Berbagai Manfaat Teknologi untuk Masyarakat yang Perlu Kamu Ketahui!

Berbagai Manfaat Teknologi untuk Masyarakat yang Perlu Kamu Ketahui!

Dalam kehidupan sehari-hari, teknologi memberikan berbagai kemudahan bagi kehidupan manusia. Teknologi mampu mempermudah proses, mempersingkat waktu, hingga mengurangi biaya yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan. Kira-kira apa saja ya pemanfaatan teknologi dalam berbagai bidang?

Artikel ini akan membahas berbagai manfaat teknologi untuk masyarakat yang penting untuk kamu simak. Mulai dari bisnis hingga pendidikan. Baca selengkapnya di bawah ini, yuk!

Pengertian Teknologi

Menurut pengertian KBBI, teknologi merupakan suatu metode ilmiah atau ilmu pengetahuan terapan yang digunakan untuk mencapai tujuan praktis. Beberapa ahli juga memiliki pandangan terkait pengertian teknologi. Dilansir dari Liputan6, Gary J. Anglin berpendapat bahwa teknologi ialah penerapan ilmu perilaku, ilmu alam, dan pengetahuan lain secara sistematis untuk memecahkan permasalahan manusia.

Perkembangan Teknologi Informasi

Istilah teknologi erat dengan konsep penemuan canggih. Namun tahukah kamu, serpihan batu tajam yang digunakan sebagai pisau pada jutaan tahun lalu juga merupakan contoh penggunaan teknologi, lho!

Perkembangan ini lahir dari adanya sebuah kebutuhan yang memicu terciptanya cara kerja baru yang lebih baik dari sebelumnya. Alat bertani, berlayar, kompas, jam mekanis, kereta api, telegram, radio, lampu listrik, hingga komputer pribadi merupakan contoh perkembangan teknologi dari waktu ke waktu sesuai kebutuhan manusia.

Hingga kini, perkembangan teknologi yang cukup signifikan dalam merubah cara kerja manusia adalah hadirnya internet. Pertukaran informasi dapat ditransmisikan melalui internet layaknya paket, terlepas dari hambatan jarak dan waktu. Berawal dari hadirnya internet, inovasi teknologi semakin tumbuh pesat seiring perkembangan zaman untuk memenuhi berbagai kebutuhan manusia.

Lihat juga: Begini Cara Terbaik Pilih Teknologi untuk Bisnis, Gimana Caranya?

Teknologi untuk Komunikasi

Salah satu inovasi dalam bidang komunikasi dimulai dengan kehadiran telegraf pada tahun 1831. Kemudian, teknologi ini berkembang menjadi telepon hingga smartphone. Telepon genggam sendiri juga terus berkembang dari model “flip phones” hingga hadirnya fitur “touch screen”.

Komunikasi menjadi semakin cepat dan mudah dengan kemunculan internet pada tahun 1990-an. Dengan adanya internet, inovasi e-mail, perangkat teknologi yang bisa dipakai seperti smartwatch, hingga headset virtual reality turut hadir untuk membantu kebutuhan komunikasi sehari-hari. Terlebih, akses alat komunikasi sudah bisa didapatkan oleh setiap orang sehingga mendorong penyebaran informasi yang lebih cepat lagi.

Manfaat teknologi informasi smartwatch
Foto oleh CNN Indonesia

Perangkat canggih ini memudahkan pekerjaan harian masyarakat dengan membantu penyelesaian yang lebih mudah dan cepat. Dengan konferensi video, surat elektronik, media sosial, dan lainnya, komunikasi bisa berjalan lancar dengan lebih hemat waktu dan hemat biaya. Tak hanya komunikasi dalam negeri saja, masyarakat Indonesia juga bisa mendapatkan akses informasi dari mancanegara ya.

Teknologi utuk Bidang Bisnis

Dengan terjalinnya komunikasi yang tidak terpaut oleh waktu dan jarak, pelaksanaan bisnis menjadi lebih optimal. Para penjual bisa menjajakan barangnya di internet melalui sosial media maupun e-commerce untuk meraih calon pembeli di mana saja. Proses transaksi bisnis menjadi lebih singkat dan tentunya menguntungkan kedua pihak penjual dan pembeli ya.

Teknologi serta informasi dapat menekan biaya produksi dan operasional dari suatu perusahaan. Percepatan kerja dengan mesin membebaskan karyawan dari pekerjaan berulang yang memakan banyak waktu. Contohnya adalah teknologi augmented reality pada gudang yang bisa mempersingkat proses dan meminimalisir kesalahan bidang logistik dari suatu bisnis.

Teknologi untuk Bidang Pendidikan

Manfaat teknologi informasi di bidang pendidikan dapat meningkatkan daya saing masyarakat secara global. Akses kepada informasi yang dipermudah memungkinkan kesamaan pendidikan antara siswa-siswi di kota besar dan di daerah. Dengan pengawasan orang tua, teknologi bisa membantu proses belajar mengajar menjadi lebih menyenangkan dan mudah dimengerti.

Sebagai contoh, pandemi COVID-19 melumpuhkan berbagai industri termasuk pendidikan. Para pelajar harus tetap belajar seperti biasa. Dengan adanya internet, Pembelajaran Jarak jauh atau PJJ bisa diimplementasikan untuk tetap mendorong para pelajar menjadi sosok yang kritis dengan materi pembelajaran berbasis proyek kreatif.

Lihat juga: Simak Informasi Lengkap Seputar Teknologi Digital di Era Modern!

Teknologi untuk Bidang Kesehatan

Perawatan kesehatan yang terbaik dapat diraih dengan bantuan teknologi. Dengan adanya informasi seputar kesehatan pasien, pihak rumah sakit bisa mendapatkan diagnosa penyakit yang lebih akurat, sehingga meminimalisir kekeliruan saat melakukan pelayanan kesehatan.

Sebagai contoh, Varjo mempermudah latihan bedah dengan inovasi digital berbasis teknologi virtual reality 3D beresolusi tinggi setajam mata manusia.

teknologi digital Varjo
Foto oleh Varjo

Sistem data kesehatan masyarakat yang lengkap juga mengurangi resiko terjadinya miskomunikasi antara pekerja medis dengan pasien dan juga menghindari malpraktik. Ketersediaan informasi digital dalam dunia medis menawarkan penanganan yang cepat dan tepat sesuai kebutuhan setiap orang.

Contoh lainnya adalah AED4EU yang merupakan aplikasi penyedia informasi fasilitas kesehatan dengan ketersediaan alat Automated External Defibrilator (AED) untuk menganalisis irama jantung, mengejutkan jantung jika pasien menghalami henti jantung.

Lihat juga: Penggunaan Edukasi Augmented Reality Pertama Untuk Pembelajaran di Universitas


Itulah manfaat teknologi informasi dalam berbagai bidang yang menghadirkan berbagai kebaikan dalam kehidupan sehari-hari. Tak hanya dapat diakses melalui komputer, teknologi ini sudah dapat dengan mudah kita rasakan melalui berbagai aplikasi berbasis online. Tentu, manfaat dari media sosial, teknologi digital, hingga inovasi lainnya yang bisa diakses secara online diharapkan bisa bermanfaat untuk kehidupan masyarakat di Indonesia.

Jika kamu tertarik dengan berbagai informasi terkait inovasi digital, kamu bisa baca hanya dengan kunjungi situs resmi smarteye.id dengan klik di sini. Ada banyak informasi seputar augmented reality, metaverse, virtual reality, dan masih banyak lagi. Jangan sampai ketinggalan informasi menarik ini ya!

Berbagai Manfaat Teknologi untuk Masyarakat yang Perlu Kamu Ketahui!

Nada Syafira

Jakartans who writes in exchange for mouth-watering delicacies by weekdays. A whimsical wanders who travels by weekend.