Makin hari teknologi berkembang sedemikian cepatnya. Apalagi dengan keberadaan teknologi digital. Kehadirannya mempercepat perkembangan teknologi lainnya. Saking cepatnya teknologi berkembang, kita bahkan tidak menyadari keberadaan sebuah teknologi baru. Ada banyak kemudahan yang diberikan oleh teknologi-teknologi baru.

Dampak Buruk Teknologi Canggih

Tapi tahukah Anda? Selain kemudahan, kehadiran teknologi juga memberikan pengaruh bagi kehidupan sehari-hari. Pengaruh teknologi ini tak bisa dihindarkan. Selain itu, bukan menjadi alasan bagi kita untuk tidak menggunakan sebuah teknologi hanya karena pengaruh yang ditimbulkannya. Apa saja pengaruh teknologi yang patut kita waspadai?

Kecanduan

pengaruh teknologi dalam kehidupan manusia
Foto oleh Jessica Lynn Lewis dari Pexels

Pengaruh yang satu ini sudah sangat umum dan tak terbantahkan. Hampir di setiap jam tangan kita tidak pernah lepas dari gadget. Alhasil, kita pun jadi sulit fokus jika melakukan sesuatu. Daya konsentrasi pun menurun, bahkan tak sampai 10 menit.

Tak cuma orang dewasa, anak-anak dan remaja pun banyak yang kecanduan gadget. Tak cuma hilang fokus, anak-anak juga sampai mengalami gangguan jiwa akibat kecanduan smartphone. Sejak tahun 2016, Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Cisarua Jawa Barat menangani ratusan anak yang kecanduan smarphone setiap bulannya.

Tahukah Anda? Selain gangguan jiwa, cybersickness juga jadi dampak kecanduan gadget. Tapi tenang, ada cara mencegahnya lho! Klik di sini untuk pelajari lebih lanjut!

Berkurangnya Aktivitas Fisik

Berawal dari kecanduan, maka waktu yang dihabiskan untuk bermain gadget juga terus meningkat. Alhasil, aktivitas fisik pun makin menurun, sehingga badan pun jadi kurang bugar dan mudah terserang penyakit. Imbangi aktivitas harian Anda dengan olahraga. Keberadaan gadget sebenarnya uga bisa jadi teman saat berolahraga, misalnya menyetel musik saat jogging, atau mengikuti instruktur senam dari Youtube.

Mengurangi Interaksi Sosial

Pada poin satu ini, justru saat pandemi hal ini dilakukan demi mengurangi penyebaran penyakit. Namun pada kondisi normal, memang benar bahwa keberadaan teknologi membuat kita lupa, kalau di depan kita ada teman yang bisa diajak bicara. Pemandangan orang yang nongkrong bareng, namun semua asyik sibuk dengan smartphone masing-masing terlihat di berbagai tempat.

Hilangnya Sebagian Pekerjaan

Meski belum terjadi secara masif, namun kasus hilangnya pekerjaan akibat pengaruh teknologi sudah terjadi. Contohnya kasir. Maraknya transasi di e-commerce membuat kita tak terlalu butuh kasir. Karena kalau mau bayar, tinggal klik dan transfer. Di beberapa tempat, toko konvensional pun sudah ada yang tanpa kasir. Pembayaran dilakukan dengan QR Code di berbagai platform Fintech.

Itulah berbagai pengaruh teknologi dalam kehidupan kita. Dengan kebijaksanaan, pengaruh negatif teknologi bisa kita kendalikan. Adanya dampak bukan alasan untuk tidak menggunakan teknologi, khususnya untuk bisnis. Misalnya, teknologi virtual reality dan augmented reality. Penerapannya dalam bisnis Anda tak Cuma memberikan keuntungan tapi juga kemudahan. Tertarik mencobanya? Klik di sini!

Dapatkan Virtual Reality & Augmented Reality Terbaik untuk Bisnis Anda

Konsultasi gratis dari Smarteye untuk kebutuhan VR dan AR Bisnis anda.

Write a Comment

Konsultasi Gratis, untuk Anda

Beragam fitur Virtual dan Augmented Reality telah kami sediakan untuk berbagai tujuan dan kebutuhan. Ketahui mana yang terbaik untuk anda secara cuma-cuma.