Pameran Virtual, Pilihan Menarik yang Tak Kalah Atraktif

Pameran Virtual, Pilihan Menarik yang Tak Kalah Atraktif

Semenjak pandemi COVID-19 menyerang dunia, banyak pihak lebih memilih untuk berada di dalam rumah. Hal ini mengingat karena virus COVID-19 masih dapat menyerang siapa saja. 

Banyak kegiatan hiburan, konser, hingga pameran juga terpaksa dibatalkan demi mencegah kerumunan. Padahal acara-acara tersebut juga sangat penting bagi perekonomian, tak terkecuali pameran. Dalam hal ini, pameran virtual adalah solusi!

Untungnya, pameran bisa tetap digelar hanya dengan media yang berbeda. Yakni, pameran virtual. Tanpa tatap muka, kita bisa menikmati berbagai barang yang dipajang serta membaca informasi yang tersedia di dalamnya. 

Untuk pameran virtual yang bisnis, customer service juga akan selalu siap sedia menjawab pertanyaan yang Anda ajukan. Memangnya, bagaimana wujud pameran virtual itu?

Baca juga: Teknologi VR dan AR dapat Tingkatkan Ekonomi Indonesia, Bagaimana Caranya?

Pameran Virtual, Cara Baru Menikmati Menghadiri Eksibisi

Pameran virtual adalah pameran yang diselenggarakan melalui media digital. Dengan konten video ataupun sekumpulan foto yang diatur sedemikian rupa, pameran virtual jadi tak kalah seru dengan pameran biasa. Malah bisa jadi jauh lebih atraktif.

Jika tidak percaya, coba saja nikmati koleksi pameran virtual yang diselenggarakan oleh Museum Nasional Indonesia. Mulai depan gerbang museum, kamu akan seperti dibawa jalan-jalan masuk ke dalam museum dan melihat seluruh koleksi.

pameran virtual museum nasional

Selain berjalan-jalan dengan virtual tour ini, kamu juga bisa langsung melihat dan mempelajari koleksi yang ada. Tinggal klik tombol informasi maka penjelasan singkat tentang koleksi pun muncul. Seperti tampilan di bawah ini:

barang pameran virtual di museum nasional

Bagaimana? Menarik bukan? Dengan pameran virtual, jalan-jalan tetap seru meski kita berada di rumah. Tentu kepuasannya juga tak kalah dengan pameran konvensional.

Tahukah Anda? Pameran virtual di museum sebenarnya dibuat menggunakan teknologi virtual tour. Kalau tertarik untuk tahu teknologi ini lebih lanjut, kamu bisa konsultasi secara gratis dengan smarteye.id, loh!

Baca juga: Contoh Penerapan VR di Kehidupan Sehari-hari

Pengunjung Senang, Pebisnis Cuan!

Selain bisa tetap menyenangkan pengunjung, pameran virtual juga bisa lebih menguntungkan bagi pebisnis. Hal ini mungkin terjadi karena biaya untuk membuat pameran virtual jauh lebih terjangkau, dibandingkan membuat pameran virtual konvensional..

Melalui inovasi pameran virtual, pebisnis dapat melakukan kustomisasi fitur dan layanan. Beberapa contoh fitur kustomisasi seperti konten real capture, 3D render, pop up informasi (text, image, audio, video), integrasi web link, akses multi platform, dan lain sebagainya. 

Virtual Expo dijamin dapat menjangkau lebih banyak pengunjung, mengurangi biaya offline marketing, dan meningkatkan engagement serta penjualan ke customer.

Baca juga: Contoh Penerapan Augmented Reality untuk Event

Soal efektifitas pameran virtual, tentu tak bisa diragukan lagi. Simak client story smarteye.id bersama Human Initiative berikut ini:

Jadi, apakah kamu tertarik untuk menggunakan teknologi ini? Kalau iya, maka kamu berada di tempat yang tepat! 

smarteye.id merupakan vendor Virtual Reality dan Augmented Reality terbaik di Indonesia. Merupakan bagian dari Telkom Indonesia, smarteye.id telah melayani berbagai klien besar mulai dari Astra Internasional, Pertamina, hingga Wahana Visi Indonesia. 

Mau tahu detailnya lebih lanjut? Yuk, konsultasi gratis dengan kami! Tumbuhkan bisnis kamu dengan teknologi VR serta AR bersama smarteye.id!

Pameran Virtual, Pilihan Menarik yang Tak Kalah Atraktif

Asri Amanta

I swear Shinji and Kaworu are meant to be for life. The one behind all of smarteye.id's digital and content marketing strategy.