Pengalaman Baru Berolahraga dengan Mixed Reality

Pengalaman Baru Berolahraga dengan Mixed Reality

Informasi Olahraga Terbaru dengan Mixed Reality, Ingin Coba?

Saat ini berolahraga bisa dilakukan dengan berbagai cara dan di mana saja seperti di rumah maupun tempat kebugaran. Dengan terus berkembangnya teknologi pada saat ini, pengalaman berolahraga dapat kamu coba melalui teknologi mixed reality (MR). 

Teknologi mixed reality merupakan penyatuan teknologi Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR). Sudah sangat banyak perusahaan yang menerapkan teknologi MR yang membantu pelanggan mereka menikmati berolahraga dengan cara yang unik. 

Selama masa pandemi, olahraga dengan MR meningkat dalam waktu yang cukup singkat, bahkan digunakan untuk kompetisi cabang olahraga tertentu. Apa saja ya yang bisa kamu lakukan untuk berolahraga dengan teknologi ini? Simak sebagai berikut ya! 

Baca juga: Mengenal Mixed Reality dan Penerapannya 

Serunya Bersepeda Indoor 

Mixed Reality Zwift
Photo by Cycling Industry

Jika kamu ingin merasakan bersepeda dengan pengalaman yang baru, kamu bisa menggunakan aplikasi berbayar yaitu Zwift. Zwift merupakan aplikasi berbasis teknologi MR yang menyediakan pengalaman bersepeda indoor menyenangkan secara virtual.

Kamu bisa menggunakan aplikasi ini dengan peralatan pendukung seperti smart bike atau sepeda statis pintar yang akan terkoneksi dengan aplikasi ini. Sehingga, aplikasi ini dapat mengukur kecepatan, power dan jarak tempuh saat kamu mengayuh smart bike. 

Tidak hanya melalui smart bike, kamu juga bisa menggunakan sepeda biasa dengan alat pendukung yang nanti diberikan oleh Zwift. Aplikasi ini dapat digunakan perangkat Android maupun iOS, dan dirancang agar kamu bisa berlomba dengan kerabat atau teman-teman. Seru bukan?

Olahraga Boxing yang Menantang 

Mixed Reality Boxing
Photo by G2A

Jika kamu menyukai olahraga tinju, kamu juga bisa melakukannya di dunia virtual. Salah satu aplikasi yang menyediakan permainan olahraga tinju MR adalah The Thrill of the Fight. Aplikasi ini dapat digunakan dengan perangkat Microsoft Hololens, Oculus Quest dan HTC Vive.  

Saat bermain, kamu akan dihadapkan oleh lawan dengan gaya maupun teknik tinju yang unik. Yang lebih menarik lagi, kamu juga bisa berlatih sendiri dengan adanya fitur proyeksi objek saat kamu menggunakan VR Headset. Sehingga, kamu mendapatkan pengalaman yang menarik dalam melakukan olahraga ini tanpa resiko cedera dan aman untuk dilakukan.

Bermain Tenis secara Imersif  

Cabang olahraga lainnya yang bisa dilakukan dengan teknologi MR yaitu bermain tenis. Kamu dapat berolahraga melalui aplikasi First Person Tennis yang bisa digunakan oleh satu maupun banyak pemain.  

Kamu juga bisa menggunakan raket tenis sungguhan untuk melakukan servis satu tangan maupun bermain tenis dengan lawan secara online. Tentunya aplikasi ini juga dapat digunakan dengan perangkat HTC Vive, Microsoft HoloLens, Oculus Quest dan Oculus Rift. 

Lihat juga: Badan Sakit karena Olahraga? Sembuhkan dengan Virtual Reality!

Keuntungan Berolahraga dengan Mixed Reality    

Selain mendapatkan pengalaman baru dalam berolahraga melalui teknologi MR, ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan berolahraga dengan teknologi MR.

Efisiensi Waktu dan Tempat

Salah satu kelebihan olahraga virtual adalah kamu bisa mengatur waktu sendiri, tanpa harus mengikuti jadwal. Hal ini tentu bisa membuat kamu berolahraga dengan lebih efektif. Menariknya lagi, kamu bisa berolahraga di mana saja, selama membawa perangkat mixed reality yang dibutuhkan.

Kalau kamu punya aktivitas yang padat, kamu bisa mulai berolahraga secara virtual. Jadi lebih sehat, deh!

Pengalaman Menyenangkan dan Interaktif 

Berolahraga secara virtual dapat memberikan pengalaman yang lebih menarik, imersif dan interaktif. Kamu juga dapat mencoba olahraga lain yang beragam dan menyenangkan. Dengan memilih tempat atau tema olahraga virtual, kemudian level yang menyesuaikan kemampuan dan memilih lawan saat kamu berolahraga.

Lihat juga: Berikut Daftar VR Fitness Game Terbaik untuk Kamu!

Gerakan yang Efektif  

Keuntungan berolahraga dengan teknologi MR, gerakan yang ditampilkan melalui sistem akan sama persis dengan gerakan di dunia nyata. Sehingga, gerakan berolahraga secara virtual sama efektifnya dengan berolahraga seperti biasa. Bahkan kamu juga dapat mempelajari teknik maupun gerakan yang lebih bervariasi.

Teraturnya Performa Saat Berolahraga

Dengan berolahraga secara virtual, keuntungan pada teknologi ini yaitu dapat mengukur tingkat ketahanan, detak jantung, level, maupun kecepatan. Sehingga kamu dapat mengetahui performa dan daya tahan tubuh saat kamu berolahraga dengan teknologi MR.

Baca juga: Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Mixed Reality? Simak di Sini!


Berikut informasi mengenai olahraga dengan teknologi MR. Kamu bisa mencobanya di mana saja dan kapan saja, lho! Tidak hanya seru tetapi kamu juga meningkatkan kebugaran tubuh dengan berolahraga secara virtual. 

smarteye.id sebagai penyedia jasa VR AR terbaik siap dalam mewujudkannya. Untuk selengkapnya, klik di sini!

Pengalaman Baru Berolahraga dengan Mixed Reality

Margaret Wuwur

Besides analyzing data, data, data. Sometimes I write too, somewhere and sitting on a black chair.