3 Cara Pemasaran Online Paling Mudah di Bisnis Properti

3 Cara Pemasaran Online Paling Mudah di Bisnis Properti

Informasi Penting Seputar Pemasaran Online untuk Properti

Di tengah perkembangan digital yang besar-besaran ini, marketer bisnis properti pun tak mau kalah. Salah satu cara yang ditempuh adalah pemasaran online. Hal ini penting mengingat penggunaan internet dan media digital juga banyak digandrungi segala lapisan masyarakat.

Ditambah lagi, banyak sarana dari online marketing yang tersedia gratis dan berbayar terjangkau. Namun tentunya, pemasaran online harus tetap dilakukan dengan strategi agar dapat berjalan dengan baik. smarteye.id merangkum 3 cara pemasaran online paling mudah di bidang properti untuk mengimbangi revolusi digital.

Pelajari dan Terapkan Strategi Digital Marketing

Miliki Website Properti atau Blog Profesional

pemasaran online

Website ibarat wajah utama bisnis kamu. Dalam website, berbagai macam informasi terkait produk dan jasa yang ditawarkan dapat ditampilkan. Alih-alih menggunakan iklan berbayar di Google Ads, kamu juga dapat mengoptimasi konten website melalui praktik SEO (Search Engine Optimization).

SEO berkutat pada konten artikel, gambar dan kata kunci yang digunakan. Oleh karena itu,  konten yang menarik dan mengikuti standar SEO memiliki peluang untuk dibaca banyak orang.

Semakin ter optimalisasi SEO yang dibentuk pada blog maupun website kamu, nantinya akan mendapatkan posisi teratas pada pencarian website. Hal ini akan meningkatkan engagement  pada bisnis properti yang kamu miliki.

Kuasai Layanan Pesan Singkat

Selain itu, pemasaran online juga menitik beratkan pada kecepatan respon. Dengan perkembangan zaman, sangat memungkinkan konsumen dan penjual untuk berkomunikasi dengan mudah.

Beberapa platform yang bisa digunakan yakni WhatsApp, Line Official, atau layanan chat customer service lainnya seperti chatbot. Sehingga pesan singkat yang dibentuk secara otomatis dan singkat dapat menambah value terhadap kecepatan respon dan pelayanan Anda terhadap konsumen.

Media Sosial Profesional

Jika berbicara mengenai sosial media, Indonesia merupakan salah satu pengguna yang paling banyak. Warga Indonesia sangat aktif di dunia maya dan jejaring sosial, seperti Facebook, Instagram, dan Youtube.

Pada akhirnya, pasar properti mulai menyasar tiga media sosial itu sebagai teknik pemasaran online yang efisien. Media sosial berperan sebagai marketing gallery online untuk calon pembeli properti.

Menyusun tim branding, fotografi dan copywriter yang profesional merupakan elemen terpenting untuk dapat membuat calon konsumen memilih properti kamu. Aspek lain yang dilihat pertama kali oleh seorang calon pembeli adalah gambar dan harga dari properti tersebut.

Selain Facebook, Instagram dianggap sebagai media pemasaran properti yang sangat efektif. Potensi Instagram sangat besar. Ada banyak agen properti dengan ribuan hingga ratusan ribu pengikut, yang menggunakan Instagram sebagai media pemasaran online mereka. Sebagian besar agen properti juga telah memiliki tema tertentu dan fokus dalam memperkenalkan pada desain interior dan furniturenya.

Aspek copywriting pada caption instagram juga perlu diperhatikan, karena pentingnya dalam menuliskan copywriting yang baik dan membangun ketertarikan calon pembeli.

Aktif di Situs-Situs Pencarian Properti

Cara pemasaran online paling mudah di peringkat kedua yaitu aktif pada situs properti. Ada kalanya anda harus memikirkan perspektif ‘partnership‘ dibanding berdiri sendiri. Hal ini dikarenakan ada banyak portal dan situs-situs pencarian rumah yang tersebar di dunia maya.

Portal-portal ini merupakan platform besar yang tentunya akan sulit untuk disaingi, dan juga membutuhkan biaya yang cukup besar. Oleh karena itu, kamu bisa mempertimbangkan untuk menjadi salah satu anggota mereka atau menjadi pemasang iklan di platform tersebut.

Platform property yang ada di internet sebagian besar adalah portal real estate. Agen real estate memberikan sejumlah uang untuk menghasilkan lebih banyak tampilan yang menarik ke pengunjung. Imbasnya, akan lebih banyak penawaran yang masuk ke dalam agen real estate.

Untuk penjualan online, penting bagi agen untuk menyebarkan informasi produk yang mereka jual kepada publik. Ada juga fitur coming soon yang bisa memberi tahu publik, properti apa yang akan ditawarkan. Dalam portal properti ini, calon pelanggan harus mendaftarkan diri kepada kontak yang telah diumumkan untuk berhubungan dengan Anda.

Lakukan Pemasaran Online dengan Virtual Open House

Mendatangi langsung lokasi marketing gallery masih menjadi tren populer bagi para pencari properti. Ini cara yang mengasyikkan dalam menentukan pilihan properti. Calon pembeli dapat mengunjungi langsung dan menyesuaikan dengan selera pribadi mereka.

Selain itu, calon pengunjung juga bisa melihat secara langsung ukuran sebuah ruangan, kondisi furniture dan lain sebagainya. Opsi lain yaitu melalui virtual open house, yang memanfaatkan teknologi Virtual Reality (VR). Dimana dengan teknologi VR, calon pembeli dapat berkunjung secara virtual ke marketing gallery yang dikembangkan oleh perusahaan properti. 

Ketahui apa saja penerapan teknologi VR dalam kehidupan sehari-hari di sini!

pemasaran online dengan virtual reality

Dengan adanya VR, mencari dan membeli properti jadi sangat mudah. Pencari properti tidak harus datang ke lokasi dibangunnya proyek. VR memiliki keunggulan dibanding teknologi lain yaitu kesan seolah berada di dunia nyata. VR memiliki tiga dimensi visual yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan calon pembeli akan informasi mengenai sebuah properti.


smarteye.id memiliki layanan untuk menampilkan Virtual Reality properti Anda di website perusahaan Anda dan aplikasi mobile. Membuat Open House secara online tentu bukan perkara sulit dengan teknologi ini, karena klien dapat mengakses produk anda kapan saja, dimana saja dan mendapat fasilitas seperti open house secara langsung. 

Bagaimana? Siap membawa bisnis anda untuk melakukan pemasaran online? Klik di sini untuk terapkan teknologi VR pada bisnis Anda.

3 Cara Pemasaran Online Paling Mudah di Bisnis Properti

Asri Amanta

I swear Shinji and Kaworu are meant to be for life. The one behind all of smarteye.id's digital and content marketing strategy.