Penggunaan Teknologi AR pada Event Besar dengan Canggih

Penggunaan Teknologi AR pada Event Besar dengan Canggih

Penggunaan teknologi AR dapat membuat sebuah event lebih interaktif dan engaging. Tetapi karena merupakan teknologi yang rumit, butuh persiapan matang dalam penerapannya. Jika anda termasuk orang yang tertarik dengan potensi penerapan Augmented Reality untuk event, ikuti 4 langkah ini sebelum menggunakannya.

penggunaan AR untuk event
Credits: Flickr.com

Konsep penggunaan augmented reality (AR) untuk kebutuhan event di tanah air merupakan hal yang belum terlalu umum. Padahal banyak perusahaan internasional sudah menggunakan AR untuk kebutuhan event atau acara mereka. Ford misalnya, telah menggunakan AR dalam acara otomotif internasional di tahun 2017. 

Penggunaan AR untuk event oleh perusahaan internasional ini bukan tanpa alasan. Dengan AR, perusahaan dapat membuat acara yang lebih interaktif sehingga pengunjung dapat lebih ter-engage dengan perusahaan. 

Dilansir dari citrusbit.com, 73% dari responden yang menggunakan teknologi AR mengaku puas dengan penerapannya. Sedangkan 71% lainnya tertarik untuk merasakan pengalaman AR kembali.

Potensi tersebut mungkin membuat anda tertarik untuk menggunakan AR untuk event perusahaan berikutnya.Namun karena teknologi yang cukup rumit, pengggunaan AR untuk kebutuhan acara memerlukan persiapan matang. 

4 Langkah Penting Penggunaan AR pada Event yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan!

Brainstorm Konsep Dengan Tim 

brainstorming konsep dengan tim
Credits: Pixelbay.com

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menentukan konsep event serta penggunaan teknologi AR pada acara tersebut. Teknologi AR merupakan teknologi yang sangat fleksibel dan dapat diadopsi untuk berbagai macam kebutuhan event

Diskusikan dengan tim anda penggunaan teknologi AR yang sesuai dengan bentuk event yang akan diadakan. Apakah AR tersebut akan menjadi visualisasi produk untuk alat promosi produk terbaru anda, atau sebagai bentuk gamifikasi untuk membuat pengunjung tetap terhibur.

Cari Vendor AR yang Tepat

Vendor AR berpengalaman
Credits: Pixabay.com

Karena merupakan teknologi yang cukup rumit, penggunaan teknologi AR membutuhkan tenaga ahli yang kredibel. Karena itu penggunaan vendor AR berpengalaman sangat disarankan dibandingkan dengan mengembangkan secara swadaya. 

Selain hasil akhir yang lebih terjamin, menggunakan vendor AR juga dapat menghemat waktu dan sumber daya berharga. Dengan menggunakan vendor AR, anda tak perlu berkompromi untuk mengalokasikan waktu dan sumberdaya dari kebutuhan perusahaan lain yang lebih mendesak. 

Konsultasikan Konsep dan Kebutuhan AR Dengan Tenaga Ahli

konsultasikan kebutuhan Augmented Reality
Client Consultants Consulting Collaboration
Credits: maxpixel.net

Langkah selanjutnya adalah konsultasi konsep event dan kebutuhan AR kepada vendor pilihan anda. Beberapa vendor AR seperti smarteye.id menawarkan konsultasi gratis bahkan sebelum anda mantap memutuskan untuk menggunakan AR.

Untuk berkonsultasi gratis, cukup buka situs smarteye.id dan klik tombol konsultasi gratis. Selanjutnya isi data diri dan nama perusahaan anda. Anda pun akan terhubung ke ruang chat khusus dimana anda dapat langsung berkonsultasi mengenai kebutuhan AR anda.

Tetapkan Jangka Waktu Pengerjaan

jangka waktu pengerjaan Augmented Reality
Credits: Pixabay.com

Membuat produk berbasis AR membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Anda tidak bisa mengharapkan untuk membuat AR dalam waktu kurang dari 1 minggu. Karena itu rencanakan terlebih dahulu jangka waktu pengerjaan AR yang diinginkan dengan vendor AR pilihan anda. 

Berikan waktu yang cukup jika anda ingin hasil ahir yang berkualitas. Idealnya, semakin lama waktu pengerjaan semakin tinggi kualitas akhir AR yang dihasilkan. Seimbangkan antara kecepatan pengerjaan AR dengan kualitas akhir yang diharapkan. 

Itulah langkah-langkah yang perlu anda ikuti sebelum memutuskan untuk menggunakan AR dalam event anda. 

Penggunaan AR memang membutuhkan persiapan matang karena kerumitannya. Namun pada akhirnya, penggunaan AR dapat membuat acara anda lebih interaktif dan engaging bagi pengunjung yang juga merupakan pelanggan potensial anda di masa depan. 

Manfaat Penggunaan AR untuk Event Anda

Setelah mengetahui langkah-langkah yang harus diperhatikan pada penggunaan AR untuk acara, memang apa saja manfaat yang bisa diberikan teknologi ini? Meskipun biasanya digunakan bersamaan dengan Virtual Reality, AR juga dapat memberikan kontribusi besar bagi lancarnya acara yang anda buat.

Maka dari itu, berikut manfaat penggunaan AR pada event anda!

Hiburan Unik dan Baru

Saat mengikuti acara virtual, anda mungkin akan merasa bosan karena beberapa hal. Penggunaan AR pada event dapat memberikan sedikit hiburan bagi pengunjung acara. Beberapa contoh yang dimaksud seperti fitur interaktif AR pada objek di acara, yang dapat diakses melalui kamera smartphone ataupun tablet.

Meningkatkan Interaksi Pengunjung

Tidak hanya dapat memberikan hiburan, penggunaan AR tentunya juga bisa meningkatkan interaksi dan ketertarikan pengunjung pada acara. Salah satu contohnya adalah pembuatan filter AR mobil Audi R8, yang dapat diakses melalui showroom virtual Audi. Pengunjung dapat menggunakan kamera smartphone mereka untuk menampilkan mobil Audi R8 melalui Augmented Reality. 

Selain itu, penyelenggara acara juga dapat menggunakan fitur AR tersebut untuk mempermudah pengadaan demo produk, presentasi sales, dan sebagainya. Dengan menggunakan Augmented Reality, tentu acara anda akan tampil berbeda dan akan lebih diingat oleh pengunjung.

Praktik Marketing untuk Brand

Salah satu manfaat dari penggunaan AR pada event adalah praktik marketing yang berjalan dengan sangat baik. Teknologi AR Interactive memang dipercaya dapat membantu strategi marketing perusahaan anda.

Beberapa contoh penggunaan AR untuk strategi marketing adalah penggunaan filter di media sosial seperti Instagram ataupun Snapchat. Saat membuat acara, anda bisa membuat filter AR yang memuat informasi terkait perusahaan atau acara yang dilaksanakan. Filter ini nantinya dapat digunakan berbagai pengunjung acara, sehingga lebih banyak orang dapat mengetahui acara yang dilaksanakan.


Setelah mengetahui persiapan yang harus dilakukan serta manfaat penggunaan AR pada event, apakah anda tertarik untuk menggunakan teknologi ini? Kalau iya, maka anda bisa konsultasikan kebutuhan dengan smarteye.id. smarteye.id merupakan salah satu perusahaan VR dan AR terbaik di Indonesia. Konsultasi kebutuhan gratis dan sesuaikan dengan keinginan anda.

Penggunaan Teknologi AR pada Event Besar dengan Canggih

Asri Amanta

I swear Shinji and Kaworu are meant to be for life. The one behind all of smarteye.id's digital and content marketing strategy.