Ketahui Tiga Peluang Penggunaan Teknologi VR & AR Terbaru pada Bisnis!

Ketahui Tiga Peluang Penggunaan Teknologi VR & AR Terbaru pada Bisnis!

Virtual reality (VR) dan augmented reality (AR) telah menjadi teknologi yang mampu mempererat ikatan emosional pengguna di dunia virtual. Oleh karena itu, VR dan AR banyak digunakan dalam berbagai bidang, tak terkecuali dalam bidang bisnis. Akselerasi dunia digital memungkinkan pengadopsian VR dan AR secara meluas.

Kalau kamu pelaku bisnis, teknologi ini dapat membantu menghadirkan pengalaman baru bagi konsumen sehingga lebih terhubung dengan bisnismu. Bagaimana caranya? Berikut tiga peluang VR dan AR dalam bisnis yang perlu kamu ketahui: 

Pengalaman AR Secara Individu

Kemudahan pemakaian augmented reality yang hanya melalui kamera smartphone membuat banyak orang menggunakan teknologi ini. Menurut survei NielsenIQ, 61% pembeli lebih suka berbelanja di toko retail yang menawarkan pengalaman AR. Kemudian 56% mengatakan bahwa AR membuat mereka lebih cepat yakin dan percaya akan kualitas suatu produk.

Peluang VR AR dari Spark AR
Foto oleh Spark AR

Angka tersebut menunjukkan besarnya peluang VR AR untuk bisnis terutama online. Sehingga para pelaku bisnis pun berbondong-bondong memanfaatkan AR ke dalam sosial media untuk mempererat hubungan antara konsumennya dan brand.

Penerapan AR ternyata berpengaruh besar terhadap performa bisnis di bidang pemasaran, penjualan dan operasional. Maka dari itu, ada beberapa keuntungan yang dapat kamu peroleh dari canggihnya teknologi AR seperti:

Detail Informasi yang Diberikan

Suatu aplikasi yang menerapkan teknologi AR dapat memberikan informasi lebih banyak dan terperinci. Informasi yang disampaikan dapat divisualisasikan dalam bentuk teks, gambar, video, serta animasi 2D maupun 3D. Sehingga para pengguna akan lebih mudah dan cepat dalam menerima dan memahami informasi tersebut.

Sebagai Media Promosi yang Menarik

Penerapan teknologi AR yang masih terbilang langka justru bisa kita jadikan sebagai salah satu inovasi dalam melakukan kegiatan promosi. Promosi dapat berupa iklan digital yang menjadi daya tarik suatu produk. Hal itu lah yang membuat orang penasaran untuk ikut mencoba atau menggunakannya juga.

Meningkatkan Penjualan

Ketika kamu mendapat banyak perhatian dari calon pembeli, artinya semakin banyak yang mengetahui produk dari bisnis mu. Dimana pengaplikasian augmented reality dapat memacu potential buying dan otomatis meningkatkan pendapat bisnis.

Mengubah Brand Image

Tidak hanya penjualan, teknologi AR juga dapat meningkatkan brand image di mata masyarakat melalui simulasi digital. Keunikan visualisasi dengan opsi interaktif tanpa batas mampu mengubah realitas penggunanya. Misalnya, konsumen mencoba sampel produk secara virtual tanpa sentuhan fisik sedikit pun.

Contoh perangkat yang memberikan pengalaman AR individu seru adalah kacamata RayBan Stories. Smart glasses ini bisa mengambil gambar, merekam video, mendengarkan musik bahkan bisa mengangkat panggilan telepon. Kamu bisa pakai kacamata ini saat pergi ke konser untuk mengabadikan momen tanpa harus mengeluarkan ponsel.

Kemudian, salah satu brand fashion terkenal di dunia yaitu Gucci juga membuat aplikasi AR. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mendekorasi ruang serta mencoba kacamata, sepatu kets, masker, lipstik, dan topi. Kamu dapat menonton peragaan busana Gucci, memainkan game Gucci Arcade, mempersonalisasi produk sendiri, dan menemukan tas dalam bentuk 3D.

Lihat juga: Perusahaan Ritel yang Telah Menggunakan VR dan AR

Peningkatan Pengalaman Virtual

Kamu pasti sudah akrab dengan teknologi virtual reality, kan? Di era new normal ini, banyak perusahaan yang mentransformasi bisnisnya untuk memberikan pengalaman yang lebih nyata. Bahkan sekarang virtual reality telah menjadi arus utama untuk pelatihan perusahaan.

Oleh karena itu, peluang VR AR ini dimanfaatkan oleh berbagai industri untuk proses pembelajaran, pengembangan skill, dan kolaborasi. Teknologi VR mampu memfasilitasi konektivitas virtual yang lebih bermakna. Dengan menghadirkan ruang kolaborasi, pengguna dari seluruh dunia dapat dihubungkan dengan mudah dalam satu ruang yang sama.

Implementasi teknologi virtual dalam bisnis dapat berupa fitur kode QR maupun link yang akan mengarahkan pengguna ke konten secara otomatis. Selain itu, kamu juga bisa melakukan branding melalui kampanye berbayar dengan bantuan efek dari AR.

Sebagai contoh, aplikasi Facebook sedang melalui proses pengembangan untuk menawarkan pembuatan iklan digital dengan augmented reality. Kemudian, Disney telah memanfaatkan teknologi VR dan AR sekaligus dalam Disneyland. Ia menciptakan metaverse virtual di Disneyland dengan karakter animasi dan atraksi taman hiburan seperti nyata. Dimana teknologi ini mampu menciptakan dunia digital dan membawa pengguna seakan hadir dalam set film.

Peluang VR AR dalam iklan
Foto oleh Tempo

Menciptakan Realitas Masa Depan

Direktur Creative Shop di Meta, Eric Oldrin memperkirakan peningkatan pemakaian AR berbasis lokasi di masa depan. Hal ini dapat ditemukan pada efek AR buatan Spark AR Studio oleh perusahaan The Mill yang dipakai pada lukisan-lukisan Tate Britain. Pengunjung dapat menyaksikan koleksi seni rupa Inggris secara lebih hidup dan mengenal lebih jauh cerita-cerita di balik karya yang ditampilkan.

Hal tersebut menunjukkan peluang VR AR sebagai pondasi bisnis dari kecanggihan teknologi di masa yang akan datang. Baik virtual maupun augmented reality dapat digunakan untuk menghadirkan pengalaman sinematik yang lebih memukau.

Selain itu, kedua teknologi tersebut menawarkan perspektif baru yang belum bisa didapatkan sebelumnya. Kamu bisa menciptakan rasa keterikatan emosional dan mendorong rasa empati dari konsumen melalui pengalaman virtual yang imersif dan menarik. Peluang VR AR dalam bisnis cukup besar untuk melibatkan konsumen, menghilangkan jarak dan menciptakan rasa kehadiran yang lebih inklusif. 


Setelah membaca tiga peluang VR AR diatas, tentunya kamu tidak mau ketinggalan untuk menerapkan teknologi canggih ini pada bisnismu, bukan? Dengan menggunakan teknologi virtual dan augmented reality, bisnismu bisa viral loh! Tunggu apalagi, ayo segera hubungi smarteye.id untuk informasi lebih lanjut.

Ketahui Tiga Peluang Penggunaan Teknologi VR & AR Terbaru pada Bisnis!

Nada Syafira

Jakartans who writes in exchange for mouth-watering delicacies by weekdays. A whimsical wanders who travels by weekend.