Saat ini sudah bulan keempat di tahun 2021, tahun yang penuh tantangan, kejutan, dan inovasi. Tak terkecuali inovasi dalam teknologi digital yakni augmented reality atau AR. Memang, teknologi ini sudah lama dikembangkan. Tapi, dalam penerapannya teknologi juga punya trend, karena teknologi tidak hidup di ruang hampa. Lantas, apa AR trend di tahun 2021 ini?

AR Shopping

photo by Pexels

Siapa yang tidak suka berbelanja? Sebagaian besar dari kita pasti mengacungkan jari. Yap! Berbelanja selalu menjadi kegiatan yang menyenangkan, apalagi belanja online. Hanya dengan swipe-swipe cantik, masukkan barang ke wishlist, lalu beli saat budget sudah ada, kemudlian tunggu teriakan “Pakeeeetttt!!!” petugas ekspedisi. Inilah, belanja gaya baru yang makin jadi kebiasaan.

Kini, dengan keberadaan teknologi augmented reality, berbelanja online makin asyik dan seru. Anda bukan hanya melihat foto, tapi juga bisa ‘mencoba’ barang favorit Anda. Inilah pengalaman baru belanja online yang dikenal dengan AR Shopping. Diprediksi AR trend ini akan meningkat di tahun 2021 ini. Siapkah Anda menyambutnya?

Salah satu kerjasama yang dibangun oleh smarteye.id dalam usecase ini adalah bersama INDIHOME TV, melalui AR for Advertising. Augmented Reality (AR) Advertising merupakan suatu layanan iklan dengan teknologi augmented reality (AR) dimana pelanggan dapat menikmati konten interaktif AR di mobile phone sehingga dapat memberikan pengalaman baru menikmati konten berbasis 3D, dan dapat melakukan interactive action seperti: redirect ke official website produk yang ditayangkan, belanja produk di e-commerce, dan lain lain. 

Kerjasama ini dibangun mengingat INDIHOME TV merupakan layanan IPTV pertama di Indonesia dan sebagai top-of-mind brand IPTV saat ini. INDIHOME TV memiliki layanan TV Berbayar (Pay TV) berkualitas yang memberikan pengalaman baru yang seru dan lengkap. smarteye.id berperan sebagai penyedia platform AR Advertising yang memberikan pengalaman beriklan dan berbelanja yang baru melalui INDIHOME TV.

Berikut contoh demo videonya:

AR for Navigation

photo by Pexels.com

Selama ini augmented reality (AR) memetakan navigasi dalam ruangan untuk kepentingan promosi bisnis. Tapi, tahukah Anda bahwa AR juga bisa memetakan wilayah yang lebih luas, bahkan bisa menjalankan fungsi navigasi. Diprediksi AR for navigation akan menjadi AR Trend di tahun 2021. Tentu akan sangat menarik, bayangkan Anda berkendara tidak hanya berdasarkan peta mati, tapi peta yang hidup dengan gambar.

Lihat juga: “Augmented Reality untuk UMKM, Ilusi atau Potensi?”

AR yang Didukung dengan Artificial Intelligence

photo by Pexels.com

Pada dasarnya, hampir semua teknologi AR didukung dengan teknologi artificial intelligence atau AI. AI memegang peran yang sangat penting bagi beroperasinya AR. Misalnya dalam AR Shopping, saat belanja baju AR dikendalikan oleh teknologi virtual fitting room yang didasari oleh AI. Tanpanya, kamera smartphone tidak akan mampu menyesuaikan bentuk badan dengan posisi baju yang berbeda-beda tiap orang dan barang.

Seiring dengan meningkatnya AR shopping, maka AR dengan dukungan AI juga akan menjadi AR trend tahun 2021 ini. Hebatnya lagi, kolaborasi AR dan AI tidak hanya dapat menjadikan pengalaman belanja lebih menarik, tapi juga dapat mendukung transformasi layanan kesehatan, khususnya alam hal mendiagnosa penyakit. Tidak heran jika hal ini menjadi AR trend tahun 2021.

Portable AR

photo by Pexels.com

Sebagai perwujudan teknologi AR yang paling simpel dan terjangkau, portable AR masih akan menjadi AR trend di tahun ini, Pada era ini, siapa sih yang tidak punya smartphone?  Sudah pasti portable AR akan makin populer digunakan oleh masyarakat. Entah untuk berbelanja online atau sekedar bermain game.

Lihat juga: “Rahasia Augmented Reality untuk Meningkatkan Produktivitas.”

Remote Assistance & Virtual Manual

Penggabungan remote assistance dengan virtual manual merupakan kombinasi yang menarik. Keduanya akan menghasilkan pengalaman AR yang praktis dan nyaman.  Bayangkan, mesin tombol-tombolnya rumit dan kompleks dapat disederhanakan dengan teknologi ini. Ini ada video visual yang dibuat Smarteye.id untuk lebih menggambarkan:

Hanya dengan memindai tombol-tombol di mesin, Anda bisa mendapatkan informasi lengkap di setiap tombolnya. Katakan selamat tinggal pada manual book.

Itulah AR trend tahun 2021 ini. Menarik bukan! Makin hari teknologi AR makin merasuk ke dalam kehidupan kita. Bersiaplah menyambutnya! Jika Anda ingin pelajari tentang Augmented Reality lebih dalam, klik tombol di bawah ini:

Yuk Belajar AR

Dapatkan Virtual Reality & Augmented Reality Terbaik untuk Bisnis Anda

Konsultasi gratis dari Smarteye untuk kebutuhan VR dan AR Bisnis anda.

Write a Comment

Konsultasi Gratis, untuk Anda

Beragam fitur Virtual dan Augmented Reality telah kami sediakan untuk berbagai tujuan dan kebutuhan. Ketahui mana yang terbaik untuk anda secara cuma-cuma.