Nggak Bebas Traveling? Coba Paket Virtual Tour!

Nggak Bebas Traveling? Coba Paket Virtual Tour!

Pandemi COVID-19 yang tak kunjung usai memaksa manusia untuk beradaptasi agar dapat tetap menjalankan aktivitas sehari-hari. Mulai dari bekerja di kantor berganti dengan bekerja di rumah, belanja di mall berganti belanja di e-commerce, hingga berwisata.

COVID-19 juga membuat banyak industri terpukul dan harus bisa beradaptasi. Salah satunya adalah industri pariwisata. Karena pengunjung tidak bisa langsung mendatangi tempat wisata, maka mulai muncullah berbagai layanan paket virtual tour. Virtual tour sendiri merupakan tur biasa yang layaknya diikuti banyak orang, namun dilakukan secara virtual, dengan teknologi Virtual Reality.

Dari semula harus datang ke suatu tempat, kini bisa dilakukan secara virtual. Apa dan sebenarnya bagaimana paket liburan ini bisa berkembang dan diikuti banyak orang?

Lihat juga: Wisata Aman di Tengah Pandemi dengan Virtual Reality

Mengapa Perlu Paket Virtual Tour?

jalan jalan secara virtual
Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Memang, dengan berbagai platform yang ada, seperti Google Maps dengan fitur Satellite kita bisa menjelajah berbagai tempat yang kita inginkan. Namun, tentu tidak semua tempat bisa kita jelajahi. Hanya jalan-jalan tertentu beserta bangunan di sekitarnya yang dapat di­-capture. Karena memang pada dasarnya Google Maps diciptakan untuk memberikan petunjuk jalan bagi kita semua, para penggunanya.

Oleh karena itu, kita memerlukan paket tour ini, agar wisata virtual yang kita lakukan lebih terarah dan mendapatkan kepuasan maksimal. Pengetahuan kita tentang destinasi wisata pun lebih luas. Paket tour ini juga akan mempermudah virtual tour yang kita lakukan. Tak perlu bingung mau kemana, hanya mengklik pilihan yang ada, Anda pun berwisata. Lantas, paket virtual tour apa saja yang menarik?

Lihat juga: Pergi ke museum secara virtual juga menyenangkan lho!

Travalal Virtual

layanan tour umroh secara virtual
Foto oleh Konevi dari Pexels

Tahu platform travel bernama Travalal? Berbeda dengan platform lain, Travalal khusus menyediakan layanan tour halal di berbagai negara. Di saat pandemi seperti sekarang dimana banyak orang yang tidak bisa melaksanakan umroh ataupun haji, Travalal pun membuka layanan umroh virtual. Tentu saja, umroh ini belum tentu sah secara hukum agama. Namun, mengobati kerinduan pada tanah suci dengan kehadiran virtual tidak ada salahnya bukan? Penasaran ingin coba?

Jalan-jalan Virtual Museum Nasional Indonesia

virtual tour Museum Nasional Indonesia
sumber: museumnasional.iheritage.id

Inilah paket virtual tour bagi para pecinta museum dan wisata sejarah. Hanya dengan masuk website Museum Nasional, kamu dapat berjalan-jalan sepuasnya di museum ini. Tidak hanya melihat-lihat koleksi museum, tersedia juga berbagai penjelasan tentang benda-benda yang tersedia. 

Selama berada di dalam perjalanan virtual, kamu juga akan ditemani alunan musik yang menenangkan. Jadi, pastikan gunakan headset saat melakukan virtual tour di museum nasional ya!

Kunjungi Amerika Serikat dengan Google Earth

Tidak hanya Indonesia, kamu pun dapat mengikuti paket virtual tour di Amerika Serikat dengan Google Earth. Beberapa lokasi yang bisa kamu kunjungi adalah Taman Nasional Yosemite dan kumpulan gunung merapi di Hawaii. Ikuti berbagai pilihan virtual tour 360 derajat dan nikmati pemandangannya!

Paket Virtual Tour Scuba Diving

Kalau kamu suka menyelam ataupun scuba diving, pilihan paket virtual tour yang satu ini cocok untuk kamu! National Geographic telah bekerja sama dengan GoPro untuk menampilkan berbagai pilihan virtual tour 360 derajat yang bisa kamu akses secara gratis! 

Dengan menggunakan headset Oculus Quest, kamu memiliki kesempatan untuk berenang bersama Paus Bungkuk di Antartika. Ataupun menikmati keindahan terumbu karang Indonesia. Untuk bisa mengikuti pilihan tur virtual lainnya, kamu bisa langsung membuka website National Marine Sanctuaries Amerika Serikat!

Jalan-Jalan Santai di Berbagai Situs Warisan Dunia

Lebih suka untuk duduk santai dan menikmati tur dengan tenang? Kalau iya, maka kamu bisa mengikuti berbagai pilihan paket virtual tour di berbagai situs warisan dunia UNESCO. Terdapat berbagai pilihan tempat indah yang bisa kamu pilih mulai dari museum Louvre, puncak gunung St Moritz di Swiss, hingga Tembok Besar Tiongkok. 

Pilihan virtual tour ini bisa kamu akses langsung melalui website resmi UNESCO


Setelah mengetahui berbagai pilihan paket virtual tour yang tersedia, apakah sekarang kamu tertarik untuk mengikuti tur virtual? Cukup memiliki perangkat yang memadai, kamu dapat keliling dunia dengan mudah!

Kalau kamu tertarik dan ingin menggunakan teknologi VR ataupun AR untuk bisnis kamu, smarteye.id bisa jadi pilihan tepat! smarteye.id menyediakan jasa pembuatan teknologi VR dan AR terbaik di Indonesia. Kamu bisa konsultasikan kebutuhan kamu secara gratis dan kustomisasi sesuai keinginan. Tunggu apalagi? Yuk, hubungi smarteye.id sekarang juga!

Nggak Bebas Traveling? Coba Paket Virtual Tour!

Asri Amanta

I swear Shinji and Kaworu are meant to be for life. The one behind all of smarteye.id's digital and content marketing strategy.