Mengenal Oculus Go dan Oculus Rift, Simak Perbedaan Spesifikasinya

Perbedaan Oculus GO dan Oculus Rift bukan hanya terletak di harga

Mengenal Oculus-SmartEye(dot)id

Bisa dibilang, perangkat Virtual Reality seri Oculus keluaran Facebook technologies ini merupakan perangkat Virtual Reality terpopuler. Dari segi penampilan kacamata vr yang digunakan memang tidak terlalu berbeda. Oculus Rift memiliki perangkat tambahan yang harus di koneksikan ke laptop. Sedangkan Oculus GO dapat langsung digunakan tanpa perangkat tambahan seperti laptop dan kabel penghubung. Namun, apakah hanya itu perbedaannya? simak perbedaan dan spesifikasi dari Oculus Rift dan Oculus GO berikut ini!

Harga

Mengenal Oculus-Smarteye(dot)id

 

Dapatkan Virtual Reality & Augmented Reality Terbaik untuk Bisnis Anda
Konsultasi gratis dari Smarteye untuk kebutuhan VR dan AR Bisnis anda

Paket untuk headset Oculus GO sendiri yaitu controller with lanyard ,changer,lensa dan spacer kacamata dengan mengocek harga $ 199 untuk model 32GB dan $ 249 untuk 64 GB semakin memiliki penyimpanan yang banyak maka harga juga berbeda.

Sedangkan untuk Oculus Rift, anda harus mengocek kantong sebesar $399. Harga tersebut termasuk perangkat Oculus Rift itu sendiri beserta dua sensor dan dua oculus touch controllers.

 

 

Aspek dan Spesifikasi Teknis

perbandingan oculus go dan oculus rift - smarteye(dot)id - techradar

Dari segi teknis, berikut perbedaan dari Oculus Rift vs Oculus Go:

  •  Perangkat keras , Oculus Go memiliki 2560 x 1440 fast-switch untuk layar LCD sendiri, sedangkan Oculus Rift memilliki tampilan OLED 1080 x 1200 per mata. Kejelasan dari gambar Oculus Go cukup baik akan tetapi Oculus Rift masih memimpin karena lebih smooth untuk tampilan.
  • Microfon,  Para pengguna dapat memakai headphone sendiri yang diinginkan. Oculus Go memiliki jack built 3.5 mm sementara Oculus Rift harus menyambungkan ke komputer terlebih dahulu. Dalam hal ini Oculus Rift memiliki kelengkapan yang mempunyai kekuatan untuk audio. Jadi meskipun Oculus Go memiliki speaker yang baik tetap saja Oculus Rift kuat dalam audio.
  • Sensor, Dalam hal pelacakan Oculus Rift justru memiliki sensor lebih baik yang disebut outside-in-tracking dimana pengguna dapat melangkah maju, sisi ke sisi, melompat bahkan merangkak. Tak mau kalah Controller Oculus Go memiliki ketepatan dalam pelacakan sehingga bisa menyeimbangi Oculus Rift. Dalam poin ini Oculus Rift memiliki kekuatan lebih daripada Oculus Go.

Tak hanya itu nilai plus dari Oculus Go yaitu tidak perlu terhubung melalui komputer. Hanya dengan melalui koneksi WIFI anda dapat mendapatkan konten yang disediakan secara gratis maupun berbayar. Sedangkan Oculus Rift membutuhkan komputer atau laptop dengan spesifikasi tertentu untuk memainkan dan mendapatkan konten yang dapat dimainkan.

 

Konten

Mengenal Oculus-SmartEye(dot)id

 

Dari segi konten, Oculus Rift memiliki akses permainan lebih banyak dibanding Oculus GO. Kendati demikian, Oculus GO memiliki lebih dari 1.000 aplikasi dan konten permainan yang dapat di unduh melalui WIFI.

Selain permainan, Oculus GO juga memiliki fitur menonton video 360 derajat dan menyimpannya di dalam perangkat.

Jadi, mana yang paling tepat untuk anda?

Dari segi resolusi layar, Oculus Rift jauh lebih unggul dibanding Oculus GO. Namun dari segi sensor, Oculus GO cukup dapat memanjakan pengguna yang memakainya.

Dari segi interaksi, tentu Oculus Rift menawarkan variasi lebih banyak dan nyata mengingat dua perangkat kontrol untuk kedua tangan pengguna yang dapat digunakan selama pemakaian perangkat.

Oculus GO bisa dibilang cocok untuk anda yang menginginkan perangkat VR yang independen tanpa koneksi ke laptop spesifikasi tinggi. Terlebih, harganya lebih terjangkau dibanding dengan Oculus Rift.

Walaupun memang, dari segi tampilan, kualitas, dan pemakaian, Oculus Rift akan selalu memimpin dari Oculus GO.

Jadi, sudah tahu mau membeli Seri Oculus yang tepat untuk anda?

Kami juga memberikan fasilitas untuk mengenal kedua oculus agar bisa merasakan secara langsung dan tertarik untuk memiliki salah satu dari Oculus Rift atau Oculus Go . Jika tertarik langsung klik disini .

Post Author: Refi Zefanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *