Oculus Quest, Perangkat VR Terbaru dari Oculus. Apa Bedanya?

Event Oculus Connect 5 yang jatuh pada tanggal 26 dan 27 September 2018 di San Jose, Amerika Serikat menampilkan antusiasme pengunjung ketika Mark Zuckerberg mengumumkan perangkat Virtual Reality dari Oculus yang terbaru; Oculus Quest.

Dalam acara Oculus Connect 5 di San Jose, Amerika Serikat, Mark Zuckerberg, founder sekaligus CEO dari Facebook secara resmi mengumumkan Oculus Quest sebagai perangkat Virtual Reality terbaru yang akan meluncur pada Musim Semi Amerika Serikat 2019.

Oculus-Quest-smarteye(dot)id- credits to uploadVR
credits to uploadVR

Oculust Quest merupakan perangkat Virtual Reality yang menjebatani fitur dan kelebihan dari Oculus Go dan Oculus Rift. Oculus Quest tidak menggunakan kabel maupun memerlukan PC kualitas tinggi seperti Oculus Rift, namun tetap menghadirkan performa yang sebanding dengan perangkat andalan Oculus tersebut. 

Oculus Quest juga memiliki sensor 6DOF yang mana gerakan atas, bawah, kanan, kiri maupun maju dan mundur pengguna akan terdeteksi dan memengaruhi pergerakan pemain dalam dunia Virtual yang dimainkan. Tentu hal ini merupakan satu langkah lebih maju dari Oculus Go yang hanya menggunakan sensor 3DOF.

oculus-quest-smarteye(dot)id-credits to digital trends
credits to digital trends

Lebih serunya, perangkat Virtual Reality yang stand-alone  ini memiliki track dari dalam dan luar pada headset. Hal ini memungkinkan anda berjalan keliling rumah anda sendiri tanpa takut terbentur, karena sensor track dari Oculus Quest akan menampilkan secara otomatis benda yang harus anda hindari ke dalam layar.

Dapatkan Virtual Reality & Augmented Reality Terbaik untuk Bisnis Anda
Konsultasi gratis dari Smarteye untuk kebutuhan VR dan AR Bisnis anda

Perangkat Virtual Reality ini juga menggunakan dua controller yang dilengkapi fitur touch seperti Oculus Rift. Sehingga kebebasan pengguna dalam merasakan hands presence akan lebih nyata.

oculus quest-smarteye(dot)id-credits to kopitiam bot
credits to koptiam bot

Mark menambahkan, Oculus Quest adalah perangkat yang diciptakan berdasar observasi ke beberapa komunitas Virtual Reality yang menggunakan Oculus Go dan Oculus Rift. Dengan demikian, pihak Oculus mendapat gambaran seperti apa perangkat yang dapat menyeimbangi kedua fitur dari Oculus Go dan Oculus Rift.

Pembukaan sesi keynote speaker Oculus Connect 5 ditutup oleh Mark dengan mempersilahkan pengunjung  mencoba Oculus Quest secara langsung di arena yang telah disediakan.

Perangkat ini siap diluncurkan pada Musim Semi 2019 dan dapat dimiliki dengan harga mulai dari USD 399.

Post Author: Atikah

Content, SEO and Digital Marketing officer of SmartEye.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *