupakan sebuah hal baik. Mengapa demikian? Hal tersebut karena penderita dapat berlatih untuk berinteraksi dan agar dapat terbiasa berada di publik atau muka umum. 

Situasi yang biasanya terjadi di dalam permainan VR juga umumnya bisa ditemukan pada keadaan sehari-hari. Dengan begitu, penderita social anxiety dapat latihan dengan simulasi yang ada di game VR. 


Bagaimana? Tertarik untuk mulai bermain game dengan VR? Kalau kamu tertarik dan ingin tahu lebih lanjut terkait penggunaan teknologi Virtual Reality di kehidupan sehari-hari, jangan lupa cek smarteye.id!

smarteye.id merupakan anak perusahaan dari Telkom Indonesia yang telah berpengalaman menyediakan berbagai kebutuhan Virtual Reality dan Augmented Reality. Ingin tahu lebih lanjut? Yuk konsultasikan dengan smarteye.id!

Walau Bikin Ketakutan, Simak Manfaat dan Keseruan Bermain Game VR Ini!

Asri Amanta

I swear Shinji and Kaworu are meant to be for life. The one behind all of smarteye.id's digital and content marketing strategy.