Penggunaan Fashion di Metaverse? Gimana Caranya?

Penggunaan Fashion di Metaverse? Gimana Caranya?

Metaverse semakin banyak diperbincangkan dalam dunia teknologi. Konsep metaverse diperkirakan menjadi versi pengembangan dari internet. Dalam ruang virtual ini, kamu bisa merasakan pengalaman berbelanja, menghadiri konser hingga bermain game dengan karakter digitalmu sendiri.

Dengan metaverse, kamu bisa merasakan pengalaman digital yang lebih imersif dan nyata. Mungkin kamu sudah banyak mendengar kecanggihan yang ditawarkan metaverse dalam dunia hiburan. Namun, taukah kamu kalau metaverse bisa digunakan dalam dunia mode? Simak artikel berikut ini ya!

Lihat juga: “Teknologi VR dan AR di Industri Fashion

Konsep Metaverse dalam Fashion

Kehadiran fashion dalam dunia digital sebetulnya bukan lagi suatu ide yang baru. Merek ternama seperti Adidas dan Calvin Klein sebelumnya sudah mencoba turut serta dalam game online Second Live yang naik daun di tahun 2007. Bahkan, di tahun 2019 lalu, Louis Vuitton merancang skin khusus untuk pemain game League of Legends.

Aktivitas online yang meningkat pasca pandemi juga mempengaruhi berkembangnya konsep fashion dalam metaverse. Akibat pandemi, kegiatan fashion show sempat diadakan secara online untuk tetap terhubung dengan konsumen. Nama merk mode terkenal seperti Balenciaga, Gucci, dan Burberry turut serta dalam menyiapkan strategi untuk terjun dalam metaverse. Bahkan, Nike dikabarkan memiliki desainer tersendiri untuk merancang koleksi sneaker virtual, lho!

Fashion di Metaverse
Foto oleh Vadim Bogulov dari Unsplash

Peran Metaverse dalam Industri Mode

Metaverse dapat menguntungkan perusahaan mode dalam memperluas cakupan pasar. Perusahaan mode juga dapat diuntungkan dari segi pengurangan dana yang dikeluarkan untuk membayar tenaga kerja, membeli bahan mentah, biaya manufaktur dan juga pengiriman. Keuntungan lainnya ialah pendapatan royalti dari setiap kali item fashion digital dijual kembali yang tercatat dalam smart contract melalui teknologi blockchain.

Selain itu, metaverse dapat mendorong konsep sustainable fashion melalui produksi digital. Tentunya, pemakaian karbon, air, dan bahan fisik lainnya menjadi berkurang secara signifikan. Konsep fashion digital ini diperkirakan mampu menarik pelanggan, terutama Gen Z yang banyak menghabiskan waktu di internet. 

Perubahan dalam Industri Fashion

Kebebasan berkreasi menjadi salah satu keuntungan besar bagi desainer dalam menciptakan koleksi fashion di metaverse. Ide-ide luar biasa yang tidak mungkin direalisasikan pada dunia nyata dapat dikembangkan lebih jauh. Perusahaan mode juga bisa mengevaluasi suatu produk berdasarkan minat konsumen dengan merilisnya secara terlebih dahulu di dunia virtual.

Tak hanya nama-nama besar dalam industri fashion, desainer dari berbagai latar belakang juga bisa menjual desain pakaian digital dan mendapatkan keuntungan. Tentunya, hal ini membuka banyak kesempatan baru dan memberikan wadah lebih luas untuk ide-ide kreatif dalam fashion. Dengan lebih banyaknya pilihan fashion digital, kamu bisa merias karaktermu menjadi lebih modis dan sesuai dengan kepribadianmu!

Menggunakan Metaverse dalam Fashion

Mungkin kamu bertanya-tanya bagaimana bisa pengguna metaverse berbelanja pakaian secara virtual? Hal ini dapat terjawab dari meningkatnya waktu yang dihabiskan di dunia digital. Pengguna menjadi lebih sadar dalam mengekspresikan diri mereka. Karakter atau avatar yang menjadi representasi individu dapat dirias sedemikian rupa agar tampak lebih menarik. 

Pakaian digital yang dipakai juga bisa menjadi simbol akan status sosial penggunanya. Hal ini dapat memicu minat akan fashion virtual. Selain untuk pemakaian pribadi, produk fashion di metaverse juga bisa menjadi peluang untuk investasi. Saat kamu membeli aset digital dalam bentuk NFT, nilainya akan bertumbuh ketika dijual kembali di kemudian hari. Nah, kamu bisa manfaatkan ini menjadi peluang investasi di masa depan, ya!


Setelah membaca artikel di atas, apakah kamu tertarik untuk berbelanja pakaian di metaverse? Kalau kamu mau tau informasi seputar metaverse, kamu bisa kunjungi smarteye.id untuk informasi lebih lanjut!

Penggunaan Fashion di Metaverse? Gimana Caranya?

Nada Syafira

Jakartans who writes in exchange for mouth-watering delicacies by weekdays. A whimsical wanders who travels by weekend.