Mulai kesini banyak perusahaan yang telah mengadopsi tekhnologi VR. Namun ada juga yang baru mau mulai mengenal atau menerapkan di perusahannya. Untuk lebih memahami apa saja macam-macam VR berdasarkan device nya. VR sendiri dapat dibagi menjadi 3 tipe.

Headset VR
  1. VR Website

VR webiste merupakan jenis VR yang paling basic, menjangkau hampir semua orang dengan hanya memiliki browser baik lewat laptop maupun melalui mobile. 

Bagaimana menggunakan web VR?

Anda hanya perlu untuk menyiapkan browser yang kompatibel & headset VR khusus handphone. Berbagai merk headset VR mobile yaitu Miniso, Shinecon, Samsung Gear, Xiami mi VR box dll. Yang harganya termasuk sangat terjangkau.

Bagaimana cara setting untuk bisa menggunakan web VR dengan headset?

Sangat mudah untuk menggunkan mode VR, pada konten VR yang sedang Anda lihat, tekan icon cardboard/headset kemudian masukkan handphone Anda ke headset yang sudah Anda miliki.

Kekurangan & kelebihan VR website?

VR website memiliki kekurangan yaitu hanya bisa di akses ketika terkoneksi dengan internet. Fitur-fitur yang di development terbatas, biasanya hanya meliputi fitur perpidahan VR, insert informasi, foto, sound, & video, controler juga terbatas.

Tentunya VR web memiliki kelebihan yaitu hampir semua orang bisa menggunakan dengan bermodalkan koneksi & browser saja.

Penerapan VR website?
Untuk kebutuhan fitur-fitur sederhana bisa menerapkan membuat VR website, biasanya VR web digunakan untuk office tour, promosi atau sales property, dan bisa juga digunakan untuk menunjukkan tempat wisata.

  1. VR apps / mobile

VR apps ini berarti virtual reality yang dibuat dalam bentuk aplikasi baik android maupun ios. 

Bagaimana menggunakan VR apps?

Download di playstore atau ios, ada beberapa aplikasi yang di setting untuk menikmati kontennya perlu kemudian mendownload konten VRnya terlebih dahulu dalam aplikasinya.

Bagaimana cara setting untuk bisa menggunakan VR apps dengan headset?

Sama persis dengan VR web, cara menggunakan VR apps. Tinggal buka aplikasi VR nya, pada konten VR klik icon headset & masukkan ke dalam headset VR yang telah disiapkan.

Kekurangan & kelebihan VR apps?

VR apps memiliki kekurangan yaitu membutuhkan space karena harus diinstal di handphone. Tapi lebih memiliki banyak kelebihan, bahkan saat tidak ada koneksi internet konten VR masih bisa dipakai. Fitur-fitur dapat lebih banyak di development, misal fitur voice untuk terhubung ke VR milik partner lainnya atau milik customer. Fitur kuis, gamificationm score, timer, dll.

Penerapan VR apps?

VR apps dapat digunakan sebagai aplikasi modul training, aplikasi untuk sales, entertainment dan lainnya.

  1. VR Glasses

VR glasses dirancang untuk memberikan pengalaman terbaik saat masuk ke dunia virtual. Bentuknya seperti kacamata besar dan tanpa harus ada device tambahan lain seperti handphone didalamnya.

Ada 2 tipe VR glasses ini, VR versi Tethered atau paling familiar disebut VR PC/desktop & ada  VR stand alone.

Bagaimana setting & menggunakan VR glasses?

Jika headset Anda VR glasses versi PC/desktop, yang perlu Anda lalukan adalah mendownload & menginstal software headsetnya sesuai dengan merek masing-masing. Kemudian sambungkan headset Anda ke PC untuk mengkonfigurasinya, dan step treakhir buka aplikasi VR yang ingin Anda gunakan.

Untuk VR versi stand alone, VR ini sangat simpel untuk dipakai dan dibawa kemana-mana karena tanpa harus dihubungkan dengan desktop. Cara menggunakannya juga sangat mudah yaitu nyalakan headset VR Anda, download atau instal terlebih dahulu aplikasi VRnya, kemudian running aplikasinya.

Kekurangan & kelebihan VR glasses?

Harga VR glasses agak mahal itu yang menjadi kekurangannya tetapi memiliki kelebihan sesuai dengan harga yang perlu dikeluarkan.

Untuk VR PC/desktop jelas memiliki kekurangan tidak fleksibel karena harus terhubung dengan laptop/desktop. Namun, dengan adanya keluar versi VR stand alone, issue ini menjadi tidak masalah lagi.

VR glasses memberikan pengalaman yang luar biasa saat Anda menggunakannya, Anda akan benar-benar merasakan seperti berada didunia sesungguhnya. Otak kadang tidak bisa membedakan bahwa ini hanya simulasi atau sungguhan. Jantung berdeguk kencang ketika Anda seakan berada diketinggian.

Controller tangan kanan kiri menjadi kelebihan VR glasses ini, sehingga kita dapat membuat interksi seakan-akan menggunakan tangan kita sendiri.

Penerapan VR glasses?

VR glasses ini digunakan untuk pelatihan keselamatan kerja, pelatihan & assessment karyawan baru / sebelum onboarding, untuk strategy penjualan  property yang belum ada bangunan fisiknya. 

Dapatkan Virtual Reality & Augmented Reality Terbaik untuk Bisnis Anda

Konsultasi gratis dari Smarteye untuk kebutuhan VR dan AR Bisnis anda.

Write a Comment ...

Konsultasi Gratis, untuk Anda

Beragam fitur Virtual dan Augmented Reality telah kami sediakan untuk berbagai tujuan dan kebutuhan. Ketahui mana yang terbaik untuk anda secara cuma-cuma.