​​Penggunaan Edukasi Augmented Reality Pertama Untuk Pembelajaran di Universitas

​​Penggunaan Edukasi Augmented Reality Pertama Untuk Pembelajaran di Universitas

Mulanya, teknologi augmented reality atau AR banyak dikenal dalam dunia hiburan. Game seperti Pokemon Go sempat viral karena keunikannya. Namun, augmented reality juga berdampak besar bagi dunia edukasi di bidang kesehatan, lho

Sudah banyak contoh penggunaan AR dalam edukasi industri kesehatan seperti platform Surgical Theater. Teknologi ini berperan sebagai media digital yang bisa membantu tenaga medis dalam memahami tindakan yang dibutuhkan saat operasi berlangsung. Tak hanya itu, MediView juga menawarkan pengalaman serupa. 

Artikel ini akan membahas penggunaan edukasi augmented reality untuk edukasi kesehatan di Universitas. Penasaran universitas apa yang sudah menerapkan inovasi ini? Cari tahu pada artikel berikut! 

Lihat juga: “Kegunaan Augmented Reality untuk Industri Penerbangan”

Penggunaan Edukasi Augmented Reality dengan MediView

MediView merupakan salah satu perusahaan penyedia augmented reality untuk perawatan kesehatan. Inovasi ini menggabungkan AR dengan navigasi bedah untuk memberikan penglihatan X-ray 3 dimensi kepada ahli bedah. Tujuannya ialah untuk meningkatkan efisiensi klinis, hasil kinerja yang lebih baik, kejernihan gambar medis, serta menghadirkan layanan medis modern berkualitas tinggi. 

Ada beberapa platform yang dihadirkan oleh MediView seperti XR30, XR50 dan XR90. Manfaat yang dihadirkan dari setiap platform ini berbeda-beda. Mulai dari memungkinkan kolaborasi jarak jauh, mempermudah instruksi praktek selama prosedur kesehatan berlangsung, hingga meningkatkan kemampuan navigasi bedah. 

AR Edukasi MediView XR
Foto oleh Forbes

Lihat juga: “Operasi Bedah Syaraf Jadi Lebih Mudah dengan VR & AR!”

Penerapan AR di University of Findlay 

Teknologi ultrasound AR dari MediView membantu proses belajar pada program Sonografi di College of Health Professionals, University of Findlay. Tahukah kamu? University of Findlay adalah institusi pendidikan pertama yang menerapkan teknologi AR dalam pelatihan calon tenaga medis. Program canggih ini menampilkan gambar sonogram secara real-time untuk kolaborasi medis yang lebih lancar bersamaan dengan streaming video dan panggilan video.

Dengan bantuan headset, teknisi dapat melihat pasien dan hasil pembacaan ultrasound secara bersamaan. Alat ini bisa membantu penjelasan materi konten kuliah juga ya. Siswa bisa belajar lebih detail dengan melihat dan mempraktekkan sendiri materi yang dipelajari. University of Findlay menilai hal ini sebagai inovasi yang baik dan ingin menambah pemakaian unit headset di masa mendatang.


Itulah contoh penggunaan edukasi augmented reality di bidang kesehatan di University of Findlay. Tak hanya MediView, masih ada banyak lagi perusahaan yang berlomba menciptakan inovasi teknologi di bidang kesehatan. Kamu bisa cari tahu selengkapnya dengan klik di sini untuk kunjungi situs resmi smarteye.id ya!

​​Penggunaan Edukasi Augmented Reality Pertama Untuk Pembelajaran di Universitas

Nada Syafira

Jakartans who writes in exchange for mouth-watering delicacies by weekdays. A whimsical wanders who travels by weekend.