Ayo Jalan-Jalan ke Masa Depan melalui Museum Virtual Tour Imersif di Dubai!

Ayo Jalan-Jalan ke Masa Depan melalui Museum Virtual Tour Imersif di Dubai!

Yuk, Simak Apa Saja Teknologi Yang Diterapkan Pada Dubai Museum Virtual Tour Dengan Pengalaman Yang Luar Biasa! 

Museum virtual tour Museum of The Future
Photo by Artnews 

Dubai baru saja meresmikan salah satu museum terbaru mereka yakni Museum of The Future, pada 22 Februari 2022 lalu. Museum of The Future memiliki konsep yang berbeda dan canggih. Mereka menyediakan virtual tour yang bisa membawa pengunjung menjelajahi luar angkasa serta teknologi masa depan.

Museum of The Future sendiri menarik banyak perhatian dunia pada saat perilisannya, karena bentuk bangunan yang unik dan juga futuristik. Dengan bentuk bangunan oval dan ukuran kaligrafi 3 dimensi di setiap sudutnya, wajar jika banyak orang ingin mengunjungi museum ini.

Baca juga: Museum Nasional Virtual Tour Yang Seru!

Teknologi Virtual Yang Disediakan Museum of The Future

  • Pergi Ke Luar Angkasa Secara Virtual
Museum virtual tour OSS Hope
Photo by AD Middle East

Perjalanan pertama, kamu akan dibawa ke luar angkasa secara virtual dengan teknologi mixed reality. Museum virtual tour ke luar angkasa akan dimulai dari Mohammed bin Rashid Space Port atau stasiun pusat milik pemerintah Dubai yang mengerjakan program luar angkasa UEA (Uni Emirat Arab)

Dari Mohammed bin Rashid Space Port, kamu akan diajak menaiki replika pesawat NASA tahun 1981. Kemudian, kamu akan lepas landas secara virtual ke OSS Hope atau stasiun luar angkasa yang terletak 600 km di atas bumi.

Penerbangan menuju OSS Hope akan memakan waktu 4,5 menit. Selama perjalanan, kamu dapat menikmati pemandangan daratan bumi dari luar angkasa secara virtual. 

Saat sampai, kamu akan diantar menuju pusat OSS Hope untuk melihat pemandangan galaksi yang menakjubkan. Setelah berlabuh di stasiun luar angkasa, kamu akan dibawa ke pusat komando stasiun untuk melihat pemandangan bulan dan galaksi yang luas.  

Tidak hanya melihat pemandangan luar angkasa saja, museum virtual tour ini mengajakmu menyelesaikan misi dengan memantau fenomena yang terjadi di luar angkasa maupun di bumi. Dengan misi tersebut, kamu dapat menemukan cara untuk menyelesaikan berbagai masalah dan fenomena alam yang terjadi di bumi.

Virtual tour ini bertujuan untuk memberi pengunjung harapan atas masa depan dunia maupun Dubai.Tidak hanya mengedukasi, tapi juga dapat memberikan rasa optimis untuk kehidupan yang lebih baik di masa depan.

  • Jalan-jalan Ke Hutan Amazon Digital 

Setelah jalan-jalan virtual ke luar angkasa, kamu akan melanjutkan tur kedua di Heal Institute. Heal Institute merupakan tempat yang menghadirkan hutan Amazon virtual, yang menerapkan teknologi mixed reality dan augmented reality mutakhir. Pada museum virtual tour ini, kamu akan belajar banyak tentang hutan Amazon. 

Kamu dapat melihat dan mempelajari DNA 2.400 spesimen yang ada di hutan Amazon. Tampilan spesimen ini didukung dengan ukiran laser 3D seperti hologram, yang sangat futuristik dan imersif di dalam sebuah toples kristal. Tampilan tersebut tentunya dapat membantu kamu memahami spesimen yang masih hidup ataupun yang akan punah pada tahun 2071, akibat perubahan iklim yang mungkin akan terjadi.

  • Penggunaan AI dan Robot Digital Assistant
Museum virtual tour dengan Ameca
Photo by Wired

Teknologi virtual lainnya yang disediakan pada museum ini yaitu penerapan AI dan robot assistant bernama Ameca. Ameca merupakan robot menyerupai manusia yang terintegrasi dengan teknologi AI dan sangat canggih. 

Ia dapat menjawab semua pertanyaanmu, lho! Selain Ameca, Museum of The Future juga memiliki contoh penerapan robot dan teknologi AI lain seperti flying dolphin dan flying jellyfish.

Lihat juga: 4 Masalah Extended Reality yang Perlu Anda Tahu!


Sangat seru bukan jalan-jalan ke Museum of The Future di Dubai! Museum ini memiliki konsep yang unik dengan penerapan lingkungan digital yang membawa kamu untuk jalan-jalan virtual ke masa depan. 

Tidak hanya itu, museum ini juga menerapkan teknologi virtual reality (VR), mixed reality (MR), dan augmented reality (AR) dengan pengalaman luar biasa.

Penerapan teknologi tersebut juga dapat diimplementasikan sesuai kebutuhan bisnis kamu, lho! Ketahui lebih lanjut mengenai penerapan teknologi augmented reality dan virtual reality di berbagai industri dengan konsultasi gratis bersama smarteye.id sebagai penyedia jasa VR AR terbaik di Indonesia.

Ayo Jalan-Jalan ke Masa Depan melalui Museum Virtual Tour Imersif di Dubai!

Margaret Wuwur

Besides analyzing data, data, data. Sometimes I write too, somewhere and sitting on a black chair.