Melirik Serunya AR Trend Terbaru, Ada Apa Saja?

Melirik Serunya AR Trend Terbaru, Ada Apa Saja?

Memasuki masa yang terus berkembang, tentunya akan banyak inovasi dalam teknologi yang akan dilakukan. Tak terkecuali inovasi dalam teknologi digital yakni augmented reality atau AR. Memang, teknologi ini sudah lama dikembangkan. Tapi dalam penerapannya, teknologi juga punya trend karena teknologi tidak hidup di ruang hampa alias selalu berkembang maju. Lantas, apa AR trend terbaru yang akan muncul?

AR Live Stream Shopping

tren AR Shopping
photo by Pexels

Siapa yang suka berbelanja? Sebagian besar dari kita pasti mengacungkan jari. Yap! Berbelanja selalu menjadi kegiatan yang menyenangkan, apalagi belanja online. Hanya dengan swipe-swipe cantik, masukkan barang ke wishlist, lalu beli saat budget sudah ada, kemudian tunggu teriakan “Pakeeeetttt!!!” dari petugas ekspedisi.

Kini, dengan keberadaan teknologi augmented reality, berbelanja online makin asyik dan seru. Tak hanya melihat foto, Anda juga bisa mencoba barang favorit Anda sebelum membeli tanpa harus ke lokasi secara langsung. Dilengkapi virtual fitting room, konsumen dibuat semakin nyaman berbelanja online. Gaya baru ini dikenal dengan AR Shopping yang merupakan bukti hebat dari konsep AR trend terbaru.

Salah satu kerjasama yang dibangun oleh smarteye.id dalam tren ini adalah bersama INDIHOME TV, melalui AR for Advertising. Augmented Reality (AR) Advertising merupakan suatu layanan iklan dengan teknologi augmented reality (AR) dimana pelanggan dapat menikmati konten interaktif AR di mobile phone sehingga dapat memberikan pengalaman baru menikmati konten berbasis 3D, dan dapat melakukan interactive action seperti: redirect ke official website produk yang ditayangkan, belanja produk di e-commerce, dan lain lain.

Kerjasama ini dibangun mengingat INDIHOME TV merupakan layanan IPTV pertama di Indonesia dan sebagai top-of-mind brand IPTV saat ini. INDIHOME TV memiliki layanan TV Berbayar (Pay TV) berkualitas yang memberikan pengalaman baru yang seru dan lengkap. smarteye.id berperan sebagai penyedia platform AR Advertising yang memberikan pengalaman beriklan dan berbelanja yang baru melalui INDIHOME TV.

AR for Indoor and Outdoor Navigation

penggunaan AR untuk navigasi
photo by Pexels.com

Selama ini augmented reality (AR) memposisikan sektornya untuk kepentingan promosi bisnis. Tapi, tahukah Anda bahwa AR juga bisa memetakan wilayah yang lebih luas, bahkan bisa menjalankan fungsi navigasi. Sesuai prediksi tahun lalu, AR for navigation menjadi salah satu AR trend yang akan banyak digunakan.

Munculnya teknologi seperti antena Bluetooth Low Energy (BLE), Wi-Fi RTT, dan ultra wideband (UWB) membuat navigasi di dalam maupun luar ruangan jauh lebih layak dan mampu menampilkan arah dalam lokasi atau ruangan yang lebih besar seperti pusat perbelanjaan, bandara, dll. Tentu akan sangat menarik, bayangkan Anda berkendara tidak hanya berdasarkan peta mati, tapi peta yang hidup dengan gambar.

Salah satu bentuk realisasi AR for navigation yaitu store mapping juga dapat membantu pengguna mengetahui tata letak toko untuk menemukan barang yang mereka butuhkan. Pengguna hanya perlu mengangkat HP mereka dan mengikuti petunjuk augmented reality ke tujuan atau barang yang mereka cari. Adanya navigasi ruangan dan layanan beli online pickup in store justru jauh lebih efisien dalam aspek waktu, karena Anda hanya perlu mengangkat perangkat dan melihat petunjuk arah di layar.

Lihat juga: “Augmented Reality untuk UMKM, Ilusi atau Potensi?”

AR yang Didukung dengan Artificial Intelligence

AR didukung dengan Artificial Intelligence
photo by Pexels.com

Pada dasarnya, hampir semua teknologi AR didukung dengan teknologi artificial intelligence atau AI. AI memegang peran yang sangat penting bagi beroperasinya AR. Penggabungan teknologi augmented reality dan AI akan mengubah model bisnis, seperti sektor retail dan kesehatan.

Misalnya, belanja baju dengan AR Shopping kini dikendalikan oleh teknologi virtual fitting room yang didasari oleh AI. Tanpanya, kamera smartphone tidak akan mampu menyesuaikan bentuk badan dengan posisi baju yang berbeda-beda tiap orang dan barang. Selain itu, kompleksitas dalam deteksi penyakit juga dapat diatasi dengan alat diagnostik berbasis AI dan mikroskop AR. Kedua alat tersebut mampu meningkatkan akurasi diagnosis serta prosedur pengobatan pada pasien.

Kolaborasi AR dan AI dianggap sebagai pilihan yang efisien dalam transformasi pelayanan tradisional. Maka, tak heran jika AR trend yang satu ini sedang ramai dikembangkan.

Pelajari bagaimana VR dan AR digunakan dalam perawatan kesehatan dengan membaca VR AR untuk Kesehatan, Harapan Baru Layanan Kesehatan.

Portable AR

Penggunaan portable AR
photo by Pexels.com

Sebagai perwujudan teknologi AR yang paling simpel dan terjangkau, portable AR masih akan menjadi AR trend di tahun ini. Pada era ini, siapa sih yang tidak punya smartphone?  Sudah pasti portable AR akan makin populer digunakan oleh masyarakat. Entah untuk berbelanja online atau sekedar bermain game.

Lihat juga: “Rahasia Augmented Reality untuk Meningkatkan Produktivitas.”

Remote Assistance & Virtual Manual

Penggabungan remote assistance dengan virtual manual merupakan kombinasi yang menarik. Keduanya akan menghasilkan pengalaman AR yang praktis dan nyaman dalam memberikan panduan kepada pengguna.

Teknologi ini digunakan di berbagai industri untuk meningkatkan kepuasan pengguna dan pemahaman produk. Dengan pengenalan objek, teknologi AR dapat mengidentifikasi objek dan memberi tahu pengguna tentang fungsinya. Ini dapat menjadi panduan yang efektif untuk produk seperti elektronik, interior kendaraan, dan lainnya.

Demo smarteye.id dibawah ini menunjukkan gambaran penyederhanaan mesin tombol-tombol yang rumit:

Hanya dengan memindai tombol-tombol di mesin, Anda bisa mendapatkan informasi lengkap di setiap tombolnya. Panduan AR dalam video memberikan lebih banyak konteks tentang kemampuan mesin dan memberikan instruksi tambahan di smartphone pengguna. Katakan selamat tinggal pada manual book.

Itulah AR trend terbaru yang akan ramai digunakan. Menarik bukan! Makin hari teknologi AR makin merasuk ke dalam kehidupan kita. Bersiaplah menyambutnya! Jika Anda ingin pelajari tentang Augmented Reality lebih dalam, klik tombol di bawah ini:

[maxbutton name=”AR Trend”]


Semakin banyak pengguna yang sadar bahwa teknologi AR lebih dari sekadar filter. Hal tersebut dibuktikan oleh banyaknya perusahaan yang menerapkan teknologi AR untuk setiap kebutuhan bisnis mereka. Jadi, sudahkah kalian mempersiapkan bisnis untuk masa depan? Ikuti terus perubahan lanskap dan tren teknologi AR hanya di smarteye.id!

Melirik Serunya AR Trend Terbaru, Ada Apa Saja?

Asri Amanta

I swear Shinji and Kaworu are meant to be for life. The one behind all of smarteye.id's digital and content marketing strategy.