10 Fakta Tentang Penerapan Augmented Reality di Asia

10 Fakta Tentang Penerapan Augmented Reality di Asia

Seberapa jauh pengetahuan Anda tentang teknologi Augmented Reality? Simak 10 fakta perkembangan dan penerapan Augmented Reality di Asia berikut ini.

penerapan augmented reality di masa depan

Meski penerapan augmented reality di Indonesia belum semasif di luar negeri, potensi AR mungkin belum terlalu banyak dilakukan oleh pengembang luar negeri. Di Indonesia, teknologi augmented reality telah hadir dalam bentuk permainan. Contohnya permainan 5DX besutan 5DX Mobile Entertainment yang dilisensi Marvel, yang rilis tahun 2017 silam. Selain itu, pecinta sepak bola juga bisa merasakan pengalaman bertanding secara AR bersama pemain lain lewat Astark, ciptaan startup game developer lokal, ASTARK dan AR&Co.

Untuk kebutuhan bisnis, AR biasanya diterapkan untuk pemasaran produk Anda agar terlihat lebih menarik. Ternyata ada berbagai penerapan augmented reality di dunia global, salah satunya di Asia. Yuk, kita intip apa saja penerapan Augmented Reality yang ada di Asia!

Informasi Penting Seputar 10 Contoh Penerapan Augmented Reality di Asia!

Perubahan yang Cepat di Asia Pasifik

Sadarkah Anda bahwa PC (personal computer) dan laptop telah mengubah perilaku konsumen? Seketika perangkat mobile seperti smartphone hadir lebih praktis daripada laptop dan PC. Bahkan, nyaris mengecilkan kebutuhan masyarakat akan kamera manual dan jam tangan di pasaran.

Penerapan augmented reality semakin menjangkau skala yang lebih luas karena kemampuan beradaptasinya yang tinggi. Melalui media smartphone, AR telah berkembang dan memberikan banyak keuntungan ke berbagai sektor. Metode pada AR mungkin berbeda dengan VR, namun tetap dapat berjalan beriringan.

Memasarkan Property dengan Augmented Reality

Di Indonesia, layanan Augmented Reality untuk pemasaran sudah mulai banyak digunakan. Presentasi produk, promosi hingga tender jadi lebih mudah dicapai karena konten yang atraktif, dimana hal itu menjadi nilai tambah dan daya tarik produk Anda.

Contoh penerapan augmented reality bisa dilihat dari pemasaran properti apartemen PP Urban Town. Anda bisa memilih dan melihat layout apartemen dengan lebih mudah, meski tanpa survey ke lokasi.

Augmented Reality dalam Retail

eBay sudah duluan meluncurkan platform e-commerce virtual di Australia. Konsumen jadi mudah melihat-lihat produk, checkout barang serta membayar. Penerapan augmented reality sangat membantu untuk keperluan belanja yang satu ini.

Toko-toko retail lain mulai ikut memanfaatkan teknologi ini, seperti Dulux dan Sephora yang menerapkan teknologi AR ke dalam strategi marketing mereka. Dimana calon pembeli bisa mencoba-coba dulu produk secara virtual sebelum membeli. Hal ini dilakukan tentunya untuk kenyamanan konsumen dan hubungan yang saling menguntungkan antar perusahaan.

Augmented Reality di Dunia Edukasi

Tantangan di dunia pendidikan, terutama di sekolah akan teratasi oleh AR. Bagaimana bisa? Yap, sejumlah developer aplikasi AR di dunia sudah merasakan kesuksesannya.

Salah satu contoh penerapan augmented reality yang atraktif di bidang edukasi adalah aplikasi StarWalk yang dapat membantu masyarakat umum mempelajari sistem tata surya. Objek yang hadir secara nyata di hadapan pengguna membantu mereka memahami pelajaran lebih baik.

Masa Depan Tanpa Layar

Bukan tidak mungkin, jika nanti kita tidak perlu lagi menggunakan layar LCD. Kemajuan teknologi augmented reality di Asia akan mendorong masa depan tak berlayar. Semuanya akan terlihat seperti dalam film fiksi ilmiah, kita hanya menyentuh sinar-sinar yang ada di udara.

Dengan penerapan augmented reality, Anda tidak butuh bantuan proyektor dan layar monitor untuk menghadirkan objek di depan mata serta mengoperasikan aplikasi.

Kegiatan Activation sebagai Media Promosi Produk

Augmented reality di Indonesia ternyata juga sudah dinikmati oleh industri FMCG.

Beberapa bulan lalu, Anda mungkin pernah menyimak iklan Indomilk yang mempromosikan Asian Games bernama Indomilk Fun AR. Walaupun permainan tersebut dibuat untuk mendukung Asian Games 2018, merek susu ternama ini berhasil mendongkrak promosi varian produksinya. Bahkan, disambut hangat oleh 100.000 lebih pengunduh di Google Play.

Konten Visual yang Lebih Menghibur

Kini media sosial sudah diperkaya konten feed-nya dengan bantuan AR. Misalnya, Anda bisa mencoba filter di Instagram dan Snapchat, kan? Aplikasi LINE juga mengikuti jejak filter AR yang unik ini pada fitur video call. Kini, dengan adanya TikTok dan Fitur Reels Instagram, konten berteknologi AR pun makin ramai dan mudah sekali viral.

Adam Levine dengan filter AR

Penerapan augmented reality tersebut tidak bisa dilewatkan oleh band Maroon 5 dalam video klip “Wait”, yang didominasi wajah Adam Levine bermain-main dengan filter Snapchat.

Game Berbasis Augmented Reality Bermunculan

Fakta ini dibuktikan oleh kesuksesan Pokemon Go pada beberapa tahun silam. Mungkin Anda termasuk salah satu yang terkena demam Pokemon Go saat itu? Interaksi real-time memang bikin candu, ya.

teknologi augmented reality dalam game pokemon go

Penerapan augmented reality di Asia sangat bervariasi, mulai dari gim arcade, game sports sampai dengan permainan horor. Sayangnya, untuk menikmati keunggulan AR pengguna mobile harus memenuhi syarat teknis minimum, seperti spesifikasi smartphone yang digunakan.

Pengalaman Traveling yang Lebih Kaya

traveling dengan penerapan augmented reality

Asia Pasifik merupakan wilayah yang beraneka ragam, secara fisik, budaya, dan bahasa. Malah, wilayah ini menjadi tujuan traveling terbesar yang bisa dilihat dari 200 juta turis pada 2021.

Namun, keanekaragaman tersebut belum cukup didukung oleh kecepatan daya adaptasi penduduk negara APAC (Asia Pacific) yang berbeda. Bayangkan apa yang terjadi saat turis negara tertib seperti Jepang bertandang ke jalanan super sibuk di Jakarta.

Rupanya, Google sadar benar dengan peluang tersebut. Melalui fitur Google Translate dengan penerapan augmented reality, mampu menerjemahkan teks cetak langsung ke dalam 27 bahasa. Fitur ini pun bisa dipakai untuk membantu turis membaca menu berbahasa asing ke dalam bahasa ibu mereka.

Menyelamatkan Banyak Nyawa Manusia

tampilan map 3D dengan augmented reality

Perkembangan teknologi augmented reality di Asia Pasifik ternyata merambah ke beberapa rescue agency, yakni tim penyelamat korban bencana alam. Penerapan augmented reality yang digunakan dapat memetakan landmark populer dan relief topografi untuk mengarahkan tim penyelamat di tengah medan yang sulit.

Pasar Kacamata Pintar (Smart Glasses)

penggunaan vr headset

Inovasi smart glass atau kacamata pintar yang biasa hanya dalam film-film futuristik, kini sudah nyata adanya. Hanya dengan mengarahkan pandangan ke subjek, sejumlah informasi muncul di muka. Inilah yang juga terjadi pada teknologi AR smart glasses. Dilaporkan MarketWatch, Asia Pasifik dipersiapkan untuk kecanggihan kacamata ini.

Smart glass sendiri cocok untuk kegiatan spionase dan untuk mengenali orang yang berbicara dengan Anda. Semisal, Anda belum lama bekerja di perusahaan baru dan tak hafal nama semua karyawan, smart glass bisa membantu Anda mengingat kembali namanya hanya dengan ‘kiriman’ gambar berisi foto, nama, dan posisi orang itu.


Apakah Anda salah satu yang menikmati 10 penerapan augmented reality diatas? Jika tertarik, yuk ceritakan kebutuhan Anda dan kami akan siapkan konten AR Interactive yang paling menarik dan cocok untuk bisnis Anda. Hubungi kami disini untuk konsultasi gratis lebih lanjut!

10 Fakta Tentang Penerapan Augmented Reality di Asia

Asri Amanta

I swear Shinji and Kaworu are meant to be for life. The one behind all of smarteye.id's digital and content marketing strategy.