Manfaat Virtual Reality dalam Dunia Properti

Banyak yang menganggap bahwa  manfaat Virtual Reality (VR) hanya seputar di dunia Gaming. Namun, rupanya teknologi ini juga berperan penting dan sangat bermanfaat dalam bidang Property. Virtual Reality dapat meningkatkan penjualan karena hasil property yang ditampilkan dalam VR maksimal dan terasa lebih nyata dibanding maket rumah atau alat presentasi lainnya. Tentunya, hal ini akan mempengaruhi peningkatan penjualan property bagi para agen property. Lebih lengkapnya, simak dibawah ini mengenai manfaat VR dalam dunia property. 

Memberikan gambaran lengkap properti pada klien Anda

 

Properti yang belum dikembangkan (dibangun) atau sedang dikembangkan sulit untuk dijual bahkan bagi para agen Real Estate paling berpengalaman sekalipun. Sebab klien tentu tidak mau ambil risiko dengan rencana yang hanya tertulis di atas kertas. Dari situlah, manfaat VR dalam menjual property lebih cepat.

Berbekal VR, Anda sebagai agen properti dapat memberikan gambaran yang lengkap mengenai properti yang sedang Anda kembangkan kepada klien, sekalipun itu masih setengah jadi atau bahkan sebelum konstruksi properti Anda selesai. Klien berkesempatan untuk menjalani ‘tur’ bernuansa 3D dengan pemandangan berupa properti yang belum atau sedang Anda bangun.

Dapatkan Virtual Reality & Augmented Reality Terbaik untuk Bisnis Anda
Konsultasi gratis dari Smarteye untuk kebutuhan VR dan AR Bisnis anda

Mengizinkan klien untuk kustomisasi rumah

Selanjutnya, yang menjadi alasan jual property lebih cepat dengan memanfaatkan teknologi Virtual Reality adalah karena Anda bisa mengajak klien Anda untuk melihat properti tersebut dalam beberapa layout yang berbeda tetapi masih dengan properti yang sama, semua hanya dalam hitungan menit saja dan hanya dengan satu kali klik.

Anda dapat menunjukkan seperti apa properti tersebut dengan warna eksterior yang seperti ini, desain interior yang seperti apa atau bahkan membuat ruangan baru. Istilah lainnya, Anda mengizinkan klien untuk melakukan kustomisasi rumah secara maya, jadi klien dapat mempertimbangkan secara langsung dalam waktu yang singkat.

Menunjukkan pada klien yang jauh

Di tahun 2016, studi di bidang property menunjukkan bahwa 20% calon pembeli rumah melakukan transaksi penawaran dan jual beli di rumah tanpa melihat penjual properti dan propertinya secara langsung. Berbeda jika teknologi VR sudah dalam genggaman Anda sebagai agen properti/real estate.

Hal ini tentu akan sangat menguntungkan Anda terlebih jika Anda berniat untuk membeli properti di luar negeri. Anda juga jadi tidak perlu keluar biaya lebih untuk hal tersebut. Kesalahpahaman antara agen properti dengan klien pun dapat diminimalisir jika sewaktu-waktu klien merasa kenyataannya tidak sesuai apa yang ada pada gambar.

Lebih baik dari gambar 2D

Virtual Reality menggunakan teknologi 3D. Sehingga, hasil yang diberikan pun grafisnya terlihat lebih baik dan lebih nyata jika dibanding dengan gambar 2D. Manfaat peningkatan grafis ini akan meningkatkan insight atau wawasan klien terhadap produk anda. Hal ini dapat membuat klien yakin bila ingin membeli produk anda bukan?

Tak heran jika menggunakan teknologi VR membutuhkan biaya tambahan bagi agen properti. Namun tenang saja, SmartEye menyediakan berbagai jenis layanan Virtual Reality yang dapat menyesuaikan budget anda. Silahkan cari tahu disini ,  sorot halaman services dan pilih layanan yang anda inginkan.

Terakhir, Manfaat VR adalah Memperkuat internet marketing

Pemasaran melalui internet diperkuat dengan adanya teknologi VR. Kenapa? Karena Anda tidak perlu repot-repot berulang mengirimkan berkas-berkas gambar properti satu per satu ke klien sesuai keinginan mereka, cukup dengan 1 portofolio saja yang dapat diakses langsung oleh klien tanpa perlu meminta izin pada Anda. Apalagi, SmartEye menyertakan pemasangan VR di website perusahaan dan aplikasi mobile. Tentunya, klien anda akan semakin mudah menjangkau produk property anda,

Kemajuan teknologi VR telah membawa banyak dampak dan manfaat bagi kehidupan manusia, tak terkecuali untuk bidang Property atau Real Estate. Namun tentunya, anda selaku pemilik produk paling tahu bagaimana produk anda harus dipresentasikan. Apakah anda yakin ingin menggunakan maket dan presentasi biasa untuk memperlihatkan produk property anda? Yang jelas, manfaat VR yang telah anda baca diatas tentu sangat sayang jika dilewatkan begitu saja.

SmartEye siap membantu anda memenangkan hati klien, atau bahkan menarik hati investor ke bisnis property anda. Klik disini jika anda tertarik.

 

Post Author: Atikah

Content, SEO and Digital Marketing officer of SmartEye.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *