Saat kita membicarakan masa depan, tentu bahasan tidak akan jauh-jauh dari berbagai teknologi, gawai, dunia digital hingga berbagai media sosial. Kini, kita sudah menikmati teknologi augmented reality (AR) dalam dunia pendidikan, pelatihan, hingga hiburan. Kabarnya, AR akan makin berkembang menjadi mixed reality. Tentu, sebagai pengembangan dari AR, mixed reality punya banyak kelebihan, apa saja kelebihan dan kekurangan mixed reality?

Ingin tahu lebih lanjut tentang apa itu Mixed Reality? Klik di sini!

Kelebihan

Pengaturan yang Mudah

Dengan perangkat yang sudah banyak di pasaran, mixed reality mudah diterapkan. Dengan memasang sensor eksternal di ruangan yang tesedia, dan digabungnya dengan headset, misalnya Windows Mixed Reality mudah digunakan. Perangkat-perangkat ini portable dan mudah dipindahkan.

Murah

Perangkat headset Windows Mixed Reality kini sudah dapat ditemui dimanapun. Karena banyak pabrikan yang mulai membuatnya. Headset ini juga dapat langsung bundling dengan motion controller serta kompatibel dengan berbagai perangkat computer. Dengan harga yan terjangkau, tentu mixed reality mudah diaplikasikan. Tak terkecuali untuk mixed reality untuk pendidikan.

Game & Konten Melimpah

Tahukah Anda? Kini, Microsoft saat ini sedang bekerja sama dengan 343 industri untuk membawa game Halo menjadi Mixed Reality. Selain itu berbagai content partner juga siap menghadirkan banyak konten Mixed Reality ke Windows Store. Bahkan, Steam juga akan membawa berbagai konten didalamnya menjadi Mixed Reality.

Kelemahan

image by this is engineering by pexels.com

Selain beragam kelebihan, Mixed Reality juga punya kekurangan. Yakni, tidak mudah dipahami oleh banyak orang. Jangankan untuk mixed reality, virtual reality aja masih sulit diterima. Oleh karena itu, diperlukan edukasi dan sosialisasi lebih lanjut tentang teknologi ini.

Selain sulit dipahami, teknologi ini membutuhkan pelatihan khusus bagi penggunanya, tidak semudah menggunakan smartphone tentunya. Tentu, pelatihan-pelatihan khusus akan menguras biasa tertentu yang harus dikeluarkan.


Setelah mempelajari kelebihan dan kekurangan mixed reality, akan lebih tepat jika kita juga mendalami terlebih dahulu apa itu augmented reality. Jika Anda penasaran dengan layanan augmented reality terbaik, klik tombol di bawah ini:

Pelajari AR di Sini!

Dapatkan Virtual Reality & Augmented Reality Terbaik untuk Bisnis Anda

Konsultasi gratis dari Smarteye untuk kebutuhan VR dan AR Bisnis anda.

Write a Comment

Konsultasi Gratis, untuk Anda

Beragam fitur Virtual dan Augmented Reality telah kami sediakan untuk berbagai tujuan dan kebutuhan. Ketahui mana yang terbaik untuk anda secara cuma-cuma.