Mengenal Oculus Go dan Oculus Rift, Simak Perbedaan Spesifikasinya

Mengenal Oculus Go dan Oculus Rift, Simak Perbedaan Spesifikasinya

Perbedaan Oculus GO dan Oculus Rift bukan hanya terletak di harga

oculus go & oculus rift adalah masa depan teknolog VR dan AR

Informasi Penting Seputar Oculus Go dan Oculus Rift untuk Kamu

Bisa dibilang, perangkat Virtual Reality seri Oculus keluaran Facebook ini merupakan perangkat Virtual Reality terpopuler. Dari segi penampilan kacamata vr yang digunakan memang tidak terlalu berbeda. Oculus Rift memiliki perangkat tambahan yang harus di koneksikan ke laptop. Sedangkan Oculus GO dapat langsung digunakan tanpa perangkat tambahan seperti laptop dan kabel penghubung. Namun, apakah hanya itu perbedaannya? Simak perbedaan dan spesifikasi dari kedua perangkat Oculus berikut ini!

Harga

Berbeda harga tapi tujuan sama, kedua oculus tetap menarik

Paket untuk headset Oculus GO sendiri yaitu controller with lanyard, changer, lensa dan spacer kacamata lebih murah dibanding Oculus Rift. Tergantung juga dengan kapasitas penyimpanannya. Semakin memiliki penyimpanan yang banyak maka harga juga makin mahal.

Sedangkan untuk Oculus Rift, kamu harus mengocek kantong lebih dalam. Harga tersebut termasuk perangkat Oculus Rift itu sendiri beserta dua sensor dan dua touch controllers.

Aspek dan Spesifikasi Teknis, Mana yang Lebih Unggul?

Wow! Serunya bermain game dengan oculus rift dan go

Dari segi teknis, berikut perbedaan dari Oculus Rift vs Oculus GO:

  • Perangkat keras. Seri Go memiliki 2560 x 1440 fast-switch untuk layar LCD sendiri, sedangkan seri Rift memiliki tampilan OLED 1080 x 1200 per mata. Kejelasan dari gambar seri Go dianggap cukup baik, namun perangkat seri Rift dianggap masih memimpin karena memiliki tampilan yang lebih smooth.
  • Mikrofon. Para pengguna dapat memakai headphone sendiri yang diinginkan. Oculus GO memiliki jack built 3.5 mm sementara Oculus Rift harus menyambungkan ke komputer terlebih dahulu. Dalam hal ini Oculus Rift memiliki kelengkapan yang mempunyai kekuatan untuk audio. Jadi meskipun seri GO memiliki speaker yang baik tetap saja seri Rift memiliki kelebihan yang lebih baik dalam segi audio.
  • Sensor. Dalam hal pelacakan, perangkat seri Rift justru memiliki sensor lebih baik yang disebut outside-in-tracking dimana pengguna dapat melangkah maju, sisi ke sisi, melompat bahkan merangkak. Tak mau kalah Controller perangkat seri Go memiliki ketepatan dalam pelacakan sehingga bisa menyeimbangi Oculus Rift. Dalam poin ini perangkat seri Rift memiliki kekuatan lebih daripada perangkat seri GO.

Tak hanya itu nilai plus dari Oculus GO yaitu tidak perlu terhubung melalui komputer. Hanya dengan melalui koneksi WIFI, kamu dapat mendapatkan konten yang disediakan secara gratis maupun berbayar. Sedangkan Oculus Rift membutuhkan komputer atau laptop dengan spesifikasi tertentu untuk memainkan dan mendapatkan konten yang dapat dimainkan.

Jadi, sudahkah kamu memutuskan. Mana yang lebih unggul dari keduanya? Jika disimpulkan perangkat seri Rift lebih unggul dalam hal kualitas gambar, audio, hingga sensor. Meski demikian, Oculus GO bisa beroperasi meski tak terhubung dengan komputer.

Konten

Dari segi konten, perangkat Rift memiliki akses permainan lebih banyak dibanding perangkat seri GO. Kendati demikian, Oculus GO memiliki lebih dari 1.000 aplikasi dan konten permainan yang dapat di unduh melalui WIFI.

Selain permainan, Oculus GO juga memiliki fitur menonton video 360 derajat dan menyimpannya di dalam perangkat.

Jadi, mana device yang paling tepat untuk kamu? Oculus GO atau Oculus Rift?

Dari segi resolusi layar, seri Rift dianggap jauh lebih unggul dibanding seri GO. Namun dari segi sensor, Oculus GO cukup dapat memanjakan pengguna yang memakainya.

Dari segi interaksi, tentu seri Rift menawarkan variasi lebih banyak dan nyata mengingat dua perangkat kontrol untuk kedua tangan pengguna yang dapat digunakan selama pemakaian perangkat.

Oculus GO bisa dibilang cocok untuk kamu yang menginginkan perangkat VR yang independen tanpa koneksi ke laptop spesifikasi tinggi. Terlebih, harganya lebih terjangkau dibanding dengan seri Rift.

Walaupun memang, dari segi tampilan, kualitas, dan pemakaian, Oculus Rift akan selalu memimpin dari Oculus GO.

Jadi, sudah tahu mau membeli seri Oculus yang tepat untuk kamu?

Perangkat Oculus Terbaru, Oculus Quest 2

Ingin membeli salah satu dari kedua perangkat Oculus yang ada di atas? Sayangnya, Oculus sudah tidak lagi memproduksi kedua perangkat, baik seri GO maupun seri Rift. Seri Rift sendiri terakhir dirilis pada bulan Mei 2019 lalu, mengikuti perilisan Oculus Rift S dengan spesifikasi yang lebih ciamik.

Namun, jangan khawatir. Oculus telah mengeluarkan headset VR terbaru bernama Oculus Quest 2 yang jauh lebih canggih dibanding seri sebelumnya.

Pada saat perilisan, Oculus Quest 2 banyak dinanti-nantikan karena berbagai kelebihannya. Beberapa diantaranya seperti kualitas grafik yang lebih tajam, fitur motion tracking yang lebih baik, wireless, serta desainnya yang lebih kecil, enteng dan juga modern. Dengan harga yang cukup terjangkau, perangkat ini jadi salah satu rekomendasi utama baik bagi pemula yang ingin masuk ke dalam dunia VR ataupun untuk profesional.

Spesifikasi Oculus Quest 2

  • Prosesor: Snapdragon 865
  • Kapasitas RAM: 6 GB
  • Kapasitas Memori: 128 GB
  • Resolusi: 1.920 x 1.832 piksel
  • Refresh Rate: 72Hz
  • Lama Penggunaan: 2-3 jam

Ingin tahu lebih lanjut tentang penggunaan Virtual Reality ataupun Augmented Reality bagi bisnis atau usaha kamu? smarteye.id bisa jadi pilihan kamu! Sebagai salah satu top konsultan VR dan AR di Indonesia, kamu bisa menyesuaikan penggunaan teknologi VR dan AR sesuai kebutuhan. Mau tahu lebih lanjut? Hubungi kami di sini!

Mengenal Oculus Go dan Oculus Rift, Simak Perbedaan Spesifikasinya

Asri Amanta

I swear Shinji and Kaworu are meant to be for life. The one behind all of smarteye.id's digital and content marketing strategy.