Apakah Komputer Anda “VR Ready” untuk Oculus Rift? Cek Spesifikasinya Disini!

 

Setidaknya sampai akhir tahun ini, Oculus Rift masih menjadi perangkat Virtual Reality andalan yang menyajikan performa dan kualitas konten VR terbaik. Salah satu alasannya, perangkat Virtual Reality ini mengharuskan koneksi PC spesifikasi tertentu untuk performa terbaik. PC seperti apa yang dikategorikan sebagai “VR Ready” untuk Oculus Rift?

pc vr ready oculus rift - credits to digital trends - smarteye (dot)id
Credits to Digital Trends

 

Kendati pihak Facebook telah mengumumkan peluncuran Oculus Quest pada Musim Semi Amerika Utara di tahun 2019, tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini Oculus Rift masih merajai sebagai perangkat Virtual Reality terbaik dengan performa maksimal.

Perangkat ini mampu menyuguhkan pengalaman yang lebih baik dibandingkan dengan virtual reality yang dimainkan lewat smartphone, maupun dibanding stand-alone VR lain seperti Oculus Go.

Dapatkan Virtual Reality & Augmented Reality Terbaik untuk Bisnis Anda
Konsultasi gratis dari Smarteye untuk kebutuhan VR dan AR Bisnis anda

Walau salah satu kekurangan dari perangkat Virtual Reality ini adalah adanya kabel penghubung antar perangkat VR dengan laptop/PC yang dapat membuat pengguna kurang nyaman, tidak bisa dipungkiri bahwa penghubung antar PC dan perangkat Oculus Rift sendiri adalah alasan utama kenapa performa dari perangkat VR ini dapat berjalan maksimal.

Rupanya, PC yang dibutuhkan untuk mencapai performa ini pun memiliki spesifikasi khusus. Simak spesifikasinya berikut ini;

 

Spesifikasi Komputer Untuk Oculus Rift

Headset Rift memerlukan komputer atau PC untuk processing source. Jadi headset VR tersebut bukan perangkat yang berdiri sendiri sehingga memerlukan perangkat tambahan agar dapat langsung dimainkan. Sehingga, dibutuhkan spesifikasi minimal seperti biawah ini;

  • Kartu Grafis: AMD R9 290 atau NVIDIA GTX 970
  • Processor atau CPU : Intel i5-4590
  • RAM : 8 GB
  • USB Ports: 1 x USB 2.0 port dan 3x USB 3.0 ports
  • Video Output: Kompatibel HDMI 1.3
  • Sistem Operasi: Windows 7 SP1 64 bit

Tentunya spek di atas tergolong cukup tinggi, namun kabar baiknya pihak Oculus mengkonfirmasi akan terus melakukan pembaharuan agar pemilik komputer dapat menikmati pengalaman VR yang mengesankan tanpa keterlambatan transfer data di dalam perangkat.

Walaupun menurut spesifikasi minimum perangkat Rift sudah dapat berjalan pada perangkat PC dengan OS Windows 7. Oculus lebih menyarankan para pengguna Rift untuk update sistem operasi PC mereka ke Windows 10.

Alasannya, pihak Microsoft sendiri saat ini sudah mulai mengurangi dukungan untuk Windows 7 dan Windows 8.1. Nantinya fitur – fitur baru Rift hanya akan dapat dinikmati jika komputer Anda berjalan dengan Windows 10

Secara umum Rift masih dapat digunakan pada Windows 7 atau Windows 8.1. Namun jika Rift meluncurkan fitur baru, pengguna dengan sistem operasi tersebut belum dapat menikmatinya sebelum melakukan update PC ke OS Windows 10. Fitur eksklusif Windows 10 yang dimaksud di antaranya adalah Oculus Desktop.

Pada dasarnya fitur tersebut memungkinkan para pengguna untuk mengakses desktop pada tampilan yang dioptimalkan untuk Virtual Reality. Hal ini tentu jauh lebih praktis daripada Anda harus melepaskan headset setiap akan mengakses desktop di tengah-tengah sesi VR.

Demikian ulasan singkat mengenai spesifikasi PC VR Ready untuk Oculus Rift.  Perangkat VR ini menawarkan sejumlah kelebihan yang tidak dimiliki oleh para pesaingnya. Memang, untuk mendapatkan pengalaman terbaik dengan Rift, Anda harus menggunakan PC dengan spesifikasi “VR Ready” yang sesuai.

Post Author: Atikah

Content, SEO and Digital Marketing officer of SmartEye.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *