Penerapan Augmented Reality dalam Bisnis

Penerapan Augmented Reality dalam Bisnis

Dalam bisnis, ada banyak peran teknologi yang bisa dimanfaatkan para pemilik usaha. Teknologi ini bisa dipakai dalam berbagai industri untuk mempermudah komunikasi, manajemen data, hingga untuk memasarkan produk. Augmented reality (AR) dan virtual reality (VR) menjadi contoh teknologi digital yang bermanfaat untuk bisnis.

Artikel ini akan membahas penerapan augmented reality dalam berbagai industri. Selaku pemilik usaha, tentu kamu tidak mau ketinggalan informasi seputar teknologi yang bisa menguntungkan bisnismu ya. Simak penjelasannya di bawah ini!

Peran Teknologi Augmented Reality pada Industri

Teknologi augmented reality adalah inovasi yang menghadirkan objek virtual berupa data maupun video melalui sistem pemindaian kamera. Objek 3D bisa dihadirkan pada lingkungan nyata secara real-time. Biasanya, untuk pengalaman yang lebih memukau, kamu bisa memakai kacamata dengan sistem AR.

Seiring dengan perkembangan teknologi, augmented reality semakin banyak digunakan dalam berbagai bidang. Tak heran jika AR begitu pesat dikembangkan karena memang memiliki banyak manfaat. Keunggulan utama dari AR ialah untuk memperluas persepsi pengguna.

Dalam aplikasi, AR menghadirkan gambaran objek 3D maupun 2D. Pengelihatan user dimanjakan dengan obyek virtual yang muncul di dunia nyata. Sudut pandang yang beragam ini tentu menjadi nilai lebih dalam menyampaikan informasi kepada pengguna.

Teknologi interaktif ini juga memungkinkan interaksi pengguna dengan obyek virtual pada lingkungan fisik. Kamu bisa rasakan pengalaman yang berbeda. Visual dalam bentuk digital ini terasa seakan benar-benar nyata.

Selanjutnya, perkembangan AR kian pesat seiring meningkatnya penggunaan smartphone dan perangkat lainnya. AR disematkan dalam perangkat seperti handphone dan juga kacamata canggih dan bekerja melalui pemindaian kamera. Teknologi AR bisa dengan mudah ditemukan pada berbagai perangkat canggih sehingga mudah diakses dan bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan bisnis.

Contoh Penerapan Augmented Reality pada Industri

Umumnya, augmented reality banyak dipakai dalam game. Salah satu aplikasi game terkenal yang menggunakan AR ialah Pokemon Go. Tak hanya sampai di situ, augmented reality juga bisa digunakan untuk bisnis dalam berbagai industri, seperti:

Ritel

Aplikasi belanja online semakin marak digunakan semenjak adanya pandemi COVID-19. Peningkatan pengguna smartphone untuk berbelanja dari aplikasi memberikan ruang yang lebih luas untuk perkembangan augmented reality. Teknologi ini bisa dimanfaatkan untuk mempermudah proses belanja para pengguna.

Perusahaan ritel ternama seperti Uniqlo sudah menggunakan AR untuk menampilkan informasi produk yang menarik perhatian calon pembeli. Uniqlo Singapura menghadirkan pameran mural berbasis AR pada Juli 2021 lalu. Pada acara ini, pengunjung bisa memindai mural melalui kamera smartphone untuk menyaksikan hasil kreasi artis lokal secara interaktif.

AR Uniqlo
Foto oleh Marketing-Interactive.com

Logistik

Selain untuk menarik minat pembeli pada bisnis ritel, AR juga bermanfaat untuk sistem komputer pada bisnis logistik. Selain untuk menarik minat pembeli pada bisnis ritel, AR juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem komputer pada bisnis logistik. Proses pengiriman barang hingga sampai ke pembeli tentu cukup rumit. Metode pengecekan melalui sistem komputer biasa bisa dipercepat dengan AR.

Teknologi augmented reality memudahkan karyawan dalam memindai barcode, mencari lokasi produk secara efisien dan tepat pada rak, hingga menunjukkan rute pengiriman tercepat. Perusahaan logistik ternama, DHL, sudah menerapkan inovasi ini dalam sistem kerja. DHL menerapkan sistem Vision Picking untuk meningkatkan produktivitas dengan perangkat smart glasses.

Penerapan Augmented Reality DHL
Foto oleh Microsoft

Otomotif

Proses pembuatan produk otomotif seperti mobil dan motor melibatkan banyak informasi dan data yang kompleks. Teknologi augmented reality hadir untuk mempermudah proses ini. Penerapan teknologi AR ini bisa berupa pendidikan karyawan baru, pembelajaran sistem kerja, hingga pemantauan akurasi kerja.

Tak hanya diguanakan untuk proses manufaktur produk, fitur AR juga disematkan dalam produk otomotif untuk mempermudah pengemudi. Penerapan fitur ini ditujukan untuk menjawab kebutuhan pengendara seperti pandangan kokpit untuk melihat GPS yang lebih nyaman. Perusahaan seperti Hyundai dan Porsche turut melakukan investasi besar untuk menerapkan metode AR dalam bisnisnya, lho!

Pendidikan

Proses pembelajaran di sekolah biasanya dianggap membosankan dan kurang bisa menarik perhatian siswa. Eits, belajar tidak selalu membosankan ya. Dengan bantuan AR, kegiatan belajar mengajar di bidang pendidikan bisa menjadi lebih menarik. AR berperan sebagai media penyampaian informasi yang bisa diakses dari mana saja.

Visual 3D yang menarik bisa tampak jelas pada dunia nyata, menggantikan peran buku teks. Dengan marker based augmented reality, siswa bisa memindai kode QR melalui kamera untuk mendapatkan akses ke data digital ini. Agar pembelajaran terasa lebih menyenangkan, game juga bisa dijadikan media belajar berbasis augmented reality.

Medis

Selain digunakan pada bidang pendidikan, AR juga bisa mempermudah sistem pembelajaran para calon dokter. Informasi kompleks seperti MRI, X-Ray serta CT-Scan bisa lebih mudah dipahami dan diakses secara real-time saat prosedur operasi berjalan. Inovasi ini menjadi media yang bisa memperkecil resiko kesalahan dalam pembelajaran medis.

Xvision Spine System dari Augmedics adalah contoh bisnis AR yang bisa memvisualisasikan anatomi tulang belakang pasien secara 3D saat operasi berlangsung. Alat bedah berbasis komputer ini membantu pembedahan dengan memberikan data yang akurat dan detai. Dokter bedah tak lagi perlu mengalihkan pandangan untuk melihat informasi 2D pada layar ya.


Masih ada banyak contoh penerapan augmented reality dalam bisnis yang menguntungkan perusahaan. Tentunya, AR bisa digunakan sebagai media canggih dalam membantu perusahaan untuk melakukan pelatihan, meningkatkan penjualan, hingga mengurangi biaya operasional. Selaku pemilik bisnis, apakah kamu ingin gunakan metode canggih ini juga?

Kamu bisa konsultasikan teknologi AR untuk bisnismu dengan smarteye.id. Diskusikan dengan kami bagaimana augmented reality bisa mencapai tujuan perusahaanmu. Caranya mudah saja, cukup klik di sini ya!

Penerapan Augmented Reality dalam Bisnis

Nada Syafira

Jakartans who writes in exchange for mouth-watering delicacies by weekdays. A whimsical wanders who travels by weekend.