Bisnis Modal Kecil Makin Berkembang dengan 5 Manfaat Teknologi AR

Bisnis Modal Kecil Makin Berkembang dengan 5 Manfaat Teknologi AR

Sebagai penggerak roda ekonomi, dunia bisnis patut mendapat. Dalam kondisi normal hingga krisis, sektor bisnis kerap mendapat prioritas dan subsidi agar perkembangannya ikut menjalar ke sektor lain. Khususnya, bisnis modal kecil yang punya modal seadanya, dijalankan oleh individu, dan traksaksi yang tergolong minim.

Teknologi augmented reality (AR) dapat menjadi jawaban untuk membantu mempercepat perkembangan bisnis UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah). Memangnya, manfaat apa saja yang bisa disajikan oleh teknologi augmented reality bagi bisnis modal kecil?

Promosi Produk

manfaat teknologi AR untuk bisnis kecil
sumber: pexels.com

Bagi bisnis bermodal kecil, keberadaan teknologi AR dapat memudahkan mereka mendapatkan pelanggan baru. Salah satunya dengan kartu nama berteknologi AR. Hanya dengan modal kartu nama, UMKM dapat dengan mudah memberikan penjelasan mulai company profile hingga spesifikasi produk.

Tak cuma praktis, tapi kehadiran teknologi AR dalam kartu nama perusahaan juga meningkatnya kredibilitas bisnis Anda. Kesan pertama jasa atau produk Anda akan sangat baik dengan kehadiran teknologi ini.

Penjelasan yang diberikan juga lebih maksimal dengan ilustrasi 3 dimensi yang memukau. Jadi, bisnis modal kecil bukan alasan untuk tidak melakukan promosi produk yang berkelas. Teknologi Augmented Reality hadir untuk mempercepat perkembangan bisnis Anda.

Lihat juga: Augmented Reality untuk UMKM, Ilusi atau Potensi?

Personalisasi Produk

program k3

Sebagian sektor industri UMKM atau bisnis modal kecil di Indonesia bergerak di bidang industri kriya atau kerajinan tangan. Bahkan kerajinan tangan menjadi produk unggulan yang sudah banyak diekspor ke berbagai negara. Nah, tentu kehadiran teknologi diperlukan untuk menunjang mulai dari pemasaran, edukasi produk, hingga personalisasi produk.

Kehadiran teknologi AR mampu memberikan kenyamanan lebih bagi calon pembeli, baik dari dalam dan luar negeri. Mereka dapat mensimulasikan letak furniture asli Indonesia dalam ruangan mereka. Inilah pengalaman luar biasa dalam berbelanja.

Pengalaman berbelanja di masa depan. Tidak ada lagi cerita furniture tidak muat atau terlalu besar dalam sebuah rumah. Karena ukuran dan kesesuaiannya sudah diatur sedemikian rupa melalui teknologi mutakhir ini.

Lebih Mudah Meyakinkan Investor dengan Teknologi AR

yakinkan investor dengan penggunaan teknologi AR
photo by Pexels.com

Sebagai entrepreneur, tentu Anda tidak ingin selamanya bertahan menjadi bisnis modal kecil. Tapi ingin terus berkembang. Nah, salah satu cara mengembangkan bisnis adalah dengan menggaet investor.

Tambahan modal akan menjadi bahan bakar yang akan mempercepat bisnis Anda. Setali tiga uang dengan mendapatkan pelanggan, teknologi AR sangat ampuh untuk menarik minat investor.

Dengan menunjukkan kartu nama berteknologi AR, investor akan mendapat kesan betapa seriusnya Anda melakukan promosi. Mereka yakin bisnis Anda akan sukses dengan promosi yang sangat terencana dengan hasil optimal.

Informasi Product Knowledge

tampilkan product knowledge dengan augmented reality

Selain pada kartu nama, Anda juga bisa menggunakan media lain untuk menerapkan teknologi AR. Salah satunya dengan meletakkan QR code pada bagian produk. Saat calon pelanggan ingin melihat spesifikasi dan seluk beluk produk, mereka tinggal scan di smartphone. QR code juga bisa ditempatkan di brosur, baliho, atau media promosi lainnya.

Efisiensi Budget dengan Teknologi AR

buat budget semakin efisien dengan augmented reality
image by pexels.com

Teknologi AR dapat mengurangi anggaran promosi. Memang, sebagai teknologi baru, augmented reality terkesan mahal. Namun, jika dibandingkan memproduksi konten untuk berbagai channel, lebih baik memproduksi satu konten promosi namun medianya berbagai macam.

Hanya dengan QR code atau gambar khusus, calon pelanggan sudah mendapatkan informasi lengkap mengenai produk Anda. Sudah pasti, ongkos produksi konten, desain brosur, dan iklan akan berkurang berkat adanya teknologi AR ini.


Berbagai manfaat di atas dapat membantu UMKM mempercepat bisnisnya. Biaya murah, mudah digunakan hingga media promosi atraktif menjadi kunci makin ramainya pesanan produk Anda. Ayo majukan bisnis Anda dengan berkonsultasi terkait penggunaan AR bersama smarteye.id!

Bisnis Modal Kecil Makin Berkembang dengan 5 Manfaat Teknologi AR

Asri Amanta

I swear Shinji and Kaworu are meant to be for life. The one behind all of smarteye.id's digital and content marketing strategy.