Ayo Belajar Melukis ala Bob Ross dengan Virtual Painting Simulator Vermillion!

Ayo Belajar Melukis ala Bob Ross dengan Virtual Painting Simulator Vermillion!

Informasi Penting Seputar Aplikasi Virtual Painting Simulator Vermillion untuk Kamu!

Virtual Painting Simulator ala Bob Ross
Bob Ross Painting by FiveThirtyEight

Melukis dapat menjadi lebih mudah dengan bantuan Virtual Reality (VR), loh! Caranya dengan menggunakan Virtual Painting Simulator. Apa ya sebenarnya teknologi tersebut?

Virtual Painting Simulator merupakan simulasi melukis secara virtual yang dapat kamu lakukan dengan perangkat VR. Salah satu aplikasi yang mendukung simulasi melukis ini yaitu Vermillion. Jika kamu sedang mencari aplikasi VR untuk belajar melukis, aplikasi ini cocok untuk kamu.  

Baca juga: Simulator Virtual Reality untuk Dunia Medis

Tentang Vermillion 

Virtual Painting Simulator dengan cat minyak
Vermillion VR by STEAM

Vermillion merupakan simulator VR oil painting, dimana kamu bisa belajar beberapa teknik melukis di kanvas seperti pelukis ternama Bob Ross. Kamu bisa melukis pemandangan maupun objek lainnya secara digital di Vermillion. 

Tentu saja simulator VR ini meminimalisir kebutuhan untuk membeli peralatan melukis seperti kuas, kanvas dan cat minyak. Keunggulan lainnya juga kamu tidak perlu bersih-bersih setelah belajar melukis secara virtual. Cukup efisien dan menarik ya?  

Vermillion dikembangkan oleh Thomas van de Berge yang dipublikasikan bersama The Aviary pada tahun 2021. Tujuannya yaitu untuk menghadirkan kegembiraan analog dari lukisan cat minyak ke dunia digital dan menciptakan suatu seni diatas kanvas. 

Aplikasi ini menyajikan penggunaan yang mudah bagi pemula maupun bagi pengguna yang berpengalaman untuk melukis. Jadi kamu tidak perlu khawatir, jika kamu baru memulai untuk melukis. 

Fitur

Virtual Painting Simulator dengan fitur menarik
Painting Simulator by Upload VR

Vermillion memiliki fitur menarik didalamnya, yang telah kami rangkum sebagai berikut:  

Analog Warna Digital

Salah satu fitur menarik aplikasi ini yaitu kamu dapat melakukan pencampuran warna cat digital sesuai dengan keinginan kamu, lho! Fitur ini dapat memadukan beberapa warna menjadi satu, sehingga banyak sekali pilihan warna yang akan tersedia.

Tekstur dan Efek yang Nyata

Selain fitur pencampuran warna digital, virtual painting simulator ini juga menyediakan tampilan lukisan dengan efek yang nyata. Kamu dapat menentukan tekstur maupun garis yang menyesuaikan dengan lukisan yang dibentuk. Fitur ini juga dilengkapi dengan efek blurring, yang dapat menghasilkan kualitas lukisan sangat baik.  

Fresh dari Virtual Kanvas 

Fitur lainnya yang disediakan oleh Vermillion yaitu kamu dapat mencetak hasil lukisan kamu, lho! Sehingga, kamu tidak hanya merasakan pengalaman yang imersif dengan melukis secara virtual. Tetapi, kamu juga mendapatkan hasil lukisan kamu sendiri fresh dari virtual kanvas. 

User Interface yang Unik 

Di samping penggunaan dan fitur menarik lainnya. Aplikasi ini juga menyediakan User Interface (UI) yang unik. Contohnya seperti kecepatan melukis yang disesuaikan dengan keinginan kamu. Kemudian kamu juga dapat mendengarkan musik instrumen yang menenangkan saat melukis. Tidak hanya itu, kamu juga dapat mengakses video tutorial ketika kamu melukis. 

Wah, fitur yang disediakan menarik untuk dicoba ya? Tunggu apa lagi kamu bisa mencobanya juga, lho! Tetapi, kita akan jelaskan lagi lebih lanjut mengenai perangkat pendukung untuk aplikasi ini ya.

Support 

Penggunaan aplikasi ini hanya didukung untuk satu pengguna saja. Dimana, kamu dapat menggunakan perangkat pendukung seperti Oculus Quest 2 dengan controllers dan Oculus Touch. Sehingga, kamu bisa melukis sambil duduk santai maupun berdiri, sesuai kenyamanan kamu. 

Vermillion merupakan aplikasi berbayar, sehingga kamu tidak perlu mengakses internet untuk menggunakannya. Memori yang dibutuhkan untuk menggunakan aplikasi ini sebesar 523 MB, dengan banyaknya fitur menarik yang tersedia dan wajib kamu coba.  

Review

Review penggunaan aplikasi Vermillion ini tidak perlu diragukan lagi. Rata-rata pengguna aplikasi ini memberikan review yang sangat positif pada STEAM. Mereka juga merekomendasikan aplikasi ini bagi kamu yang ingin belajar melukis dengan pengalaman yang imersif dan menarik.


Bagaimana tertarik untuk mencoba simulator ini? Jika kamu tertarik dengan kegunaan VR lainnya dalam berbagai bidang. Kamu bisa hubungi smarteye.id untuk pelajari lebih lanjut mengenai implementasi teknologi VR maupun AR (Augmented reality) sebagai penyedia jasa terbaik di Indonesia. Yuk, hubungi kami sekarang!

Ayo Belajar Melukis ala Bob Ross dengan Virtual Painting Simulator Vermillion!

Margaret Wuwur

Besides analyzing data, data, data. Sometimes I write too, somewhere and sitting on a black chair.