Meski bisa dibilang masih di tahap awal, teknologi augmented reality sudah banyak membuat perubahan. Khususnya dalam dunia bisnis, pengaruh augmented reality sudah mulai terasa. Apa saja perubahan yang terjadi akibat augmented reality? Lantas, akan berjalan kemana industri-industri tersebut setelah ada augmented reality? Inilah pengaruh augmented reality pada 4 industri besar di dunia:

Pengaruh Augmented Reality pada Industri di Dunia

E-Commerce

pengaruh augmented reality pada e-commerce
Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Pengaruh augmented reality di e-commerce dapat memberikan pengalaman berbelanja yang tak cuma atraktif, tapi juga mudah, seamless dan aman. Pengalaman baru ini tentunya akan disukai oleh calon pembeli. Teknologi AR dapat menciptakan keterikatan dalam interaksi pembeli saat belanja online. Di saat yang sama, pembeli juga bisa memiliki insights tambahan saat hendak membeli barang.

Contoh nyata dari pengaruh augmented reality di e-commerce bisa dilihat dari fitur “AR Try On”. Fitur ini sudah ada di beberapa e-commerce besar di Indonesia. Fitur tersebut biasanya digunakan untuk berbagai produk kosmetik seperti lipstik, foundation dan sebagainya. Sehingga calon pembeli dapat “mencoba” produk tersebut terlebih dahulu.

Misalnya, e-commerce JD.ID yang juga sudah bekerja sama dengan beberapa merek produk kecantikan seperti Wardah, Emina, Make Over, Maybelline, Loreal dan sebagainya. Fitur Try On dapat dengan mudah digunakan selama pengguna memiliki ponsel pintar berbasis iOS ataupun Android. Calon pembeli nantinya dapat mencoba berbagai macam jenis produk pilihan yang tersedia.

Untuk Shopee, fitur tersebut bernama BeautyCam dan sudah bekerjasama dengan L’Oreal, Maybelline dan NYX. Cara menggunakannya adalah cukup dengan memilih produk, kemudian klik tombol “Coba Sekarang” dan pilih warna yang diinginkan untuk melihat penggunaannya di wajah Anda.

Lihat juga: Filter Make Up Try On di Produk Kosmetik

Food Service

augmented reality pada industri f&b
Foto oleh Rene Asmussen dari Pexels

Pada industri pelayanan makanan atau food service, teknologi AR dan VR mampu membawa virtual chef ke dalam dapur.  Pengaruh augmented reality dalam industri food service bisa menciptakan kesempatan untuk mengubungkan keahlian secara virtual dan hasil masakan. Untuk memberikan pengalaman yang lebih imersif, industri ini juga sudah mulai menggunakan teknologi AR human hologram. Tentu, tak terbayangkan, melihat chef idaman memasak di depan kita meski hanya berbentuk hologram.

Pengalaman yang dirasakan pembeli dengan teknologi AR tersebut dapat mendongkrak penjualan dan menciptakan customer loyal hingga inovasi di tengah-tengah bisnis restoran. Tentu hal ini sangat berguna dalam menghadapi dampak pandemic Covid-19.

Selain itu, dengan bantuan AR, pembeli juga dapat mengetahui asal-usul makanan yang mereka nikmati. Menurut The Center for Food Integrity (CFI), terdapat 65% orang benar-benar penasaran untuk mengetahui dari mana makanannya berasal.

Industri

Sudah jelas, jika pengaruh augmented reality sangat terasa di dunia industri. Pandemi juga memberikan pengaruh kuat serta perubahan yang ada di dalamnya. Misalnya, supply chain yang dibantu dengan AR, packing otomatis, hingga pelatihan karyawan-karyawan baru.

Selain itu, kehadiran AR juga mampu mempercepat pekerjaan dan mengontrol kualitas pekerjaan.

Dengan menggunakan augmented reality pada industri manufaktur, banyak langkah yang dapat dilewati. Misalnya seperti pelatihan ataupun kontrol karyawan, sehingga pekerjaan dapat dilakukan hanya dengan melalui satu aplikasi saja. Dengan begini, karyawan dapat berlatih secara mandiri dan para supervisor dapat mengawasi karyawannya dengan efektif.

Selain lebih cepat, aplikasi AR juga dapat membantu pekerjaan karyawan menjadi lebih terkontrol karena bimbingan perangkat yang canggih.

Lihat juga: 7 Manfaat Augmented Reality dalam Industri Manufaktur

Pendidikan

Pandemi Covid-19 memaksa kegiatan pembelajaran harus dilakukan di rumah. Dengan bantuan instant messenger dan platform video call, proses belajar mengajar dapat dilakukan di rumah. Namun, bayangkan jika materi pelajaran bisa diberikan dengan ilustrasi augmented reality. Tentu, siswa dapat lebih paham dan semakin tertarik untuk mengikuti pembelajaran.

Teknologi berbasis video dan animasi ini membuat kegiatan pembelajaran menjadi lebih hidup. Sudah banyak contoh augmented reality pada industri pendidikan, misalnya platform untuk belajar tentang anatomi makhluk hidup.

Jika dahulu mengenalkan anatomi makhluk hidup menggunakan papan 3 dimensi berbentuk, kini kita bisa menggunakan media berbasis AR untuk menjelaskan peran dari masing-masing organ tubuh. Tentu, teknologi AR mampu memberikan gambaran yang lebih nyata, menampilkan pergerakan organ, makanan yang sedang diproses oleh lambung, hingga proses pernafasan di paru-paru.

Jadi, ttidak hanya bentuknya yang 3 dimensi, namun visualisasi nyata akan mendorong siswa lebih memahami proses dan peran masing-masing organ. Inilah contoh augmented reality yang dapat memberikan sentuhan baru dalam dunia pendidikan.

Contoh augmented reality pendidikan selanjutnya adalah pada pendidikan kedokteran. Banyaknya praktek yang harus dilakukan oleh calon-calon dokter menuntut mereka punya teknologi yang dapat memfasilitasi hal ini. Dalam keadaan normal, mereka harus datang ke lab dan melakukan praktik bersama pengajar. Kini, dalam kondisi pandemi, pembatasan menuntut mahasiswa harus belajar di rumah. Belajar praktik bedah dengan augmented reality makin jadi kebutuhan.

Selain lebih aman, simulasi operasi bedah misalnya, bisa dilakukan berulangkali. Hal ini akan mengurangi potensi kesalahan atau malpraktik saat mereka jadi dokter kelak. Practice make perfect patut disematkan sebagai salah satu slogan penggunaan teknologi augmented reality pada pendidikan kedokteran. Di luar kondisi pandemi pun, praktik pendidikan kedokteran seperti ini masih diperlukan agar dapat mencetak calon dokter yang kemampuannya sangat mumpuni.

Ingin tahu virtual reality & augmented reality lainnya dalam dunia pendidikan? Klik di sini!

Teknologi Augmented Reality untuk Bisnis Anda

Jika Anda ingin menggunakan teknologi augmented reality untuk memajukan bisnis Anda, hubungi kami smarteye.id. Dengan pengalaman dan teknologi yang kami miliki, kami siap memajukan bisnis Anda dengant teknologi.

Dapatkan Virtual Reality & Augmented Reality Terbaik untuk Bisnis Anda

Konsultasi gratis dari Smarteye untuk kebutuhan VR dan AR Bisnis anda.

Write a Comment

Konsultasi Gratis, untuk Anda

Beragam fitur Virtual dan Augmented Reality telah kami sediakan untuk berbagai tujuan dan kebutuhan. Ketahui mana yang terbaik untuk anda secara cuma-cuma.