Manfaat Penggunaan Teknologi untuk Pendidikan Murid Sekolah Tinggi

Manfaat Penggunaan Teknologi untuk Pendidikan Murid Sekolah Tinggi

Semenjak pandemi Covid-19 terjadi sekitar beberapa tahun belakangan, kegiatan pembelajaran pun mengalami perubahan. Dari yang tadinya bertatap muka di kelas, kini harus dilakukan secara virtual. Hal ini menunjukkan betapa proses pembelajaran bisa dipengaruhi oleh faktor eksternal, yakni pandemi.

Seiring dengan makin banyaknya kelas-kelas online, murid dan guru memerlukan teknologi untuk pendidikan yang canggih. Mengapa demikian? Teknologi untuk pendidikan tak cuma jadi media transfer ilmu, tapi juga media untuk membangun hubungan yang berkualitas antara murid dengan guru. Selain itu, teknologi juga akan memberikan pengalaman belajar yang konsisten, tidak peduli apapun kondisinya.

Tetap Akrab Meski Virtual

teknologi untuk pendidikan dapat meningkatkan masa depan pada murid sekolah tinggi
image by Pexels.com

Dengan kehadiran teknologi untuk pendidikan, pendidik mendapat pengalaman unik untuk memastikan bahwa perubahan pengalaman belajar (dari offline jadi online) akan berjalan dengan sangat baik. Mengapa demikian? Teknologi akan mendukung pendekatan baru dalam pembelajaran pedagogi, sehingga bermanfaat untuk mendorong inovasi sekaligus meningkatkan keterlibatan murid dalam kelas.

Perusahaan-perusahaan teknologi pun memandang pentingnya kebutuhan tersebut dan banyak menawarkan beragam produk & layanan yang dapat menstimulasi kegiatan pembelajaran dan mengembangkan lingkungan yang kondusif.

Tak cuma untuk siswa di pendidikan tinggi, teknologi untuk pendidikan juga perlu untuk pendidikan anak. Ini contohnya!

Manfaat Teknologi untuk Pendidikan dalam Jangka Panjang

Penggunaan teknologi yang terus meningkat serta kuatnya penetrasi literasi digital dalam kelas akan berdampak positif bagi murid sekolah tinggi di masa depan nanti. Hal ini disebabkan karena dunia industri di berbagai sektor kini banyak yang sudah mengadopsi teknologi digital dalam bisnisnya.

Dengan semakin “digital”nya dunia industri, tentu para murid pun tidak akan kaget dan mudah beradaptasi saat berkarir nantinya. Oleh karena itu, mengintegrasikan teknologi canggih dalam lingkungan pembelajaran menjadi sangat tepat dan menjadi sebuah keniscayaan.

Teknologi Mampu Mendongkrak Kemampuan Siswa

Membangun korelasi antara lembaga pendidikan tinggi (SMA & kuliah) dengan teknologi digital akan menciptakan berbagai pengalaman pembelajaran yang unik. Pengalaman ini akan mendongkrak kemampuan para siswa. Hal ini bisa diwujudkan dengan adanya kontribusi dunia industri yang punya sumber daya dan teknologi yang sudah mapan.

Dengan sumber daya dan teknologi yang mapan, dunia industri mampu memberikan banyak kontribusi. Hal ini mampu memudahkan sekolah-sekolah untuk mengimplementasikan IT dan AV display technologies dengan user interfaces yang nyaman.

Tak Cuma Buat Siswa, Teknologi Juga Bermanfaat Bagi Pendidik

Kemudahan teknologi ini secara khusus sangat bermanfaat bagi pendidik. Dengan adanya teknologi untuk pendidikan, mereka bisa lebih mudah mendata, mengikuti, dan mengarahkan bakat dan minat siswa.

Selain itu, teknologi digital juga punya peran penting dalam rekrutmen di kampus. Misalnya kegiatan ekstrakurikuler dan rapat virtual organisasi, hingga penyampaian instruksi mata kuliah/pelajaran.

Nantinya, tidak ada lagi cerita mahasiswa yang gaptek saat menggunakan perangkat teknologi di kampus. Karena sejak SMA sudah familiar dengan berbagai teknologi untuk pendidikan yang canggih. Apalagi jika mereka sudah berada di dunia kerja, penguasaan teknologi canggih akan memudahkan mereka dalam bersaing.

Tak Perlu “Ruang” Kelas Lagi

Pada akhirnya, berbagai perusahaan menemukan fakta bahwa ruang digital dapat membantu universitas menjadi semakin “kecil”, dalam arti tidak membutuhkan banyak ruang kelas lagi. Nah, ruang-ruang yang tidak digunakan bisa diubah menjadi laboratorium ataupun ruangan kolaborasi.

Lembaga pendidikan pun perlu memikirkan ulang penggunaan ruang-ruang kelas agar bisa bermanfaat. Misalnya bisa digunakan untuk lab komputer dan game, pelatihan telehealth, dan banyak lagi.

Di masa depan, para mahasiswa akan membutuhkan penggunaan ruang semacam itu. Belajar di kelas bisa dilakukan secara virtual, sementara mereka datang ke kampus untuk belajar di berbagai laboratorium.

Inilah masa depan pendidikan, ketika teknologi pendidikan hadir, ruang kelas beralih ke dalam ruang virtual. Pendidik lebih mampu mengembangkan potensi pembelajaran dan kreativitas, sementara para siswa dan mahasiswa mampu menemukan dan mendefinikan sendiri kebutuhan mereka.


Salah satu perangkat teknologi untuk pendidikan yang sering digunakan adalah virtual training. Klik di sini untuk mengetahui informasi seputar VR Training!

Manfaat Penggunaan Teknologi untuk Pendidikan Murid Sekolah Tinggi

Asri Amanta

I swear Shinji and Kaworu are meant to be for life. The one behind all of smarteye.id's digital and content marketing strategy.