Mudik lebaran selalu menjadi momen yang ditunggu oleh kebanyakan orang di Indonesia. Meski melelahkan, berdesakan, hingga menghabiskan waktu, mudik lebaran layak untuk diperjuangkan. Rasa rindu orang tua, saudara, atau bahkan kenangan di kampung halam menjadi alasan utama. Namun, sejak tahun 2020, mudik lebaran harus digantikan mudik virtual karena pandemi Covid-19. Lantas bagaimana dengan mudik lebaran 2021?

Kini, pandemi belum berakhir dan mudik lebaran 2021 terancam ditiadakan. Pemerintah melalui Menteri Koordinator PMK, Muhadjir Effendy melarang kegiatan mudik lebaran 2021. Keputusan diambil dengan pertimbangan makin tingginya tingkat penularan dan kematian akibat Covid-19 setiap usai libur panjang. Jika sudah demikian, harus bagaimana? Tentu mudik virtual jadi pilihan. Nah, agar tidak terasa sepi dan membosankan, simak 5 tips agar lebaran virtual tetap seru!

Jadwalkan Pertemuan Virtual sebagai Pengganti Mudik Lebaran 2021

photo by pexels.com

Meski terkesan sepele, menjadwalkan pertemuan virtual penting agar semua anggota keluarga dapat ter-mention. Anggota keluarga atau sanak saudara yang berada di tempat yang jauh dapat meluangkan waktu khusus sehingga lebih fokus pada cara silaturahmi virtual yang diadakan.

Memang, pertemuan virtual semacam ini tidak akan menggantikan silaturahmi fisik. Namun, dengan fokus dan interaksi langsung dua arah, silaturahmi virtual tidak akan kehilangan makna. Kehangatan hubungan tetap akan tercapai meski silaturahmi secara virtual. Tujuan silaturahmi pun akan tetap tercapai, yakni makin kuatnya hubungan dalam keluarga.  

Tak cuma silaturahmi, berwisata juga bisa tetap aman selama pandemi lho!

Santap Hidangan Bersama

photo by pexels.com

Setelah menyepakati jadwal silaturahmi virtual, lanjutkan agenda mudik virtual dengan menyantap hidangan bersama. Tempat yang berjauhan, makanan yang berbeda, hingga minuman yang mungkin juga berbeda tidak akan terasa selama dalam kebersamaan. Ya, kebersamaan virtual. Bersama dalam sinyal, bersama dalam dunia digital.

Dengan niat yang kuat dan keikhlasan, makan bersama secara virtual bisa jadi sangat nikmat dan seru. Nilai silaturahmi akan tetap terjalin dan suasana lebaran masih akan tetap terasa. Dan yang pasti, cara ini dapat mengamankan semuanya. Kontribusi Anda ini sangat berarti dalam mengurangi penularan Covid-19.

Buat Kontes Kecil-Kecilan

photo by pexels.com

Inilah bumbu mudik lebaran 2021 secara virtual yang tidak boleh dilupakan. Selain makan bersama secara virtual, kontes kecil – kecilan juga akan membuat suasana semakin seru. Anda bisa menyusun semacam kepanitiaan kontes foto misalnya, nah untuk jurinya bisa dipilih dari sesepuh dalam keluarga.

Nantinya, dari keluarga-keluarga kecil yang mengirimkan foto akan dipilih yang terseru, tergokil, atau teramai, dan ter-ter lainnya. Jadi, kontes ini bukan mencari juara, tapi cari yang ter, ter. Tentu cara ini lebih seru dan jauh dari kesan kompetisi. Karena harus diingat, bahwa kontes ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi.

Bermain game bersama juga akan mempererat tali silaturami. Apalagi kalo gamenya game VR. Simak keseruannya di sini!

Saling Tukar Kiriman di Momen Mudik Lebaran 2021

photo by pexels.com

Meski saling bertukar kiriman bisa dilakukan sebelum lebaran, namun jika dilakukan secara bersama-sama mengirimnya atau menerimanya, tentu akan lebih seru. Ok, mungkin jasa pengiriman sedang sibuk saat lebaran, Anda bisa saling mengirimkan kado atau parcel. Nah, saat momen mudik lebaran ini Anda tinggal tukar resi.

Atau biar lebih seru, pengiriman dilakukan sebelum lebaran. Dan saat paket tiba, harus ada kesepakatan untuk tidak membuka paket. Saat silaturahmi virtual, baru paket di-unboxing secara bersama-sama. Gimana? seru kan?

Lihat juga: Penggunaan Virtual Reality dalam Pembelajaran Siswa

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan saat lebaran virtual. Larangan mudik lebaran 2021 bukan penghalang silaturahmi, selama ada teknologi. Jika kamu penasaran dengan teknologi terkini untuk berinteraksi, coba klik di sini!

Dapatkan Virtual Reality & Augmented Reality Terbaik untuk Bisnis Anda

Konsultasi gratis dari Smarteye untuk kebutuhan VR dan AR Bisnis anda.

Write a Comment

Konsultasi Gratis, untuk Anda

Beragam fitur Virtual dan Augmented Reality telah kami sediakan untuk berbagai tujuan dan kebutuhan. Ketahui mana yang terbaik untuk anda secara cuma-cuma.